Cara Mengetahui MAC Address Komputer atau Laptop

Anonymous August 02, 2018
Cara mengetahui MAC Address Komputer atau Laptop,- Dulu admin pernah membagikan tutorial komputer seputar cara melihat IP Address komputer atau Laptop, nah pada hari ini kali ini admin akan memberikan tips tutorial yang masih berhubungan dengan jenis Address pada komputer, yakni cara melihat atau mengetahui MAC Address di komputer atau laptop. Sebelum itu, apa perbedaan antara IP Address dengan MAC Address? IP Addres sudah admin terangkan pada postingan sebelumnya yaitu sebuah alamat pada komputer yang berbentuk bilangan biner yang dipakai agar komputer dapat saling terhubung dengan komputer lain dalam satu jaringan atau sebagai alamat identifikasi untuk setiap Host dalam jaringan internet.

Sedangkan MAC Address atau Media Access Control Address merupakan sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan datalink dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam suatu jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet atau LAN, MAC address merupakan alamat yang unik yang terdapat panjang 48-bit yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga kerap disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Dalam sebuah komputer atau Laptop pasti terdapat apa yang namanya MAC Address, dan setiap perangkat komputer/laptop pastinya berbeda-beda. MAC Address dalam komputer/laptop terdapat sedikit jenis, seperti MAC Addres untuk Ethernet atau biasanya digunakan untuk LAN, MAC Address untuk WIfi yang biasanya terdapat pada laptop, ataupun MAC Addres Bluetooth apabila terpasang di Komputer/Laptop. Intinya, setiap network yang terdapat pada komputer/laptop yang letaknya di "Network connections" pada control panel, pasti terdapat apa yang namanya MAC Address. Nah untuk mengetahui setiap MAC Addres pada komputer atau Laptop dapat dilihat caranya dibawah ini.

Cara Mengetahui MAC Addess Komputer/Laptop dengan CMD

Untuk cara cepat mengetahui MAC Address pada setiap network di komputer/laptop, dapat menggunakan fitur bawaan windows yakni CMD. Karena dengan mengetikan sedikit perintah, MAC Addres dapat terlihat beserta jenis Network atau jaringannya. Berikut tutorialnya.

1.Pertama silahkan buka CMD dengan cara menekan tombol (Windows + R) pada keyboard, lalu akan muncul kotak pencarian. Pada kotak pencaria tersebut silahkan ketikan "CMD" tanpa tanda petik lalu tekan enter.

2. Kemudian pada CMD silahkan ketikan perintah untuk mengetahui MAC Addres komputer/Laptop, untuk perintahnya ketikan "macget/v" tanpa tanda petik, lalu enter.


3. Selanjutnya akan muncul sedikit MAC Address beserta jenis Network atau jaringannya, untuk contoh MAC Addresnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Nah mudah bukan cara mengetahui MAC Addres pada komputer atau Laptop, dengan begitu Anda tak perlu menggunakan aplikasi atau software hanya untuk melihat MAC Addres pada komputer atau laptop. Demikian artikel yang dapat admin bagikan dan semoga bermanfaat. Terus kunjungi blog hhandromax.com agar selalu update dengan info menarik seputar android, dan gadget lainnya..

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments