Cara mengatasi bootloop,stuck atau hang didevice xperia yang batrai gak bisa di lepas

July 12, 2019

Tidak dapat di pungkiri ingin sehebat apapun device Android yang ada saat ini, pasti tak akan pernah lepas dari yang namanya masalah seperti hang sampai kemudian bootloop, dan hal ini juga terjadi pada jajaran device Sony Xperia, yang sejatinya juga merupakan sebuah smartphone dengan sistem operasi Android.

Mendapati device Sony Xperia yang bootloop, hang atau brick tenamun dengan fitur baterai yang tak dapat di lepas tentu merupakan sebuah masalah yang cukup rumit, apalagi sampai tak tahu cara mengatasinya tentu saja hal ini dapat menciptakan panik, pasrah lalu mental kita langsung down.

Apalagi device tersebut baru saja sobat semua gunakan atau sobat semua beli, tenamun sobat semua tak perlu khwatir sebab masalah ini sudah menjadi masalah yang wajar bagi semua device Android yang ada saat ini, dan tak terkecuali masalah ini juga sangat kerap terjadi pada jajaran device Sony Xperia.

Namun solusinya sebenarnya cukup mudah dan gampang, yang perlu sobat semua lakukan ialah mengikuti tutorial ini dan mencernanya sampai habis, dan apabila saat ini kondisi device sobat semua hang, stuck atau brick dan sobat semua tak tau cara memenonaktifkan smartphone Android Sony Xperia lalu sobat semua bingung mengatasinya sebab device sobat semua terdapat design batterai yang tak dapat di lepas secara manual, maka artikel ini tepat untuk sobat semua ikuti.

Sebagaimana yang sudah disebutkan diatas artikel ini dibuat atas dasar kayanya fenomena pemakai device android yang batrainya gak dapat di lepas lalu panik ketika device mereka berakhir bootloop atau sejenisnya, jadi kekayaan orang mengatasi masalah ini dengan cara yang super cerdas yaitu menghabiskan baterai device itu dahulu, baru melakukan flashing, nah ini merupakan cara yang super salah.

Untuk apa apa menunggu sampai habis isi baterai kan lama tuh, kalau baterainya penuh nunggu 4 jam baru dapat habis sempat ubanan baru dapat flashing firmware kan repot, untuk solusi paling mudahnya sobat semua dapat ikuti sedikit cara di bawah ini agar sobat semua dapat melakukan force shut down dengan aman dan pasti untuk smartphone Sony Xperia sobat semua.

Cara mengatasi problem diatas ada 2 cara yang paling efektif dan ketahui berhasil 100% sekarang ini yaitu :

1. Saat mengalami bootloop, stuck, dan hang, sebaiknya sobat semua memenonaktifkan secara paksa device sobat semua dengan cara tahan Volume Up (+) dalam waktu bersamaan kemudian tahan juga tombol power kurang lebih satu menit, maka device akan secara otomatis mati total sendiri, apabila cara ini tak berhasil sobat semua masih tetap dapat melakukannya dengan cara menekan tombol power saja selama satu menit maka seperti yang sudah disebutkan smartphone Android Sony Xperia yang sobat semua miliki akan force shutdown dengan sendirinya atau di paksa mati total.

2. Cara kedua ini ialah dengan cara mencolok lubang kecil yang ada di belakang device sobat semua, lubang ini sangat kecil dan hampir susah untuk di temukan, perlu sobat semua ketahui lubang sakti ini gunanya untuk melakukan Hard Reset namun juga ampuh digunakan saat kondisi bootloop, stuck, dan hang, lubang kecil ini hanya dapat di colok dengan bidang kecil seperti kepala pulpen dan bilah lidi, lubang kecil ini seperti lubang reset pada kalkulator atau lubang jerawat pecah, kebayangkan haha, namun adminngnya tak semua device Sony Xperia keluaran terbaru saat ini menyediakan fitur lubang sakti ini, namun melakukan force shutdown tetap dapat di lakukan dengan point super nomor 1 yang sangat sakti.

Hal yang penting yang harus sobat semua ketahui merupakan, bahwa sebenarnya cara di atas tersebut hanya akan menciptakan device sobat semua force shut down, atau di menonaktifkan secara paksa saja, tenamun apabila tutorial diatas sudah sobat semua lakukan, tenamun masih saja bootloop atau brick, maka kesimpulannya merupakan pasti ada sesuatu yang salah pada firmware atau hardware device sobat semua, untuk pertolongan pertamanya merupakan sobat semua dapat melakukan flash lang terlebih dahulu, cukup sobat semua dapat pertimbangkan untuk melakukan Flash Sony Xeria sobat semua dengan Xperia Companion.

Harusnya apabila hanya masalah ringan yang terjadi pada device sobat semua, cara yang sudah di terangkan di atas akan amat sangat dapat membantu sobat semua untuk dapat mengatasi masalah tersebut, ada baiknya sobat semua mencoba solusi diatas apabila device sobat semua terindikasi masalah seperti bootloop, stuck atau hang, apabila device sobat semua hanya crash atau error ringan saja, maka harusnya saat ini device sobat semua sudah kembali pulih.

Update 20 Desember 2019 : Cara ini masih work, terutama dengan menekan tombol volume selama kurang lebih 1 menit, kalau ada yang mengatakan tak work, berarti devicenya lagi mengalami masalah hardbrick yang perlu di perbaiki dengan cara Flash ulang, selain itu apabila ada yang menyebut tak work meski Sony Xperianya tak bootloop atau Brick berarti bohong! sekian.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments