7 Alternatif Cara Menghemat Kuota Internet

July 14, 2019



- "Hemat Pangkal Kaya"


 Hmm… sebuah pepatah lama yang mengingatkan kita untuk sejenak bernostalgia ke masa masih sekolah dasar. Menghemat, bukan berarti kere. Tetapi, menghemat adalah suatu kewajiban menurut admin pribadi jika di masa depan nanti kita ingin hidup lebih baik.


Disini admin tidak akan membahas atau melebar ke cara menghemat keuangan, tetapi disini admin akan memberikan sedikit tips mengenai cara menghemat kuota internet yang sangat berkaitan erat dengan keuangan.


Ok, seperti yang kita ketahui, di Indonesia khususnya yah. Sebuah kuota internet memang masih tergolong cukup mahal. Berbeda dengan di negara-negara maju. Tapi walaupun harga paket data di banderol dengan cukup mahal, paling penting nih admin do’akan agar sobat sekalian makin banyak rezeki! Amin....

Selengkapnya…..



Cara Menghemat Data Seluler


Kemungkinan besar, sobat internetan tidak hanya sekedar browsing, nah postingan ini akan di sesuaikan dengan beberapa cara. Seperti contoh, sobat sangat gemar streaming youtube. Maka disini admin akan bahas mengenai cara menghemat kuota youtube. Atau misalnya, sobat ingin khusus untuk meningkatkan pengalaman terbaik menggunakan sim card Telkomsel, admin akan berbagi cara seperti Cara menghemat kuota Telkomsel dan lain sebagainya. Langsung saja ke topik utama.



1. Gunakan Satu Browser

Kita sering lupa nih, bahwa sistem operasi android, biasanya di buat pabrik satu paket dengan Google Chrome sebagai aplikasi default untuk browsing.


Namun biasanya, pihak lain seperti manufaktur itu sendiri juga akan membenamkan aplikasi browsing lainnya.


Contohnya akan terinstal seperti UC Browser atau peramban lainnya. Akibatnya, memory internal akan ikut terkuras dan hanya memperbanyak bloatware. Selain dari itu, paling penting akibat dari menggunakan lebih dari satu browser akan membobol / menguras lebih banyak data seluler. Seperti notifikasi berita yang timbul dari beberapa aplikasi serupa.




2. Aktifkan Data Saving

Cara menghemat kuota internet di bagian ke-dua adalah mengaktifkan data saving pada setelan peramban web.


Apapun browser yang sobat gunakan, baik itu Chrome ataupun UC Browser, pastikan hanya menginstal salah satu diantaranya. Tujuannya adalah untuk mengurangi notifikasi yang akan timbul dari browser tersebut.


Nah setelah itu, silahkan aktifkan data saving pada pengaturan browser yang sobat gunakan. Lihat panduan berupa screenshot mengaktifkan data saving pada browser chrome.



 sebuah pepatah lama yang mengingatkan kita untuk sejenak bernostalgia ke masa masih sekol 7 Alternatif Cara Menghemat Kuota Internet
Source privat Doc


Silahkan klik ikon opsi seperti pada gambar, dan disana akan ada pilihan seting kemudian pilih opsi privasi. Maka tampilannya akan seperti screenshot dibawah.


 sebuah pepatah lama yang mengingatkan kita untuk sejenak bernostalgia ke masa masih sekol 7 Alternatif Cara Menghemat Kuota Internet
Source privat document


Selanjutnya centang bagian Help Improve Safe Browsing. Secara otomatis data saving akan aktif.


Tujuan mengaktfikan safe browsing sendiri adalah untuk mengompres data dan tentunya akan berdampak pada penghematan.




3. Optimasi Developer Mode

Selain dari ke-3 tutorial diatas, untuk cara menghemat kuota adalah melakukan sedikit optimasi di fitur Developer Mode.


Dalam fitur Developer Mode, kita dapat melakukan sedikit optimasi untuk beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Silahkan masuk menu.


Setting
About Phone
Build Number


Setelah sampai ke fitur Build Number, langkah selanjutnya adalah meng-klik beberapa kali fitur Build Number tersebut hingga keluar notifikasi You are a Developer. Anda adalah seorang pengembang.


Setelah itu, langkah selanjutnya adalah membuka fitur Developer Mode dan silahkan scroll kebawah cari fitur Hancurkan setiap kegiatan.


 sebuah pepatah lama yang mengingatkan kita untuk sejenak bernostalgia ke masa masih sekol 7 Alternatif Cara Menghemat Kuota Internet
Document pribadi



Atau tepatnya seperti pada gambar diatas, silahkan centang Don’t Keep Activities. Selesai.




4. Gunakan Aplikasi Hemat Kuota

Memperhemat kuota internet itu pastinya berbagai macam cara yang bisa sobat manfaatkan. Nah, agar tidak ribet, sobat juga bisa memanfaatkan Aplikasi hemat kuota.

Silahkan install dan jalankan aplikasinya disini My Data Manager

Fungsi aplikasi ini adalah untuk menganalisis data pemakaian internet secara lengkap sehingga pengguna dapat memeriksa mana aplikasi yang paling menguras kuota.





5. Aktifkan Paket Malam Untuk Telkomsel

Ini khusus untuk pengguna Telkomsel 4G, disini admin akan mengenalkan kalian paket-paket murah provider Telkomsel.

Untuk menghemat, pastikan aktifkan kuota atau paket Combo.

Apa itu paket Combo?

Jadi, paket Combo adalah kuota yang dibagi-bagi. Ada kuota reguler, kuota, sosmed, dan kuota khusus untuk hiburan disebut kuota VideoMAX.



Yang unik, untuk urusan harga paket yang di tawarkan Telkomsel sendiri itu sangat tergantung dari identitas kartu SIMcard, seperti wilayah, umur kartu, serta masih banyak lagi faktor lainnya. Untuk selengkapnya soal paket murah, silahkan cek sendiri di *363#



Cara menghemat kuota Telkomsel lainnya adalah mengaktifkan paket malam di *363# kemudian pilih fitur paket internet dan silahkan cari kuota malam.




Cara Menghemat Kuota YouTube


Menurut admin pribadi, YouTube merupakan penghisap kuota yang paling rakus dibanding akses internet lainnya. Mau tidak mau maka sebagai pengguna YouTube, sobat harus mencari alternatif untuk menghemat paket data.


6. Download Video YouTube

Solusi tepat untuk cara menghemat kuota internet saat ingin membuka konten YouTube adalah mendownload video tersebut.


Dengan video YouTube yang di download, maka itu berarti sobat tidak mengakses video YouTube secara streaming, melainkan secara real video offline.


Jika sobat menonton video youtube secara streaming, dengan durasi yang hanya 5 menit saja, maka kuota yang dibutuhkan untuk membuka video tersebut adalah sekitar 80Mb. Itu jika di seting secara auto. Belum lagi jika sobat menetapkan resolusi HD, maka bisa lebih besar lagi.


Dengan mendownload video berdurasi sekitar 5 menit, maka file video di youtube hanya berukuran sekitar 50mb. Maka itu berarti telah menghemat sekitar 40℅ kuota. Nah, untuk cara mendownload video youtube, sobat bisa masuk  Link Ini



7. Gunakan YouTube Go

Jika sobat tidak mau ribet dan keukeuh lebih suka menonton youtube secara streaming, maka solusi tepat untuk menghemat kuota internet adalah menginstal aplikasi YouTube Go.


Perlu diketahui, YouTube Go di rilis khusus untuk menghemat kuota, di kembangkan developer dengan ringan, dan memiliki fitur yang bisa di manfaatkan untuk menghemat kuota. Salah satunya adalah fitur pemilihan resolusi ukuran video yang akan di play.


Mulai dari 240, 3GP, MP4, atau HQ High Quality, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa sobat sesuaikan dengan YouTube Go. Silahkan install aplikasi melalui PlayStore.


Note

Itu dia 7 alternatif cara menghemat kuota internet yang bisa sobat jajal, semoga bermanfaat, jangan lupa nih, klik tombol share dibawah ini buat sobat android lainnya.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments