Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya

July 13, 2019
Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya

Sama seperti layaknya perangkat elekronik pintar seperti PC, smartphone Android juga kerap mengalami bermacam macam masalah, dan masalah yang paling kerap di temukan pada smartphone dengan sistem operasi Android merupakan Random Reboot. Benar saja, masalah ini kerap menciptakan kesal pengguna device Android tersebut, sebab biasanya penyakit Random Reboot ini muncul di saat yang tak tepat dan faktanya masalah ini dapat sangat menggangu kenyamanan pengguna smartphone tersebut.

Lalu apa sih sebenarnya Random Reboot di Android tersebut? "Random Reboot merupakan suatu kasus di mana smartphone Restart/Reboot dengan sendirinya, dan masalah ini kerap datang secara tiba-tiba". Setelah sobat semua tahu apa itu Random Reboot, sebaiknnya sobat semua ketahui dahulu apasih penyebab dari munculnya Random Reboot tersebut :

1. RAM Smartphone sobat semua penuh
Jika sobat semua pengguna smartphone Android yang "smart" tentu sobat semua harus tahu berapa jumlah kapasitas RAM (Random access memory) sobat semua, dan sekaya apa aplikasi atau game yang dapat sobat semua buka pada jumlah kapasitas RAM smartphone sobat semua, sebab benar saja, RAM smartphone Android yang penuh pasti akan menyebabkan smartphone sobat semua Hang lalu Restart dan terjadilah yang namanya Random Reboot.

2. Firmware yang sobat semua gunakan tak stable
Ya, ini penyebab Random Reboot yang paling kerap terjadi, sebab masalah ini datang dari firmware yang belum stable yang lagi di gunakan smartphone sobat semua, sebab firmware tersebut belum stable maka sedikit pengaturan penting pada device sobat semua belum di buat balance, sesampai kemudian Random Reboot akan kerap muncul, sebab ketimpangan yang terjadi pada firmware smartphone Android sobat semua.

3. Kalian melakukan customize pada settingan hardware smartphone sobat semua
Faktanya hal ini dapat menciptakan smartphone sobat semua Random Reboot lho? alasannya? sebab sobat semua sudah menciptakan settingan pabrikan berbeda pada smartphone Android sobat semua, maksud dari customize settingan ini seperti, sobat semua melakukan kernel, sampai kemudian system ROM pada smartphone sobat semua, dan apabila salah maka akan berdampak besar, salah satu masalah yang akan muncul ialah Random Reboot.

4. Smartphone sobat semua cacat produksi
Kasus ini memang jarang terjadi, tenamun pernah benar-benar terjadi, indikasinya merupakan ketika sobat semua baru membeli smartphone lalu menggunakannya, dan setelah sedikit lama, smartphone sobat semua Reboot sendiri dalam frekuensi yang cukup kerap, dan sobat semua mengupayakan untuk memperbaikinya dengan cara melakukan Flash ulang dan sebagainya, tenamun hasilnya tetap sama, berarti smartphone sobat semua cacat produksi dan tak ada cara lain lagi untuk memperbaikinya, selain melakukan claim garansi untuk di menggantikan dengan unit baru.

Sebenarnya masih ada sedikit masalah yang dapat menyebabkan Random Reboot ini, seperti aplikasi Android yang sobat semua gunakan tak compatible terhadap OS Android sobat semua, sampai kemudian ada sedikit kerusakan hardware, tenamun hal ini jarang terjadi saat ini, dan ke-4 masalah diatas merupakan masalah umum yang teramat sangat kerap muncul sebagai biang kerok dari kasus Random Reboot tersebut,

Apakah ada cara menghindari Random Reboot tersebut? terang ada, dan berikut merupakan Tips untuk sobat semua agar tak mengalami Random Reboot lagi :


Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya

1. Selalu bersihkan RAM
Artinya sobat semua harus melakukan pembersihan kepada aplikasi berjalan yang tak sobat semua gunakan lagi, hal ini bukan hanya menciptakan RAM sobat semua lega, tenamun juga dapat menciptakan konsumsi baterai smartphone sobat semua lebih irit, dan umumnya tools ini sudah secara default ada pada semua smartphone Android saat ini, apabila tak ada gunakan aplikasi sejenis Clean Master, atau lainnya.

2. Periksa performa smartphone baru sobat semua
Khusus untuk pengguna smartphone baru atau yang baru membeli sebuah smartphone, dalam waktu 3-5 hari sobat semua harus teliti terhadap smartphone Android yang sobat semua beli, mengapa? sebab pada saat-saat inilah cacat produk pada smartphone sobat semua akan terlihat, umumnya smartphone Android yang cacat produksi akan terdapat performa yang buruk, dan di ikuti dengan Random Reboot, apabila indikasi demikian muncul, segera lakukan klaim garansi secepat cukup untuk menghindari hal yang lebih parah dan merugikan di masa akan datang.

3. Lakukan Full Wipe atau dapat juga Flash Ulang
Jika masalah Random Reboot muncul akibat Firmware atau ROM yang sobat semua gunakan belum stable, maka solusinya sobat semua dapat mempertimbangkan untuk melakukan Full Wipe (Factory Reset) dapat melalui Recovery bawaan apabila ada, dapat juga menggunakan Custom Recovery seperti Flash ulang ke firmware atau ROM yang sudah stable, meski sobat semua harus melakukan downgrade sembari menunggu versi ROM atau Firmware terbaru untuk device sobat semua di perbaiki atau di update.

Dengan demikian, sudah terang dan clear rasanya terkait pembahasan Random Reboot pada smartphone Android, hal yang perlu sobat semua lakukan selanjutnya ialah menjaga dan memperhatikan kondisi smartphone Android sobat semua agar kasus Random Reboot ini tak muncul lagi, sebab apabila tak sobat semua perbaiki, maka masalah Random Reboot ini akan berlangsung selama-lamanya pada smartphone Android sobat semua, tak ingin hal ini terjadi bukan? maka dari itu segera ambil tindakan dan perbaiki.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments