3 hal yang bisa di lakukan jika gagal Install Driver smartphone Android di PC Windows

Anonymous March 04, 2019

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa kekayaan smartphone itu punya driver masing-masing yang berguna untuk menerjemahkan atau identifikasi hardware agar dapat terbaca dengan baik di PC (Khusus Windows), tenamun pada kenyataannya menginstallkan driver-driver tersebut ke PC biasanya tak selalu mulus jalannya, dan hampir semua kasus yang ada itu sebab masalah perijinan dari PC itu sendiri (Administrator).

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah saja, sobat semua hanya perlu melakukan sedikit trik agar driver yang sobat semua butuhkan dapat terinstall dengan baik di PC Windows sobat semua, tenamun ada sedikit kondisi dimana sedikit trik di bawah ini tak dapat berkerja dengan semestinya, sebab suatu hal sebagai berikut :

1. Windows sobat semua error (dapat jadi akibat virus atau gara-gara anti virus itu sendiri)
2. Driver utama di Windows error atau tak kompleks
3. Driver yang ingin sobat semua install-kan rusak (Curropt)

Ke-empat hal di atas merupakan masalah utama, apabila nantinya saat sobat semua memasangkan Driver tersebut ke PC sobat semua, tenamun tetap saja gagal, untuk itu sobat semua harus memperbaiki OS Windows atau media pendukungnya dahulu, kalau dapat segera Install ulang Windows, atau disable Anti virus, lalu apabila sobat semua merasa PC Windows sobat semua baik-baik saja, maka silahkan install driver yang sobat semua butuhkan dengan mengikuti sedikit cara di bawah ini :


3 hal yang dapat di lakukan apabila gagal Install Driver smartphone Android di PC Windows




1. Safe Mode

Trik pertama ini sangat ampuh untuk mengatasi hal serupa, sebab dengan masuk ke mode Safe Windows, semua proteksi yang datang dari panel Administrator semuanya terbuka, sebab seperti yang sobat semua ketahui melakukan Installasi Driver itu langsung akan di letakan ke Drive (biasanya C:) di mana tempat tersebut merupakan tempat file OS Windows sobat semua berada, jadi awajar saja Local Drive ini akan di proteksi oleh Administrator.

Tenamun, dengan sobat semua boot (masuk) ke Safe Mode, maka proteksi dari fitur Administrator akan di hilangkan dan sobat semua dapat dengan bebas menginstallkan driver atau aplikasi apapun, berikut merupakan caranya :

1. Silahkan masuk dahulu ke fitur "Run", lalu ketikan "msconfig" dan tekan "enter".


2. Selanjutnya, masuk kedalam tab/opsi "Boot".


3. Pada bagian "Boot Options", langsung saja aktifkan/tandai opsi "Safe Boot" dan tandai lagi opsi di bawahnya, seperti ini :


Jika sudah tekan "Ok"
4. Selanjutnya tekan "Restart".


5. Secara otomatis Windows sobat semua akan booting ke mode Safe Mode.

Ciri-ciri sudah masuk dalam Safe Mode Windows merupakan tampilan windows sobat semua akan menjadi sedikit jelek dan ada watermark "tanda" tulisan Safe Mode di bagian sudut layar PC Windows sobat semua.


Pada kondisi ini sobat semua sudah dapat langsung menginstallkan Driver Android mana yang sobat semua butuhkan, apabila sudah selesai, selanjutnya sobat semua hanya perlu kembali ke Normal Mode Windows saja lagi, dengan cara :

1. Masuk ke fitur "Run", lalu ketikan "msconfig" dan tekan "enter".
2. Masuk kedalam tab/opsi "Boot".
3. Pada bagian "Boot Options", hilangkan tanda/centang yang telah sobat semua aktifkan sebelumnya pada "Safe Boot", Jika sudah tekan "Ok".
4. Selanjutnya tekan "Restart".
5. Maka Windows sobat semua akan kembali normal lagi.

2. Disable Driver Siganture Enforcment (Temporary)

Cara selanjutnya merupakan sobat semua dapat melakukan Disable Verify Driver Insatallation pada Driver yang akan sobat semua butuhkan, sebab pada faktanya dapat jadi Driver yang ingin sobat semua Installkan tersebut belum ter-verify dengan baik (unsign) jadi ketika di Install-kan ke Windows PC sobat semua, maka proses Instalasinya akan gagal.

Maka dari itu sobat semua perlu melakukan Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu ke PC Windows sobat semua, untuk cara ini hanya dapat sekali pakai dalam artian, apabila sudah di gunakan dan sobat semua melakukan shut down atau restart pada PC Windows sobat semua, maka settingan akan kembali seperti semula lagi, dan cara ini support dari Windows 7/8/8.1/10, untuk lebih terangnya sobat semua dapat melihat tutorialnya di artikel Cara Disable Driver Siganture Enforcment Sementara (Temporary).

3. Disable Driver Siganture Enforcment (Permanent) via Test Mode



Mempunyai fungsi yang sama seperti cara nomor 2, cara terakhir ini juga akan memenonaktifkan Verify Installation di PC Windows sobat semua, hanya saja disini akan bersifat permanent, dalam artian sobat semua perlu mengembalikannya lagi ke Normal Mode setelah sobat semua melakukan Boot (masuk) ke Test Mode Windows tersebut.

Perlu sobat semua ketahui, cara ini juga kaya manfaatnya selain untuk dapat menginstallkan kaya Driver yang berstatus "unsign" cara ini juga dapat sobat semua manfaatkan untuk melakukan kaya hal yang sebelumnya di halangi oleh Firewall Windows atau proteksi lainnya, tenamun tak sehebat fitur Safe Mode, tenamun juga sangat dapat di andalkan apabila sobat semua ingin mengisntallkan Driver ke PC Windows sobat semua.

Caranya sobat semua hanya perlu memasukan perintah khusus ke jendela Command Prompt (CMD), berikut merupakan tutorialnya Disable Driver Siganture Enforcment dengan metode Test Mode Windows.

Dengan demikian, di pastikan Driver yang sobat semua butuhkan saat ini sudah dapat sobat semua pasang di PC Windows sobat semua, apabila masih gagal, berarti masalah utamanya merupakan seperti yang sudah di sebutkan di atas, semoga bermanfaat dan berhasil.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments