Kumpulan Puisi tentang Cita-Citaku Menjadi Dokter, Guru dan Lainnya [Lengkap]

September 26, 2019
Puisi merupakan suatu seni yang tertulis. Puisi merupakan karya sastra dari seseorang dalam menyampaikan suatu pesan yang melalui diksi dan pola tertulis.

 Puisi merupakan suatu seni yang tertulis Kumpulan Puisi tentang Cita-Citaku Menjadi Dokter, Guru dan Lainnya [Lengkap]

Penyair merupakan orang yang menciptakan atau menciptakan suatu puisi. Dalam bentuk seni ini, seorang penyair menggunakan bahasa agar menambah kualitas estetis pada makna semantis.

Apa itu Puisi?

Menurut KBBI, pengertian puisi merupakan:
  1. Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik, baris dan bait.
  2. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sesampai kemudian mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.
  3. Sajak.

(referensi : wikipedia)

Kamu juga dapat menciptakan suatu puisi yang bertemakan cita-cita, biasanya diwaktu sekolah sd, smp inginpun sma/smk/man kamu pernah diberikan tugas menciptakan sebuah puisi.

Apa itu Cita-Cita ?

Cita cita merupakan suatu keinginan atau kehendak yang selalu ada didalam pikiran, yang menciptakanmu selalu berbisnis mencapai cita-citanya atau mewujudkannya.


Contoh : kamu bercita-cita di masa depan ingin menjadi seorang guru dokter, polisi, polwan, tentara, presiden, masinis yang sukses. Maka kamu harus berbisnis mewujudkannya, dengan cara berdoa, bekerja keras dan lainnya agar terwujud.

Kumpulan Contoh Puisi Cita-Cita


Berikut merupakan contoh puisi yang dapat di jadikan inspirasi untuk kamu dan telah disusun dengan kompleks.

Puisi Tentang Cita Citaku ingin Menjadi Guru 1

Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin mejadi seorang Guru
Guru merupakan pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Aku akan berbisnis mencapai cita-cita
Aku takkan lelah untuk mencari ilmu
Takkan aku berpangkutangan saja
Demi menggapai cita-citaku


Puisi Tentang Cita Citaku ingin Menjadi Guru 2

Tiap kali
aku melihat
Ibu guru mengajar
Aku ingin seperti beliau
yang dengan sabar
mengajari murid-murid
mengeja
membaca
menghitung
Aku ingin menjadi guru
yang tak galak
saat mendidik murid
tenamun guru yang ramah
dan dicintai murid-murid

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Dokter 1

Seragam putih menebar senyum kebahagiaan
Kepintaran, kecerdasasan, menjadi satu kesatuan
Cekatan juga penuh kesabaran
Dipercaya kaya orang dengan penuh pengharapan
Penolong nyawa kaya orang
Sebagaimana aku yang saat ini butuh pertolongan
Kelak, aku akan seperti dia, yang dihormati semua orang
Aku akan jadi dokter untuk mereka yang membutuhkan

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Dokter 2

Kata Ayah
menjadi dokter itu
pekerjaan mulia
Berseragam warna putih
Dokter selalu ramah
ketika
melayani pasien
Dengan stetoskop di telinga
ia periksa pasien yang datang
lalu ia berikan resep
yang harus ditukar dengan obat di apotik
Untuk itu
aku ingin menjadi seorang dokter
yang dapat membantu
menyembuhkan orang yang lagi sakit
di puskesmas
dan di rumah sakit

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Polisi 1

Berdiri gagah di sinpang jalan
Mengamankan pengguna jalan
Walau hujan, panas, engkau tetap teguh dengan pendirian
Menemani mereka pengguna jalan
Polisi, engkaulah penolong kami yang lemah
Menolong tanpa membedakan
Aku ingin menjadi polisi yang kuat tanpa kata lelah
Agar kelak, jadi pahlawan bagi mereka yang membutuhkan

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Polisi 2

Pagi itu
ketika berangkat sekolah
aku diantar ayah
dengan naik sepeda motor
tiba di pertigaan
kami harus menyebarang jalan
Pak Polisi berseragam
gagah sekali
datang
membantu kami
menyebarangkan kami ke
seberang jalan
Terima kasih
Pak Polisi
yang telah sukarela
membantu kami
Kebaikanmu
menciptakanku bercita-cita menjadi
seorang anggota Polisi

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Tentara

Tentara, engkau prajurit terbaik bangsa
Berjiwa pemberani tanpa ada rasa takut
Berlatih di medan tempur demi Indonesia
Melawan pemberontak sampai mereka takut
Jadi tentara merupakan cita-citaku
Mengamankan NKRI merupakan tujuanku
Seragam loreng akan jadi kebanggaanku
NKRI merupakan negaraku

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Masinis

Membawa ribuan penumpang
Melewati kampung dan perkotaan
Dengan yakin engkau berdiri tanpa bimbang
Mengantarkan kami sampai pada tujuan
Kehati-hatianmu menciptakan kami nyaman
Engkaulah Masinis penuh kegigihan
Kapten kaki seribu yang ditunggai kaya orang
Aku ingin jadi sepertimu, berjasa untuk semua orang

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Petani

Ayah, Bolehkah Aku bercita-cita Menjadi Petani ?
Malam itu
menjelang tidur
aku bertanya pada ayah
Yah, bolehkah aku bercita-cita
menjadi seorang petani
seperti ayah ?
Ayah menjawab,
boleh nak,
menjadi petani
merupakan pekerjaan yang sangat mulia
Petani menghasilkan
bahan makanan yang merupakan kebutuhan pokok
manusia
padi, jagung dan sayur mayur
Menjadi petani berarti
telah membantu kaya orang
agar dapat makan nasi
Wujudkan cita-citamu nak
jadilah petani yang pintar dan cerdas
yang kreatif dan inovatif

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Tentara

Semoga aku menjadi Seorang Tentara
Saat membaca buku
aku melihat gambar seorang tentara
yang sangat gagah
dengan baret berwarna merah
seragam loreng
dan sepatu lars

Aku ingin menjadi seorang tentara
yang berjuang demi
bangsa dan negara
Mengabdi dengan ikhlas
demi keamanan negara Indonesia
Ya Tuhan, kabulkanlah doaku
untuk menjadi seorang anggota
Tentara Nasional Indonesia TNI
Amin

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Presiden

Aku Belajar Giat Agar Jadi Presiden
Setiap hari
aku belajar giat
belajar membaca
menghitung
dan terkadang
menghafalkan
Aku belajar giat
sebab cita-citaku
merupakan menjadi seorang presiden
seorang pemimpin negara
yang melayani ratusan juta manusia
di Indonesia
Menjadi seorang presiden
menciptakanku
terdapat hari ini
untuk
menggratiskan biaya pendidikan
menggratiskan biaya berobat
menggratiskan biaya transportasi
Selain itu
aku terdapat hari ini luas
untuk membantu orang-orang
yang kurang mampu
dengan kebijakan-kebijakanku
Aku juga terdapat
hari ini untuk
membangun jalan di bermacam
pelosok Indonesia

Puisi Cita-citaku Lainnya

Kami bukanlah orang dahulu
Yang selalu saja menyahut
Pilot, dokter dan guru
Saat ditanya apa cita-citamu kelak

Kami juga bukanlah anak alim
Yang ingin jadi ustad atau kyai
Dunia kami telah telah berubah
Tak sepolos dunia sobat semua dahulu
Terus apa cita-cita kami...?
Kami juga bimbang
Haruskah kami ikut orang dahulu
Atau panutan kami sekarang
Wahai para guru
Bolehkah kami bercita-cita seperti mereka
Sebagaimana Cita-cita tuntunan kami
Cita-cita Naruto yang ingin jadi Hokage
Luffy kandidat Raja Bajak laut
Si Mail dengan Ayam panggangnya
Mungkin Saitama sang Hero
Kami bimbang Guru...
Jangan supayakan dunia melahap kami
Akan angan yang tak pasti
Wahai Guruku ...
Ingatkanlah kami
Akan cita-cita hidup ini
Supaya kelak kami
Berguna layaknya engkau
Sang guru kami
PUISI
Karya : Supardi
Aku ingin jadi orang berguna
Belajar dengan penuh setia
Bekerja dengan sekuat tenaga
Berjuang sekuat-kuatnya
Aku ingin menjadi orang budiman
Bersikap dengan sopan santun
Berbicara dengan lemah lembut
Bergaul dengan ramah tamah
Aku ingin menjadi orang mulia
Bekerja pada bangsa dan negara
Berbakti kepada ibu dan bapak
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
CITA-CITAKU
Karya: Gumantinr
Engkau menyapaku setiap pagi
Tersenyum ramah menyambut kedatanganku
Tidak pernah bosan menyemangati
Untuk selalu semangat menimba ilmu

