Google Duo Resmi Gantikan Hangouts Jadi Aplikasi Wajib Android

January 12, 2019
Berita Android Terbaru, - Tidak lama setelah peluncuran Google Allo, kini perbisnisan OTT yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini mengumumkan perubahan soal pre-installed aplikasi Android.

Hangouts yang selama ini menjadi aplikasi wajib yang disyaratkan Google sebagai GMS (Google Mobile Service) untuk disematkan pada smartphone Android nantinya bukan menjadi pre-installed apps bawaan pabrik lagi.

Perubahan peraturan ini akan mulai diterapkan pada bulan Desember tahun ini. Dengan kata lain, Hangouts tak akan lagi ada pada smartphone Android baru setelah itu aturan ini.

Google Hangouts

Dalam sejarahnya Hangouts dirilis pada 15 Mei 2013 silam. Google Hangouts merupakan sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang menyediakan service instant messaging media dengan fitur video chat, SMS dan VOIP.

 Tidak lama setelah peluncuran Google Allo Google Duo Resmi Gantikan Hangouts Jadi Aplikasi Wajib Android

Sebagai menggantinya, Google Duo akan dijadikan sebagai pengmengganti aplikasi bawaan Android, "Google Duo akan mengmenggantikan Hangouts sebagai inti dari aplikasi GMS, dan Hangouts menjadi GMS pilihan," ungkap Google dalam surat kepada mitra vendor seperti dikutip dari Phone Arena.

Beberapa pihak menyebut perubahan ini cukup bagus, sebab secara sifat keduanya mempunyai layanan yang tak jauh beda.

Namun tak sedikit juga yang mempertanyakan keputusan perbisnisan raksasa yang malah tak memasukkan Allo sebagai salah aplikasi wajib GMS mengingat Google Allo punya fitur unik.

Padahal Allo dan Duo dapat saling mekompleksi satu sama lain. Dalam hal ini Google Allo hadir sebagai aplikasi yang dikhususkan untuk berkirim pesan instan, lagikan Google Duo merupakan difokuskan sebagai aplikasi video call Android.

Lalu bagaimana dengan nasib Google Hangouts setelah perubahan ini diterapkan? Tenang saja, aplikasi chatting tersebut akan tetap dipertahankan oleh Google dan sampai sekarang tetap tersedia gratis di Google Play Store.


Dilain hal, Google mengakui tengah terdapat rencana lain untuk aplikasi dengan logo hijau dengan petik dua tersebut. Nantinya, Hangouts akan lebih ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Bukan tanpa alasan, namun sebab aplikasi ini mendukung layanan Gmail dan Google Docs.

Selain hal di atas, Hangouts juga dapat dipakai di bermacam macam perangkat baik mobile atau desktop. Apalagi dalam pernyataan sebelumnya, Google menyebut akan menambahkan fitur baru untuk memperkuat kemampuan aplikasi tersebut.

Nah itu saja yang dapat kami share tentang berita Android terbaru, Hangouts akan dimenggantikan Google Duo sebagai aplikasi bawaan Android mulai Desember 2019. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments