Cara Menciptakan Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft Word 2010

September 10, 2019
Tutorial bagaimana cara untuk membuat format penomoran yang berbeda pada satu file yang sama. Untuk prakteknya kita asumsikan akan membuat sebuah file namun pada halaman pertama dan kedua memakai sistem penomoran romawi kecil dan untuk halaman selanjutnya memakai penomoran biasa. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.     Ketiklah sebuah naskah, artikel atau yang lainnya sesuka Anda. Usahakan buatlah hingga 4 halaman.
2.     Karena kita ingin membuat penomoran romawi pada halaman 1 dan 2 maka langkah pertama klik Tab Insert à Page Number. Pilihlah letak yang sesuai dengan yang kita inginkan. 

3.       Maka pada halaman akan muncul nomor yang kita sisipkan tersebut. Untuk mengubah sistem penomoran menjadi romawi maka klik Insert à Page Number à Format Page Number, lalu pilihlah abjad romawi dan OK.

4.      Hasil terakhir semua halaman memakai penomoran abjad romawi kecil.
5.      Untuk membuat halaman ke-3 dan seterusnya memakai sistem penomoran angka biasa, langkah selanjutnya merupakan letakkan dahulu kursor pada halaman 3, lalu klik Tab Page Layout à Breaks, pilih Next Page.

6.       Pada halaman 3 tersebut klik ganda pada page number/footer.  Klik Tab header dan Footer Tool yang muncul, lalu nonaktifkan Link to previous.

7.       Hapus nomor halaman tersebut, lalu pada ribbon design, group menu Header & Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.

8.       Pada number format ubah i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,… lalu pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.


9.       Sampai disini sudah berubah, adalah halaman pertama dan kedua memakai format nomor halaman memakai angka romawi kecil lagikan pada halaman ke-3 dan seterusnya memakai nomor halaman angka standart.
10.   Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya memakai cara yang sama adalah menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.

Sumber

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments