Definisi E-Commerce merupakan sebuah acara penggunaan teknologi dan gosip serta komunikasi dalam pengolahan data digiaatal di dalam melaksanakan transaksi bisnis adalah menciptakan, mengubah, dan mendefinisikan
kembali hubungan antara penjual serta pembeli.
Pengertian E-COMMERCE secara praktis sanggup diartikan sebuah kegiatan transaksi jual-beli barang, servis pelayanan dan transmisi data dengan memakai elekronik yang berafiliasi dengan telekomunikasi adalah internet.
Pengertian E-COMMERCE berdasarkan Para Ahli
Berikut ini merupakan keterangan pengertian E-commerce berdasarkan para ahli.- Loudon tahun 1998
Pengertian E-Commerce berdasarkan Loudon merupakan sebuah proses transaksi yang dikerjakan oleh penjual dan pembeli dalam sebuah pertemuan tanpa harus tatap muka terhadap bermacam produk daur sebuah perbisnisan dengan memakai internet dan komputer sebagai mediator transaksi.
- Kalakota dan Whinston Tahun 1997.
Pengertian E-Commerce berdasarkan Kalakota dan Whinston merupakan kegiatan berbelanja secara online dengan memakai jaringan internet dalam bertransaksi dengan pembayaran transfer secara digital. Keduanya meninjau pengertian E-Commerce melalui 4 perspektik yakni.
- Perspektif komunikasi, adalah sebuah kegiatan pengirimanan barang, layanan gosip serta pembayaran melalui jaringan elektronik terutama komputer.
- Perspektif Proses Bisnis, adalah sebuah aplikasi teknologi yang menuju ke arah otomatisasi transaksi bisnis dan fatwa kerja.
- Perspektif Layanan, adalah sebuah alat untuk memenuhi harapan dari perbisnisan terutama administrasi dan konsumen dalam mengurangi biaya layanan ketika ingin meningkatkan kualitas barang dan kecepatan pengiriman barang tersebut.
- Perspektif Online, adalah untuk menyediakan bermacam gosip terutama dalam jual dan beli produk melalui layanan internet atau sarana online lainnya.
- Jony Wong.
Pengertian E-Commerce berdasarkan Jony Wong merupakan penjualan dan pembelian serta pemasaran sebuah barang dan jasa melalui sistem elektronik.
- Vermaat.
Pengertian E-Commerce berdasarkan Vermaat merupakan sebuah transaksi yang terjadi dalam bisnis yang memakai jaringan elektronik menyerupai internet sesampai kemudian setiap orang yang terdapat jaringan telekomunikasi internet sanggup melaksanakan acara E-Commerce.
Sejarah E-COMMERCE
E-COMMERCE muncul pertama kali mulai dari tahun 1960 pada dikala bisnis memakai Data EDI atau Electronik Data Interchange mulai populer. Kemudian berkembang pada tahun 1979, ketika American Standard instutute berbagi sebuah ASC X12. ASC X 12 dipakai sebagai sarana transfer dokumen dengan memakai sebuah perangkat elektronik dan terus berkembang pada tahun 1980-1990 hingga lahirnya sebuah perbisnisan besar adalah eBay dan Amazon.
Baca juga PENGERTIAN EMAIL DAN KEGUNAANNYA.
Sekarang inikonsumen dibebaskan untuk berbelanja online pada waktu kapanpun secara tak terbatas.
Jenis-jenis E-COMMERCE
Setelah diatas membahas seputar pengertian E-Commerce, maka kini ini kita lanjutkan ke bahasan jenis-jenis E-COMMERCE. E-COMMERCE dibedakan menjadi 2 pihak adalah bisnis dan konsumen. Sesampai kemudian istilah E-Commerce dan e-business selalu ditemui bersamaan.
- E-COMMERCE Business to Business (B2B)
Transaksi e-commerce yang dilakukan oleh pihak yang terdapat kepentingan bisnis dari sama yang lain sesampai kemudian mereka mengetahui dan mengerti bisnis yang dijalankan.
Secara umum bisnis itu dilakukan secara berkesinambungan atau berlangganan menyerupai perbisnisan dan supplier yang selalu bertransaksi secara online untuk memenuhi kebutuhan barang hingga proses pembayarannya.
- E-COMMERCE Business to Customer (B2C)
Busines to consumer yang dilakukan oleh para pembisnis dengan konsumen mereka, transaksi ini kerap kita jumpai dalam penjualan biasa. Konsumen akan sanggup melaksanakan penawaran produk hingga jadinya melaksanakan pembayaran.
- E-COMMERCE Customer to Customer (C2C)
Transaksi C2C kerap dilakukan oleh konsumen dengan konsumen, ketika anda memakai sedikit aplikasi marketplace menyerupai shopee dan Bukalapak. Pengguna sanggup mengupload produk dan pembeli / pengguna lain membeli produk tersebut.
- E-COMMERCE Consumer to Business (C2B)
C2B merupakan sebuah kegiatan yang berkebalikan dengan B2C dimana konsumen akhirlah yang bertindak sebagai penjual sementara perusaahan sebagai pembeli.
- Aplikasi E-COMMERCE
Setelah admin terangkan pengertian E-Commerce bahwa transaksi ini bergantung kepada sejumlah aplikasi atau media online lainnya ya. Baca PENGERTIAN MEDIA ONLINE menyerupai email atau FtP.
Nah PENGERTIAN E-COMMERCE DAN CONTOHNYA telah admin bahas ya.