Mengapa Lampu Peringatan Baterai Nyala di Mobil ?

March 11, 2019
Jika lampu peringatan baterai (cahaya dalam bentuk simbol baterai) di dasbor menyala saat Anda mengemudi, itu berarti sistem pengisian daya tak berfungsi, tenamun kesalahannya cukup terletak pada sesuatu selain baterai.

Penyebab lampu baterai dapat berupa kabel baterai longgar atau berkarat atau komponen penghubung kawat lainnya dari sistem pengisian, atau cukup ada masalah dengan alternator atau pengatur tegangan. Alternator menghasilkan daya yang disimpan dalam baterai. Jika alternator gagal, atau sabuk aksesori yang menggerakkan alternator longgar atau rusak, maka Anda akan berakhir dengan baterai mati sebab alternator yang buruk tak mengisi ulang baterai.

Baterai mobil itu sendiri cukup menjadi penyebabnya apabila terminal kabel berkarat, kabel yang buruk, sel-sel atau pelat-pelat yang rusak di dalam atau apabila elektrolit bocor. Artikel ini terutama mengacu pada kendaraan konvensional dengan baterai 12 volt konvensional; lebih kaya kendaraan listrik dan sistem listrik tegangan tinggi akan bervariasi.

Lampu peringatan sistem pengisian daya harus ditampilkan selama sedikit detik saat Anda menyalakan mobil, tenamun apabila lampu baterai menunjukkan saat Anda mengendarai kendaraan, cahaya itu menandakan masalah. Di antara tanda-tanda lain bahwa alternator atau bagian lain dari sistem pengisian tak berfungsi merupakan lampu redup atau jam yang kehilangan waktu.

Jika lampu baterai dashboard mobil menyala, Anda cukup dapat membawanya pulang atau ke fasilitas servis untuk diperbaiki. Mobil akan terus berjalan selama ada aliran yang tersisa di baterai, tenamun apabila sistem pengisian tak berfungsi atau Anda terdapat alternator yang buruk, mesin mobil Anda akan berhenti berjalan setelah baterai dikeringkan. Jika Anda memenonaktifkan mesin, Anda tak akan dapat menyalakannya kembali apabila baterai tak terdapat cukup daya yang tersisa untuk menyalakan motor starter mesin.

Jika lampu baterai menyala dan Anda masih mengendarai mobil, menonaktifkan sekaya cukup aksesori listrik, seperti stereo, AC atau pemanas, dan hindari menggunakan kontrol listrik seperti power window.

Mengurangi jumlah listrik yang dikonsumsi mobil akan meningkatkan jarak yang dapat Anda kendarai sebelum baterai dilepas. Kembalilah ke mekanik secepat cukup, dan miliki baterai, kabel, dan sistem pengisian daya untuk memeriksa penyebab masalah Anda dan apa yang perlu Anda perbaiki atau mengganti.

Lihat juga : Cara Mengetahui Jalan Macet Menggunakan Google Maps di HP Android

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments