Apa Itu OS ? Pengertian Lanjutan Software | Tentang Sistem Operasi Android

July 11, 2019



- Sekarang admin akan membahas lebih lanjut tentang basic dari sebuah smartphone. Khususnya pada basic berupa software tentang Sistem Operasi Android.


Tahukah kamu Sob? Tiap-tiap smartphone terdiri dari 2 basic untuk bisa hidup dan dapat di operasikan. Ke-dua basic tersebut adalah Hardware dan Software yang memiliki cara kerja untuk saling terhubung satu sama lain.


Nah pada postingan kali ini, admin akan membahas lebih lanjut tentang software berupa sistem operasi android. Bagaimana cara kerjanya, seperti apa fungsinya, semuanya di kemas dalam satu artikel khusus tentang sistem operasi Android.
 Mari kita bahas!




Pengertian Smartphone Secara Umum


Seperti yang telah admin jelaskan pada postingan sebelumnya, dimana disitu telah dijelaskan bahwa pengertian smartphone adalah bentuk dari Inovasi Teknologi yang terus berkembang. Mulai dari nama, fitur-fitur yang dibawakan, serta cara kerja smartphone itu sendiri seperti apa.


Dulu, tepatnya di awal tahun 90an, fitur yang dibawakan sebuah ponsel hanya untuk melakukan panggilan dan SMS saja sebagai alternatif dari telpon rumah.   
     
         Tetapi di zaman sekarang, keberadaan sebuah ponsel bukan hanya terpaku pada ke-dua fitur tersebut. Sebuah ponsel cerdas pada masa kini telah membantu banyak kebutuhan para penggunanya. Seperti bersosial, berbisnis, hiburan, bahkan memungkinkan para pengguna untuk mengakses segala sesuatu hanya dengan satu genggaman.

Semua itu, pastinya karena saling terkait dengan beberapa dasar ponsel smartphone itu sendiri. Yaitu sebuah sistem operasi Android yang di sematkan pada smartphone.

Dibawah asuhan perusahaan besar di bidang Internet yaitu Google, android memiliki ribuan pengembang / developer yang terus berusaha untuk mengembangkan dan memberikan pengalaman terbaik para pengguna.
( User Experience )
Bukan tanpa data, tercatat mulai dari tahun 2010 setelah 3 tahun android di akusisi Google, android telah merajai sistem operasi mobile hingga saat ini.



Makalah Tentang Sistem Operasi Android


Sistem Operasi Android atau dalam bahasa Inggris Operating System adalah salah satu Software / Perangkat Lunak yang mengatur serta mengontrol perangkat keras atau tepatnya Hardware dalam menjalankan aplikasi smartphone.


Android merupakan sistem operasi OS mobile berbasis Linux pada sistem operasi Desktop yang dirancang khusus untuk ponsel pintar layar sentuh.


Dengan tampilan antar muka yang memanipulasi langsung tindakan nyata seperti mengetuk, menggeser dan mencubit untuk mengarahkan pada objek di layar, kelebihan inilah yang dikembangkan android sehingga smartphone pada masa kini, sangat erat kaitannya dengan smartphone layar sentuh.


Perlu diketahui, android adalah satu-satunya sistem operasi mobile terbuka, dan Google selaku pemilik android telah merilis kodenya dibawah lisensi Apache. Dengan kode terbuka beserta lisensinya tersebut, memungkinkan OS android dapat di modifikasi dan didistribusikan oleh para developer.

Nah itulah keterangan singkat tentang sistem operasi android, sekarang admin akan menguak bagaimana cara OS android tesebut bekerja.



Cara Kerja Os Android

Sekarang admin akan membahas lebih lanjut tentang basic dari sebuah smartphone Apa Itu OS ? Pengertian Lanjutan Software | Tentang Sistem Operasi Android
Doc. Pribadi


Sebagai perangkat lunak atau software yang sangat penting akan fungsinya, sistem operasi Android bekerja sebagai penerjemah bahasa pemrograman yang dihasilkan oleh hardware bernama centre processing unit ( CPU )


Contoh Fungsi Sistem Operasi Android

Seperti biasa agar mudah dipahami, admin akan memberikan sedikit gambaran bagaimana cara kerja sistem operasi Android.


Sekarang admin akan membahas lebih lanjut tentang basic dari sebuah smartphone Apa Itu OS ? Pengertian Lanjutan Software | Tentang Sistem Operasi Android
Doc. Pribadi



Saat pertama kali smartphone di hidupkan dengan menekan tombol power, perlu diketahui bahwa pada saat itu sistem operasi Android belum bekerja melainkan Hardware ROM
( Read Only Memory ) yang akan menganalisis tiap-tiap memory yang terletak pada smartphone.

Setelah proses start-up berjalan lancar, maka saat itu pula hardware & software akan melakukan tugasnya masing-masing secara bersamaan.

Prosesnya adalah hardware bernama CPU akan menampilkan bahasa pemrograman berupa kode yang pastinya tidak dapat di mengerti oleh manusia.

Sedangkan sistem operasi Android akan menerjemahkan bahasa pemrograman kode hardware tersebut berupa Grafis, Suara, dan Getaran sehingga akan tampil pada layar LCD smartphone dalam keadaan stanby. Siap digunakan.


Ilustrasinya mungkin seperti ini.

Ibaratnya sobat ingin berinteraksi dengan orang luar negeri seperti Bule.
Sedangkan sobat sendiri tidak tahu menahu soal bahasa Inggris.
Disini pastinya sobat akan kesulitan tanpa bantuan orang lain sebagai penerjemah.
Nah, dengan adanya orang lain sebagai penerjemah, pastinya orang tersebut akan mengartikan apa yang si bule sampaikan.


Jadi, peranan sebuah sistem operasi android adalah sebagai sarana atau suatu penerjemah bahasa mesin berupa hardware. Karena sejatinya, tak dapat dipungkiri bahwa pengguna smartphone akan berinteraksi dengan mesin / robot.


Nah, dengan OS android itulah bahasa robot berupa hardware akan di tampilkan sesuai apa yang pengguna akses di dalam smartphone. Perlu diketahui, ini merupakan sebagian dasar dari cara kerja sistem operasi android.
   Cara kerja atau pun fungsi android lainnya terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah.




Fungsi Software OS Android


1.Menampilkan Bahasa Mesin

Tampilan yang sobat lihat pada saat smartphone Standby, itu adalah bentuk atau hasil dari suatu pengoperasian android di belakang atau background monitor LCD.

Karena jika tanpa suatu pengoperasian sistem operasi android, layar monitor beserta hardware nya pun tidak akan menampilkan informasi apapun alias blank.

Banyak kasus berupa smartphone mentok di logo, restart-restart sendiri, atau bahkan mati total. Nah hal itu dapat di pastikan bahwa smartphone tersebut mengalami masalah di bagian software berupa sistem operasi android.




2.Menjalankan Software Berupa Aplikasi

Fungsi software sistem operasi android lainnya adalah sebagai sarana atau tempatnya aplikasi berjalan.

Misalkan sobat membaca artikel ini menggunakan Chrome, nah pada saat sobat meng-klik ikon aplikasi tersebut maka secara otomatis sistem operasi android akan melakukan pemanggilan data yang tersimpan dalam memory internal / HDD.

Android OS akan mengenali aplikasi dalam format APK dan menganalisis data-data didalam APK tersebut sehingga berjalan lah chrome hingga sampai ke artikel ini.




3.Mengatur Kerja Hardware & Software

Menurut analogika, sistem operasi android berada di lapisan tengah. Dimana android OS akan meng kordinasi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software.

Orang-orang sering menyebutkan sistem operasi android adalah Resource Manager di dalam perangkat smartphone.

Maksudnya, OS android akan bekerja mengontrol fungsi hardware seperti memory dan DLL. Jika dalam bongkahan panel / hardware ada sebagian yang bermasalah, maka OS android tidak akan merespon masukan dari pengguna. Sebaliknya android akan menampilkan Program Error di layar LCD.

Contohnya seperti kasus mentok di logo, pastinya hanya ada dua kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.

Antara OS android itu sendiri, atau dari hardware berupa IC Flash. Berkaitan dengan mentok di logo, silahkan coba baca Cara Perbaiki Software



4.Melindungi Program

Fungsi lainnya dari OS android adalah dimana ia memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengamankan program android itu sendiri.

Android akan mengendalikan pengguna dalam mengakses program smartphone, memungkinkan untuk mengunci serta membatasi siapa yang berhak mengakses smartphone.

Seperti di android Lolipop ke atas, android memiliki fitur bernama Bypass yang memiliki cara kerja akan mengunci smartphone pada saat di restart pabrik.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments