Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

September 13, 2019

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif - Dalam menulis sebuah karangan, baik karangan bebas ataupun karya ilmiah, salah satu tehnik penulisan menurut tata bahasa indonesia yang baik dan benar merupakan memahami dan menggunakan paragraf deduktif atau paragraf induktif. perbedaan paragraf deduktif dengan paragraf induktif merupakan hanya pada penempatan inti kalimat atau kalimat utamanya saja. paragraf deduktif merupakan pokok kalimat terletak pada awal paragraf dan dilanjutkan dengan bebrapa kalimat penterang dari kalimat utama tersebut. lagikan paragraf induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif yaitu pokok kalimat terletak pada akhir paragraf, lagikan kalimat kalimat penterang terletak pada awal.

Pada pengertian yang lain bahwa paragraf deduktif merupakan paragraf yang memililiki pola susunan kalimat dari umum ke khusus, lagikan paragraf induktif merupakan susunan sedikit kalimat dengan pola khusus ke umum. untuk lebih terangnya admin kan berikan contoh paragraf baik paragraf deduktif inginpun paragraf induktif, sesampai kemudian anda dapat memahami dan dapat menulis paragraf, baik paragraf deduktif inginpun induktif.

Artikel terkait baca juga contoh dan cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif
paragraf deduktif dan induktif
Beberapa Khasiat air untuk kesehatan di antaranya merupakan selain sebagai penghilang rasa haus dan dahaga air juga dapat berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh, sebab setaknya tubuh manusia terdiri atas 60% air apabila kurang dari itu maka kecukupan besar akan terjadi dehidrasi, lagikan bagi penderita obesitas ternyata air juga dapat membantu menurunkan berat badan sebab dengan kaya minum air terutama air hangat akan menjadikan tubuh kita mengeluarkan keringat sebagai bukti terjadinya pembakaran lemak dan perut akan merasa kenyang, sebab itu minumlah air setaknya 8 gelas setiap hari.


Contoh Paragraf Induktif


Selain sebagai penghilang rasa dahaga, air juga berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh, sebab setaknya tubuh manusia terdiri atas 60% air apabila kurang dari itu maka kecukupan besar akan terjadi dehidrasi, lagikan bagi penderita obesitas ternyata air juga dapat membantu menurunkan berat badan sebab dengan kaya minum air terutama air hangat akan menjadikan tubuh kita mengeluarkan keringat sebagai bukti terjadinya pembakaran lemak dan perut akan merasa kenyang, sebab itu minumlah air setaknya 8 gelas setiap hari. itulah sedikit manfaat air untuk kesehatan

Sebagaimana telah admin terangkan bawah paragraf deduktif merupakan inti kalimat terletak pada awal kalimat, lagikan paragraf induktif merupakan sebaliknya. Coba anda perhatikan contoh paragraf deduktif diatas, pada awal kalimat yang admin beri tanda kuning merupakan pokok kalimat yang kemudian ikuti dengan kalimat penterang, lagikan pada contoh paragraf induktif inti kalimat terletak pada akhir kalimat. 

dari contoh paragraf tersebut diatas, admin yakin anda dapat memahami perbedaan dan bagaimana cara menulis paragraf deuktif inginpun paragraf induktif. 

Baca juga : Contoh Proposal dan jenis-jenisnya

Itulah contoh paragraf deduktif dan paragraf induktif yang dapat admin terangkan, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. untuk contoh paragraf dalam bentuk lain tunggu artikel admin selanjutnya.
Sumber Contoh Surat Makalah

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments