Sanksi Huawei Diperingan Donald Trump, Tapi...

July 01, 2019
Donald Trump dan Xi Jinping. Foto: ReutersDonald Trump dan Xi Jinping. Foto: Reuters

Jakarta - Huawei boleh bernapas lega sesudah presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mendadak meringankan hukuman pada mereka soal penjualan komponen yang sebelumnya sanggup dibilang diblokir total. Tapi ada sejumlah syarat dan kondisi diterapkan.

Dikutip detikINET dari Reuters, pejabat Gedung Putih menjelaskan bahwa produk asal AS yang boleh dijual dan dipakai Huawei hanyalah yang sudah tersedia secara luas di dunia dan bukan produk yang dianggap sensitif.

"Yang terjadi yakni Departemen Perdagangan akan memperlihatkan lisensi suplemen bila ada ketersediaan secara umum dalam komponen yang diperlukan (oleh Huawei-red)," sebut Larry Kudlow dari National Economic Council.


"Perusahaan chip AS khususnya, menjual produk yang tersedia secara luas dari negara lain. Ini bukan amnesti secara umum, soal keamanan nasional tetap menjadi parameter," cetusnya.

Melunaknya Trump soal hukuman Huawei yakni bab dari janji dengan presiden Xi Jinping, untuk membuka kembali perundingan perdagangan antara kedua negara. Namun demikian, keputusan Trump itu menerima saingan dari sebagian politisi AS.

"Perusahaan-perusahaan AS boleh menjual peralatan ke Huawei. Kita bicara soal peralatan yang tidak memperlihatkan duduk masalah terhadap keamanan nasional," kata Trump dalam konferensi pers KTT G-20 di Osaka, Jepang sesudah bertemu Presiden China Xi Jinping, menyerupai dikutip Bloomberg.

"Saya bilang tak ada masalah, bahwa kami akan terus menjual produk tersebut, ini merupakan produk-produk yang dibentuk oleh perusahaan Amerika. Omong-omong, duduk masalah ini amat kompleks." tambah dia.




Tonton video Akhirnya Donald Trump Izinkan Huawei Berbisnis dengan Perusahaan AS:

[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments