Wordstar, Aplikasi Pengolah Kata Terpopuler Dijamannya

September 27, 2019
 Apa aplikasi pengolah kata yang Anda pakai Wordstar, Aplikasi Pengolah Kata Terpopuler Dijamannya

Apa aplikasi pengolah kata yang Anda pakai? Jika Anda menjawab wordperfect, Lotus 1-2-3, AbiWord, Microsoft Word, Anda termasuk golongan mainstream. Jika jawaban Anda merupakan Writer dari Kingsoft Office atau Libre Office, Anda bahagia mencari alternatif yang tak berbayar. Apapun pilihan Anda, aplikasi pengolah kata memang aplikasi wajib yang harus dimiliki di semua perangkat baik PC, notebook, tablet inginpun smartphone. Tapi tahukah Anda apa itu Wordstar?

Wordstar merupakan sebuah aplikasi pengolah kata (bukan data) yang dikenalkan oleh MicroPro International dan sempat menjadi favorit di dekade 1980an. Wordstar pertama kali dibentuk untuk sistem operasi CP/M pada tahun 1978. Program ini menyaapabilan kaya fasilitas, kemudahan dalam penggunaan dan menjadi standar umum pengolah kata untuk OS CP/M. Pada tahun 1981 Wordstar versi 2.26 disertakan dalam paket komputer portable Osborne 1.

Wordstar for DOS versi 3.0 dirilis pada April 1982. Versi DOS sangat menyerupai dengan versi CP/M, dan meskipun IBM PC menyediakan tombol arah dan tombol fungsi (F1, F2, dll), tombol panah versi Wordstar yang dikenal sebagai "Wordstar diamond" dan tombol Ctrl lainnya tetap dipertahankan, mengakomodasi transisi bagi pengguna yang biasa memakai CP/M.

Pada pertengahan 1980an Wordstar merupakan aktivitas pengolah kata paling terkenal di dunia. Namun demikian, dikala itu pasar lebih menyukai mesin pengolah kata standalone buatan IBM yang dikenal dengan IBM DisplayWrite. Mesin ini dibentuk khusus untuk menulis dan mengedit dokumen, berharga mahal dan umumnya dipakai dengan harus melalui sebuah terminal yang terhubung dengan mainframe atau komputer kelas menengah. Meskipun kaya pilihan mesin pengolah kata, dikala itu IBM hanya disaingi oleh Wang Laboratories.



Ketika IBM mengumumkan akan membuat pengolah kata versi PC dengan nama DisplayWriter ke pasar, MicroPro pribadi fokus dengan membuat aktivitas serupa yang dinamai Wordstar 2000. Sayang alhasil tak terlalu sukses tanggapan kurangnya derma Wordstar 2000 terhadap format file dan penggunaan tombol Wordstar. Hal ini membuka hari ini bagi produk dari kompetitor untuk mengambil alih pasar menyerupai WordPerfect yang memakai kombinasi tombol yang sama dengan komputer pengolah kata terkenal buatan Wang.

Untuk kembali mengambil alih pasar, MicroPro International merestrukturisasi diri menjadi Wordstar International dan kembali merekrut kaya "veteran" programmer Wordstar yang bolos dalam pengembangan Wordstar 2000, dan pada Oktober 1986 membeli arahan yang dipakai oleh NewWord, sebuah aplikasi menyerupai Wordstar dengan kemampuan yang telah ditingkatkan, ditulis oleh Peter Mierau untuk perbisnisannya yang berjulukan NewStar.

Wordstar memakai basis-kode NewWord untuk memproduksi versi selanjutnya, menambahkan fitur yang telah usang dinanti menyerupai pengembalian teks yang telah terhapus dan pewarnaan format layar untuk fasilitas efek tebal, miring dan efek percetakan lainnya. Versi pertama yang dibentuk dengan basis-kode juga disebut Wordstar (atau Wordstar Professional 4.0) dan dirilis untuk sistem operasi DOS dan CP/M. Versi selanjutnya — 5.0, 5.5, 6.0, dan 7.0 — hanya dirilis untuk DOS.

Sebagaimana produsen aplikasi DOS terkenal lainnya, Wordstar International menunda keputusan untuk membuat versi untuk Windows 3.0 yang telah populer. Perbisnisan membeli aplikasi lain, sebuah Software pengolah kata berbasis Windows yang telah ada sebelumnya, yang kemudian diubah namanya dan dirilis sebagai Wordstar for Windows pada 1991. Program tersebut tergolong sangat baik dan menyertakan kaya fasilitas yang hanya dimiliki aplikasi publikasi berharga mahal. Sayangnya, penundaan peluncuran produk menjadikan Microsoft Word secara niscaya telah menjadi standar bisnis dan perbisnisan selama penundaan yang kira-kira dua tahun sebelumnya.

Wordstar sekarang tak lagi dikembangkan dan menjadi abandonware. Kini Wordstar menjadi milik Riverdeep, Inc., sebuah perbisnisan Software pendidikan dan retail yang bermarkas di San Francisco, California. Wordstar masih secara aktif dipakai oleh sedikit ratus anggota milis Wordstar Users Group. Mereka menyediakan derma teknis satu sama lain mulai Mei 1996 hingga kemudian dikala ini. Juga tersedia sedikit paket download dari macro, script, driver printer & mouse terbaru pada situs Wordstar Users Group.
Sumber https://www.oktrik.com/

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments