4 Hal yang Haram Dilakukan Saat Charging Ponsel

Anonymous December 27, 2018
jangan lakukan hal ini saat mengisi daya baterai 4 Hal yang Haram Dilakukan Saat Charging Ponsel

Baterai merupakan salah satu komponen ponsel yang paling diperhatikan. Satu masalah utama yang kerap dikeluhkan kaya orang merupakan perihal baterai boros pada smartphone. Sebenarnya hal ini merupakan hal wajar yang tak perlu dipermasalahkan sebab smartphone sendiri dituntut untuk melakukan kaya tugas sekaligus. Jadi wajar saja kan kalau baterainya boros?

Yang perlu diperhatikan merupakan bagaimana kita sebagai pengguna dapat merawat baterai tersebut agar dapat awet dan tahan lama. Walaupun akhirnya akan rusak juga, namun tak ada salahnya untuk merawat kan?

Apa itu Charging?

Charging merupakan proses pengisian daya baterai pada ponsel. Dalam proses ini ada sedikit hal yang tak boleh dilakukan untuk mendapatkan hasil sempurna agar daya baterai juga dapat terisi lebih cepat. Berikut 4 Hal yang 'Haram' Dilakukan Saat Charging Ponsel:

1. Jangan Nge-Charge HP di Kasur, Sofa dan Semacamnya

Kasur merupakan tempat tidur yang pastinya 'empuk'. Jangan pernah charge ponsel kamu sambil menaruh ponsel diatas kasur. Saat isi daya dilakukan, akan ada arus listrik yang dialirkan dari charger ke dalam ponsel dan kasur akan menghambat pengeluaran panas. Hal ini akan berdampak buruk apabila terus menerus dilakukan.

2. Jangan Nge-Charge HP Semalaman

Biasanya hal ini dilakukan sebab dianggap simpel. Jadi saat bangun tidur, ponsel sudah dalam kondisi baterai full. Hal ini sebenarnya sah-sah saja dilakukan sebab charger model sekarang sudah dikompleksi dengan pemutus daya otomatis. Jadi saat baterai sudah penuh, aliran listrik otomatis akan berhenti juga. Tapi akan lebih baik apabila langsung dicabut bukan?

3. Jangan Menggunakan Charger Non Ori (Bajakan)

Menggunakan charger yang bukan bawaan pabrik sebenarnya tak masalah asalkan daya charger tersebut sama dengan daya charger bawaan ponsel kamu. Yang jadi masalah merupakan kekayaan charger bajakan dayanya tak sesuai (dapat lebih kecil dapat lebih besar). Ini akan menciptakan proses charging lebih lama dan tentunya lama-kelamaan dapat merusak komponen baterai.

4. Jangan Digunakan Saat Charging

Sebenarnya ini taklah mutlak. Menggunakan ponsel saat charging diperbolehkan asal tak berlebihan. Berlebihan disini dapat diartikan dengan bermain game HD atau aktifitas lain yang membutuhkan kinerja tinggi. Hal tersebut akan memicu panas berlebih pada baterai, selain itu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi penuh daya baterai.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments