Kelebihan Dan Kekurangan Windows Phone 8

September 13, 2019
PADA 20 Juni 2012 lalu, Microsoft mengenalkan sistem operasi mobile terbarunya, Windows Phone 8 (WP8). Sistem operasi ini mengusung sejumlah fitur gres dan perubahan yang menciptakannya disebut-sebut lebih baik dari pendahulunya, Windows Phone 7.


Hal inilah yang membuat Microsoft sangat yakin, Windows Phone 8 sanggup meraih sukses di pasar mobile. Yang menarik, Windows Phone 8 hadir bersamaan dengan kemunculan OS Windows 8 yang akan menyasar segmen komputer. Simak sedikit fitur gres dan kelebihan Windows Phone 8 berikut.

Menggunakan kernel Windows NT

Windows Phone 8 merupakan sistem operasi mobile dari Microsoft yang pertama kali memakai kernel Windows NT, kernel yang juga dipakai oleh OS Windows 8. Sebelumnya Microsoft memakai kernel Windows CE di Windows Phone 7. Berkat penerapan kernel ini, Windows Phone 8 mengalami kaya peningkatan dari sisi kinerja dan kemampuan.Windows Phone 8 sekarang telah mendukung penerapan multi-core CPU hingga kemudian 64 core, selain itu perangkat WP8 juga sanggup dipasangkan dengan layar beresolusi tinggi, menyerupai 1280 x 720 pixel, dan 1280 x 768 pixel. Sebelumnya, di Windows Phone 7 hanya mendukung resolusi layar 800 x 400 pixel. WP8 juga telah mendukung penambahan kartu memori MicroSD untuk mengatakan ruang memori tambahan.

Penerapan Metro UI atau Modern UI

Windows Phone 8 memakai user interface Metro atau sekarang disebut Modern UI. User interface ini menunjukkan tampilan antar muka yang intuitif dan informatif dengan menampilkan live tile. Livetile sendiri merupakan widget aplikasi yang menampilkan update acara terbaru, sesampai kemudian pengguna tak perlu membuka aplikasinya untuk sekedar melihat update terbaru. Selain itu dengan ikon-ikon berukuran besar, UI Windows Phone 8 lebih gampang dipakai dengan sentuhan jari

Mendukung multitasking

Berbeda dengan Windows Phone 7 yang menerapkan card-based multitasking, dimana sistem operasi hanya menyimpan data terakhir yang dijalankan oleh aplikasi dikala aplikasi lain berjalan, Windows Phone 8 menyuguhkan true background multitasking. Artinya, dikala Anda membuka dan menjalankan aplikasi lain, aplikasi sebelumnya tetap aktif berjalan di background. Sistem multitasking ini serupa dengan yang kita jumpai di OS komputer. Hadirnya multitasking ini tak lepas berkat hadirnya sumbangan multi-core processor di WP8.

Mendukung fitur NFC dan Wallet

Tak kalah dari para pesaingnya, WP8 juga terdapat sumbangan fitur NFC (near field communication). Fitur NFC akan dipakai pada fitur Tap and Send yang berkhasiat untuk melaksanakan transfer data antar perangkat Windows Phone 8 dan Windows 8. Selain itu NFC juga dipakai untuk keperluan fitur Wallet yang nantinya berfungsi sebagai alat transaksi, menyerupai layanan mobile money inginpun kartu kredit digital.

Nokia Maps dan Nokia Drive di Windows Phone 8

Windows Phone 8 memakai Nokia Maps sebagai aplikasi peta resminya. Ya, Microsoft mengmengganti Bing Maps, yang sebelumnya diterapkan di WP7. Kerjasama yang sudah terjalin selama ini, antara Nokia dengan Microsoft, mecukupkan Nokia Maps hadir di WP8. Nokia Maps sanggup diakses memakai koneksi internet dan terdapat fungsi offline (pengguna mesti mengunduh terlebih dahulu tempat yang dituju, sesudah itu sanggup dipakai tanpa koneksi internet).


Disamping Nokia Maps yang berbasis data peta Navteq ini, WP8juga terdapat aplikasi Nokia Drive, aplikasi navigasi yang menunjukkan fungsi turn-by-turn direction.


Selain dengan Nokia, Microsoft juga telah menjalin dengan sedikit vendor elektronik lain untuk menerapkan Windows Phone 8. Beberapa diantaranya merupakan Samsung, HTC, dan Huawei. Samsung dan HTC bahkan sudah memasarkan produk Windows Phone 8 di Indonesia, Samsung dengan ATIV Smart PC-nya, sementara HTC merilis HTC Windows
Sumber https://www.oktrik.com/

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments