Hati-Hati! Uang Anda Dapat Dicuri Lewat Google Calendar

June 24, 2019
Ilustrasi Google Calendar. Foto: GoogleIlustrasi Google Calendar. Foto: Google

Jakarta - Berbagai cara jahat dilakukan para scammer untuk mengambil laba dari para pengguna internet. Salah satu yang terbaru ialah memakai aplikasi Google Calendar.

Dilansir detikINET dari Phone Arena, Minggu (23/6/2019) scammer akan secara otomatis menambahkan seruan ke jadwal pengguna Google Calendar, meskipun pengguna belum menawarkan respon terhadap seruan tersebut. Nantinya, seruan itu pun akan menawarkan notifikasi pengingat kepada pengguna.



Scammer memakai fitur ini untuk mendapat informasi perbankan pengguna, baik dari nomor kartu kredit, rekening bank ataupun data langsung penting lainnya yang sanggup dipakai untuk menyedot uang dari rekening bank atau broker.

Pada jadwal tersebut dituliskan pengguna telah memenangkan hadiah dan harus melaporkan nomor ID untuk sanggup membawa pulang hadiah. Agenda tersebut juga diberikan tautan yang berisikan formulir untuk mengirimkan informasi langsung pengguna.

Para scmamer juga sanggup menciptakan pemberitahuan ini muncul beberapa kali sampai tombol diklik oleh pengguna. Dan, alasannya ialah pemberitahuan ini berasal dari aplikasi buatan Google, maka banyak pengguna yang akan terkecoh keasliannya.




Agar tak menjadi korban, berikut ada cara biar informasi perbankan kau terlindungi. Pertama buka Google.com/calendar dari browser di desktop. Lalu klik di sisi kanan layar atas ada ikon roda gigi lalu pilih pengaturan.

Kemudian pilih pengaturan Event. Di bawah opsi "Secara otomatis menambahkan undangan," ubah pengaturan menjadi "Tidak, hanya perlihatkan seruan yang telah saya balas." Lalu, gulirkan sedikit ke bawah bab dan centang "tampilkan program yang ditolak," hal ini akan mencegah seruan palsu muncul meskipun kau telah menolaknya.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments