3 Penyebab Utama Blogger Mulai Malas Menulis di Blog Miliknya dan Cara Mengatasinya

March 27, 2019
Semua blogger pasti mengetahui bahwa aktivitas utama mereka yaitu menulis, hal itulah yang membedakan orang yang disebut blogger dan orang yang hanya menciptakan blog sekedar iseng. Blogger merupakan orang yang aktif menulis pada blog miliknya. Apakah orang yang mempunyai blog harus disebut blogger ? belum tentu, tergantung sejauh mana rutin update postingan pada blognya.

Sebagaimana contoh admin ketika masih kuliah semester satu juga telah menciptakan sebuah blog. Waktu itu hanya sekedar iseng, sebab merasa senang apabila terdapat sebuah blog. Hanya sebatas menciptakan dan memposting 1-3 tugas kuliah, setelah blog tak terurus dan bahkan email dan password admin lupa. Apakah admin ketika itu layak disebut blogger ? admin rasa tak hehe.

Jadi, ketika sudah layak disebut seorang blogger maka jangan sampai sebutan itu hilang hanya sebab blog anda sudah tak diupdate berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Tantang seorang blogger sebenarnya berada pada jenuh untuk menulis hal ini disebabkan kesibukan lain (offline) atau mulai kehadapatn ide untuk menulis.

Lihat juga : Blogger Blog Gado-Gado Banyak Inspirasi Untuk Menulis

Penyebab seorang blogger yang mulai malas menulis yaitu : 

1. Banyak kesibukan offline

Kekayaan kasus yang terjadi saat blogger mulai malas menciptakan postingan di blognya yaitu padatnya kesbibukan offline. Wajar saja ketika seorang blogger sibuk offline, cukup lagi mengurus sesuatu yang penting.

Untuk mengatasi hal itu, sebenarnya berada pada manajemen waktu kita. Ketika sibuknya siang hari sampai sora misalnya pasti malamya capek dan semakin malas untuk menulis di blog. Gunakan waktu subuh untuk menulis, apalagi bagi yang beraga Islam, dapat gunakan waktu sebelum atau sehabis Shalat Subuh untuk menulis.

Pada saat itu keadaan rumah dan lingkungan sekitar yang jangan khawatir lebih memudahkan kita untuk berkonsentrasi dalam menulis. Besoknya kita sibuk offline namun update blog telah kita lakukan, dapat saja bukan hanya satu postingan namun lebih.

2. Sibuk membuka media sosial

Sebenarnya penyebab yang satu ini lebih pada pengalaman pribadi admin haha. Kebiasan admin yaitu, setiap kali online pasti membuka situs media sosial. Pada saat sudah membuka dashboard blog dan ingin menulis tiba-tiba ada pemberitauan pada komentar postingan admin atau teman. Mulailah saling membalas komentar, pesan sampai kemudian video call. Akirnya waktu menulis pun terlupakan dan tiba-tiba mulai sibuk dengan kesibukan lain dan tak konsentrasi menulis.

Cara mengatasinya pasti mudah saja, hanya butuh kebiasaan untuk menjadi rutin. Jangan pernah membuka media sosial ketika akan menulis, baik di menulis melalui HP atau Laptop. Saya sendiri sudah mulai membiasakan hal ini, jadi admin akan membuka media sosial ketika sudah menciptakan satu atau dua postingan blog.

3 Kehadapatn Ide Menulis

Selain rutin menulis, seorang blogger juga harus mampu menghadirkan ide-ide baru dalam menciptakan postingan di blog. Apalagi blog yang fokus pada satu topik, sangat dibutuhkan inspirasi pengembangan topik terkait yang ditulis. Pada blog yang membahas kaya tema atau gado-gado, tak terlalu sulit sebenarnya untuk mencari ide menulis sebab membahas kaya sekali topik. Sama seperti blog admin ini yang membahas kaya tema.

Untuk mendapatkan ide-ide menulis ketika seorang blogger mulai jenuh untuk menulis dapat dilihat pada postingan admin berjudul Tips Mendapatkan Ide Untuk Menulis di Blog

Itulah tiga penyebab utama menurut admin yang menciptakan blogger mulai malas menulis dan rutin menciptakan postingan blog miliknya. Mungkin anda sebagai seorang blogger terdapat tambahan atau pendapat lain, silahkan berbagi pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments