Apa itu testimoni? Apa arti testimoni? Apa sih penterangannya?
Pertanyaan tersebut belakangan ini kerap diajukan, oleh para pengguna internet, termasuk mereka yang aktif di media sosial.
Dan untuk orang-orang yang kerap beli barang secara online (atau seller online), maka istilah ini cukup tak asing lagi.
Nah, adminngnya, walau kaya muncul di media sosial inginpun platform marketplace, istilah testimoni masih belum dimengerti oleh semua orang.
Karena itu, pada artikel ini admin ingin menterangkannya secara kompleks, khusus bagi yang belum paham.
Berikut pembahasannya :
Testimoni atau testimonial (dalam bahasa inggris), merupakan sebuah bentuk kesaksian kepuasan tentang barang atau jasa penjual dari pembeli. Istilah ini ditujukan, untuk membagikan pengalaman mereka bertransaksi dengan penjual, atau pengalaman ketika menggunakan barang yang mereka beli.
Misalnya, admin membeli sebuah laptop secara online, dari seorang seller di sebuah marketplace. Semua transaksi berjalan lancar, laptop yang diterima juga dalam keadaan sangat baik.
Beberapa waktu kemudian, admin mengirim sebuah pesan di halaman toko tersebut, bahwa semuanya berjalan baik dan lancar. Inilah yang dimaksud testimoni.
Istilah ini dapat Anda temukan, hampir di semua platform marketplace, atau media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.
Bahkan, tak jarang juga kita temukan di Aplikasi chatting, seperti Line atau WhatsApp.
Sebagai contoh, misalnya di Facebook :
Contoh lain testimoni dalam bentuk pesan (PM) kepada penjual :
Untuk di marketplace, Anda dapat coba cek langsung di halaman penjual yang diinginkan.
Tidak ada hal spesial yang harus dilakukan, ketika menciptakan testimoni. Namun apabila Anda masih bingung dan belum terbiasa, ada sedikit tips yang dapat dilakukan, yaitu :
Ceritakan pengalaman ketika membeli : Misalnya, proses waktu lagi bertanya tentang barang, proses kirim dan sejenisnya.
Kondisi barang : Apakah bagus? Bagaimana dengan packing pengirimannya? Bagaimana dengan kecepatan pengiriman (input resi)?
Kecepatan respon penjual : Bagi sedikit orang, respon penjual ketika di-PM sangatlah penting. Ini tak jarang, ditulis oleh para pembeli pada kolom testimoni.
Ceritakan pengalaman proses return : Bagi Anda yang mengalami sedikit masalah, kemudian mengmengganti barangnya ke yang baru, proses return juga dapat ditulis. Saya sendiri pernah mengalaminya.
Mengikuti cara tulis pembeli lain : Jika bingung, dapat juga dengan cara mengikuti gaya testimoni dari pengguna lain. Simpel bukan?
Pertanyaan tersebut belakangan ini kerap diajukan, oleh para pengguna internet, termasuk mereka yang aktif di media sosial.
Dan untuk orang-orang yang kerap beli barang secara online (atau seller online), maka istilah ini cukup tak asing lagi.
Nah, adminngnya, walau kaya muncul di media sosial inginpun platform marketplace, istilah testimoni masih belum dimengerti oleh semua orang.
Karena itu, pada artikel ini admin ingin menterangkannya secara kompleks, khusus bagi yang belum paham.
Berikut pembahasannya :
- Baca juga : Apa Itu PO? Dalam Jual Beli Online DLL
Pengertian Testimoni
Testimoni atau testimonial (dalam bahasa inggris), merupakan sebuah bentuk kesaksian kepuasan tentang barang atau jasa penjual dari pembeli. Istilah ini ditujukan, untuk membagikan pengalaman mereka bertransaksi dengan penjual, atau pengalaman ketika menggunakan barang yang mereka beli.
Misalnya, admin membeli sebuah laptop secara online, dari seorang seller di sebuah marketplace. Semua transaksi berjalan lancar, laptop yang diterima juga dalam keadaan sangat baik.
Beberapa waktu kemudian, admin mengirim sebuah pesan di halaman toko tersebut, bahwa semuanya berjalan baik dan lancar. Inilah yang dimaksud testimoni.
Contoh Testimoni
Istilah ini dapat Anda temukan, hampir di semua platform marketplace, atau media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.
Bahkan, tak jarang juga kita temukan di Aplikasi chatting, seperti Line atau WhatsApp.
Sebagai contoh, misalnya di Facebook :
Contoh lain testimoni dalam bentuk pesan (PM) kepada penjual :
Untuk di marketplace, Anda dapat coba cek langsung di halaman penjual yang diinginkan.
Khasiat testimoni bagi penjual
Bagi para penjual online, testimoni sangatlah bernilai, sebab terdapat beragam manfaat. Misalnya seperti berikut :
Penjual mendapat kepercayaan : Kepercayaan dari pembeli, merupakan hal yang penting. Respon positif, tentu saja akan menaikkan trust seorang penjual.
Menaikkan reputasi : Dalam perkembangan bisnis, ini sangat penting dan bermanfaat. Lewat kayanya testimoni, otomatis reputasi penjual akan meningkat juga.
Penjual mendapat pelanggan tetap : Jika seorang pelanggan memberikan respon positif, bukan tak cukup mereka nantinya akan menjadi pelanggan tetap.
Sebagai bahan evaluasi penjual : Kadang tak selalu respon positif, testimoni juga dapat menjadi salah satu bentuk kekecewaan kepada penjual. Tapi ini dapat menjadi bahan evaluasi penjual, untuk menjadi lebih baik lagi.
Media marketting gratis : Tidak jarang, pembeli yang telah memberikan testimoni positif kepada penjual, juga akan merekomendasikan toko Anda kepada kenalan, kerabat atau keluarganya. Sesampai kemudian ini dapat jadi media marketting gratis yang cukup bernilai.
Bahan iklan : Testimoni dapat digunakan oleh penjual, sebagai iklan yang ditujukan untuk para calon pembeli lain. Bahkan, dapat dibilang cara ini sangat efektif.
Cara menciptakan testimoni
Ceritakan pengalaman ketika membeli : Misalnya, proses waktu lagi bertanya tentang barang, proses kirim dan sejenisnya.
Kondisi barang : Apakah bagus? Bagaimana dengan packing pengirimannya? Bagaimana dengan kecepatan pengiriman (input resi)?
Kecepatan respon penjual : Bagi sedikit orang, respon penjual ketika di-PM sangatlah penting. Ini tak jarang, ditulis oleh para pembeli pada kolom testimoni.
Ceritakan pengalaman proses return : Bagi Anda yang mengalami sedikit masalah, kemudian mengmengganti barangnya ke yang baru, proses return juga dapat ditulis. Saya sendiri pernah mengalaminya.
Mengikuti cara tulis pembeli lain : Jika bingung, dapat juga dengan cara mengikuti gaya testimoni dari pengguna lain. Simpel bukan?
Perlukah menciptakan testimoni?
Bagi para penjual, testimoni merupakan hal yang penting, sebab dapat mendatangkan beragam manfaat. Lalu bagaimana dengan pembeli?
Kalau menurut admin pribadi, testimoni bagi para pembeli juga merupakan hal yang penting. Contoh manfaatnya seperti 3 hal berikut ini :
Menaikkan reputasi pembeli : Di sedikit marketplace seperti Tokopedia, pembeli akan mendapatkan reputasi dari penjual, ketika selesai bertransaksi. Ini akan mempermudah transaksi berikutnya, ketika Anda ingin membeli barang.
Membuat penjual kenal dengan Anda : Untuk sebagian penjual, terutama yang masih baru, testimoni dari Anda akan menciptakan penjual mengenali Anda dengan lebih mudah.
Membangun relasi dengan penjual lain : Jika Anda seorang penjual online juga, maka Anda akan lebih mudah mempromosikan toko Anda dengan relasi, melalui testimoni. Ini bermanfaat, untuk toko yang masih baru.
Dan masih kaya lagi...
Penutup...
Demikian artikel tentang pengertian testimoni, dan arti testimoni. Istilah ini sangatlah penting diketahui, sebab begitu kerapnya muncul di internet, terutama ketika lagi melihat tempat jual beli online.
Nah, dan semoga disini, Anda dapat terbantu dan lebih memahami tentang istilah dan cara penggunaannya.
Jika ada pertanyaan lain sehubungan dengan topik yang dibahas disini, silakan kirimkan saja, di kotak komentar yang tersedia dibawah.
Semoga bermanfaat.