Aku ingin seperti dirimu, guruku
Berbagi ilmu dengan semangat
Mencerdaskan anak-anak dengan ilmu
Demi masa depan Indonesia jaya

Kuingin Menjadi Pilot

Pesawat terbang
membelah angkasa
menimbulkan suara
yang terdengar sampai kemudian ke rumahku
Aku ingin menjadi pilot
yang mengendalikan pesawat terbang
berkelana bebas
di angkasa
terbang dari satu kota
ke kota lain
dari satu negara ke negara lain
dari satu pulau ke pulau lain
Sungguh menyenangkan menjadi pilot
akan kugapai cita-citaku
dengan belajar giat
setiap hari
Rajin Belajar demi Cita-cita
Cita-cita dapat tercapai
apabila kita berbisnis keras dan berdoa
Begitu kata ayah
Apapun cita-citamu
engkau harus rajin belajar
dan rajin beribadah
Kini aku berbisnis keras
agar dapat memahami pelajaran
yang diberikan di sekolah
agar tercapai cita-citaku

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Astronot

Malam purnama
bulan terang benderang
kulihat dari jendela kamarku
lalu kubaca buku di mejaku
tentang astronot yang pernah mendarat di bulan
nun jauh di sana
Aku ingin jadi astronot
yang terbang sampai kemudian ke bulan
sesampai di sana
saat bulan purnama
aku akan melambaikan tangan
agar dilihat ayah dan ibu
di rumah

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Polwan

Polwan yang Ramah
Aku ingin menjadi polisi
polisi wanita yang anggun
ramah pada semua orang
berseragam polisi
terlihat menawan
menuntun anak-anak
menyeberangkan jalan
membantu ibu-ibu
berkendara dengan baik dan benar
Polisi wanita
itulah cita-citaku
Cita-citaku
Hari-hariku
Kulewati dengan belajar
Belajar dengan senang hati
Tak pernah tuk menyerah
Ku ingin kejar cita-citaku
Cita-citaku cukup sulit tuk digapai
Tapi.... ku coba, coba, dan coba
Tanpa mengeluh sedikit pun
Kejar impian setinggi langit
Yang tiada batasnya
Cita-citaku menjadi seorang presiden
Siapa sangka aku akan menjadi presiden?
Bila ku jatuh
Masih ada bintang-bintang
Yang siap menopang bila ku jatuh
Dan aku akan bangkit lagi
Source : wattpad,com/user/ver_ang

Puisi Tentang Cita-Citaku ingin Menjadi Bidan

Mungkinkah aku Bisa Menjadi Bidan
Ibu bilang kepadaku
kelahiranku ditolong oleh ibu bidan
di Puskesmas
Ibu bilang
berjam-jam lamanya
ibu bidan setia menunggu kelahiranku
Ibu bilang
Ibu bidan sangat ramah
Ibu bilang ibu bidan
berjasa besar dalam proses kelahiranku
Aku bilang
Bu, Aku ingin menjadi seorang bidan.
(referensi : penuliscilik,com, susilotakueducation,blogspot,com, arif,rahmawan,web,id, kompasiana,com, brainly,co,id, kataucapanterindah,blogspot,com)

Akhir Kata

Itulah sedikit kumpulan puisi bertemakan cita-citaku, semoga cita-cita kita semua tercapai Aamiin dan semoga postingan kali ini bermanfaat untuk sobat semua semua.

Jangan lupa bagikan ke teman kamu agar mereka juga tahu apa yang kamu tahu, Nantikan artikel terbaru lainnya di dan Terima kasih sudah berkunjung

Sumber Web Wanajay

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments