Cara Membuat Puisi: 4 Langkah Membuat Puisi

March 22, 2019
Cara Membuat Puisi: 4 Langkah Membuat Puisi -- Untuk menciptakan puisi yang baik dan benar itu tak sesulit yang Anda bayangkan. Jadi Anda tak perlu khawatir bagaimana cara menciptakan puisi yang pas. Karena pada hari ini kali ini admin akan menjabarkan seputar cara menciptakan puisi dengan mudah. Hanya melalui 4 langkah saja maka Anda dapat menciptakan puisi yang indah dan menarik.
Untuk menciptakan puisi yang baik dan benar itu tak sesulit yang Anda bayangkan Cara Membuat Puisi: 4 Langkah Membuat Puisi
Sama halnya dengan pantun, puisi juga merupakan sebuah karya sastra yang bersajak dan berirama. Namun bedanya, puisi jauh lebih terdapat kaya isi apabila dibandingkan dengan pantun. Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Pantun dan Gurindam.

Nah tak usah panjang lebar lagi, apabila Anda ingin belajar seputar cara menciptakan puisi berikut merupakan ulasan dari admin yang dapat Anda gunakan.

Langkah-Langkah Membuat Puisi yang Baik dan Menarik

Berikut merupakan step demi step menciptakan puisi dengan baik dan benar merupakan sebagai berikut ini. Silahkan Anda baca ulasan dari admin berikut ini.

Tentukan Tema Puisi

Ibarat sebuah niat, tema merupakan batang tubuh dari puisi tersebut. Oleh sebab itu tentukan tema puisi yang Anda minati. Pilih tema yang sudah cocok dengan isi hati dan harapan Anda. Jadi pilihlah tema puisi yang kaya memiliki kandungan informasi dan Anda selalu membicarakannya. Misalnya saja, cukup Anda datang dari kalangan remaja jadi tema puisi Anda dapat mengambil tema puisi cinta. Nanti ambil sub-tema puisi tentang kebahagiaan.


Pemilihan Diksi yang Tepat

Diksi atau pilihan kata dalam menciptakan puisi juga harus tepat. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam memilih bahasa puisi Anda yang tepat. Teruslah berlatih dalam memilih pilihan kata yang sesuai agar Anda bahkan pembaca dari puisi Anda mudah dalam memahaminya. Jangan sampai Anda selaku penulis puisi mengalami kebingungan saat membaca puisi Anda sendiri.

Bangun Suasana Puisi yang Menarik

Berikutnya agar dalam proses menciptakan puisi dapat berjalan dengan lancar maka Anda harus membangun suasana puisi yang menarik. Pasalnya, apabila Anda berhasil dalam menciptakan puisi terdapat suasana yang menarik itu poin plus untuk Anda. Anda dapat memakai sinonim, majas, dan teknik deskripsi agar suasana puisi Anda kian berwarna.

Sentuh Perasaan Pembaca

Jika Anda mampu menciptakan puisi yang dapat menyentuh perasaan pembaca maka Anda tergolong orang yang mahir dalam menciptakan puisi. Jadi buatlah seolah-olah pembaca mengerti apa yang Anda tulis dalam puisi Anda. Buatlah tulisan Anda menjadi hidup dan dapat menyentuh perasaan.

Demikianlah penterangan seputar cara menciptakan puisi. Inilah 4 Langkah menciptakan puisi yang menarik. Semoga Anda berhasil dalam menciptakan puisi sesuai dengan keinginan Anda. Baca juga: Makna Eksplisit dan Implisit dalam Bahasa.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments