Hal Hal Penting Dan Fundamental Dalam Merancang Sebuah Jaringan Koneksi Wan

September 23, 2019
Perancangan yang matang Dan Manajemen yang cendekia dalam mengatur Koneksi WAN Atau kerap disingkat Wide area network amatlah penting diperhatikan apabila komunikasi data yang anda lakukan sangat kritis. Untuk itu, rencanakan dengan teliti koneksi WAN apa yang akan anda gunakan sebelum terlanjur berinvestasi.

Wide area network, Jalur Panjang Data Anda

Jaringan fisik untuk komunikasi WAN di Indonesia masih terbilang mahal. Maksudnya mahal, harga yang dibayarkan untuk mendapatkannya taklah murah menyerupai halnya Negara-negara lain. Selain itu, maksud dari mahal juga alasannya yaitu untuk mendapatkannya taklah gampang meskipun anda bisa membayarnya. Masih kaya area-area yang tak ter-cover oleh jaringan data merupakan penyebab dari mahalnya harga ketersediaan jaringan ini. (Baca : Cara Praktis Melihat Password Wifi Menggunakan Ponsel Android )

Maka itu, sangatlah bijaksana apabila anda berlaku teliti dalam menentukan teknologi WAN yang ingin digunakan. Telitilah apa saja kelebihan dan kekurangan, problem-problem yang cukup timbul, perangkat apa saja yang sanggup menghantarkan jaringan WAN anda dengan baik, apa yang akan anda dapatkan apabila memakai jaringan WAN jenis tertentu, bagaimana sistem perhitungan pembayarannya, dan kaya lagi aspek penting yang harus jelas untuk anda.

Semua harus jelas untuk anda sebelum mengambil keputusan, alasannya yaitu selain harganya cukup mahal, pada kekayaan servis komunikasi WAN diterapkan sistem kontrak, di mana anda diharuskan untuk berlangganan dalam jangka waktu tertentu. Analoginya merupakan jangan hingga anda membeli kendaraan beroda empat sport yang berkecepatan tinggi padahal anda hanya butuh berjalan di gang sempit. Demikian juga dalam menentukan jaringan WAN.

Bagaimana Memilih Jaringan WAN Untuk Kebutuhan Anda ?

Untuk menentukan jaringan WAN apa yang cocok dengan anda, sebaiknya evaluasilah semua kebutuhan yang ada dalam komunikasi data anda ini. Untuk lebih memudahkannya, area atau lokasi komunikasi data terbagi atas tiga pecahan besar, yaitu :

Central Site (Kantor Pusat)

Central Site atau sentra dari semua kegiatan jaringan komunikasi data anda, seharusnya merupakan kawasan bertemunya semua jenis koneksi WAN yang dipakai oleh pengguna lain. Di sinilah semua jenis koneksi WAN milik perbisnisan anda bertemu dan dihubungkan satu dengan yang lainnya. Selain itu, kantor sentra juga kerap dijadikan sebagai gateway untuk menuju Internet.

Melihat fungsi ini, lokasi yang termasuk dalam Central Site ini tak perlu terdapat kaya koneksi WAN, hanya jenis WAN yang menuju Internet atau hanya menunggu jenis WAN apa yang dibutuhkan oleh masing-masing kantor cabang yang ingin menghubunginya. Untuk jenis WAN yang menuju ke arah Internet, sebaiknya pilihlah media komunikasi WAN yang benar-benar reliable dan berkualitas. Media jenis Leased Line sangat cocok untuk keperluan ini.

Branch Office (Kantor Cabang)

Kantor cabang merupakan titik yang paling tak membutuhkan satu jenis media komunikasi WAN untuk sanggup menghubungi kantor pusatnya. Untuk itu, pemilihan media WAN di sinilah yang terpenting. Terdapat cukup kaya pilihan media WAN yang cocok untuk ini, menyerupai Frame Relay, X.25, ISDN, DSL, Wireless dan Cable Modem.

Untuk kantor cabang yang tak terlalu jauh dari kantor pusatnya, media WAN Wireless merupakan yang paling cocok. Karena media ini cukup fleksibel dan gampang diimplementasikan. Selain itu, biaya murah dan ekonomis.

Untuk kantor cabangnya yang tak harus selalu terkoneksi 24 jam dengan kantor pusatnya, ISDN merupakan pilihan yang bijaksana alasannya yaitu dial saja kapan anda membutuhkan koneksinya. Harganya pun tak terlalu mahal dan tak akan menyia-siakan uang anda untuk koneksi yang tak terpakai.

Untuk kantor cabang yang harus terkoneksi terus menerus, Frame Relay, X.25, DSL dan Cable Modem merupakan solusi yang sempurna alasannya yaitu biaya yang anda bayarkan untuk koneksi 24 jam non stop akan lebih hemat memakai media-media ini. Kecepatan dan reliabilitasnya pun lebih tinggi dibandingkan media Wireless dan ISDN.
Perancangan yang matang Dan Manajemen yang cendekia dalam mengatur Hal Hal Penting Dan Mendasar Dalam Merancang Sebuah Jaringan Koneksi WAN


Perangkat Apa Saja Yang Cocok Digunakan Untuk Meladeni Koneksi WAN ?
Perangkat juga merupakan salah satu faktor yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan teknologi WAN yang ingin digunakan. Selain jaringan komunikasi yang mahal, perangkat yang sanggup menghantarkannya ke hadapan anda  juga tak murah. Maka dari itu, harus di cermati pula pemilihannya. Untuk lebih memudahkan pemilihan perangkat, berikut ini merupakan perangkat-perangkat yang harus disediakan dilihat dari segi penempatannya :

Central Site (Kantor Pusat)

Karena kiprah pada lokasi ini cukup berat, maka perangkat router yang harus ada untuk titik ini merupakan perangkat yang terdapat kaya sekali jenis interface. Tujuannya biar dengan sebuah perangkat router saja, semua koneksi dari pengguna sanggup dilayani dengan baik. Mengelolanya pun tentu tak sulit. Untuk itu, sebuah perangkat router harus terdapat jenis interface :
  • Interface ISDN PRI/BRI untuk melayani pengguna SOHO ataupun kantor cabang kecil.
  • Interface Asynchhronous serial dan modem untuk melayani panggilan dari pengguna rumahan yang memakai koneksi Asynchronous (dial up melalui line telepon biasa).
  • Interface Serial untuk melayani koneksi Frame Relay dari kantor cabang.
  • Interface Serial untuk melayani koneksi leased line menuju ke arah ISP.
  • Interface Ethernet yang mempunyai kegunaan untuk menghubungkan semua itu dengan jaringan Wireless LAN yang ada di dalam Central site tersebut. Selain itu, interface Ethernet juga sanggup berfungsi melayani koneksi Wireless, ADSL, inginpun Cable.

Untuk memenuhi semua kebutuhan ini, perangkat router yang paling cocok merupakan perangkat router berjenis modular. Maksudnya, semua interface yang ingin dipakai dibentuk dengan sistem per modul, tak seluruhnya menyatu dengan tubuh router. Tujuannya merupakan biar sanggup dicopot pasang sesampai kemudian apa yang dibutuhkan dan apa yang tak sanggup dimodifikasi lebih lanjut. Apa yang kurang sanggup anda tambahkan, apa yang kelebihan sanggup anda kurangi. Menggunakan router jenis modular sangat menguntungkan pada Central Site ini.

Branch Office (Kantor Cabang)

Kantor cabang biasanya terdapat karakteristik tak terlalu kaya membangun koneksi dengan pihak yang lain, kecuali koneksi menuju ke kantor pusat. Karena karakteristiknya yang demikian, maka perangkat router yang dipakai untuk keperluan ini taklah harus secanggih dan sekompleks apa yang ada di kantor pusat. Untuk keperluan ini, router yang berjenis modular atau tetap yang sanggup digunakan. Interface-interface yang  diharapkan dalam melayani koneksi WAN pada kantor cabang ini merupakan :
  1. Interface Serial untuk melayani koneksi Frame Relay atau leased line. Biasanya koneksi ini merupakan koneksi utama pada kantor cabang. Sebaiknya sediakan lebih dari satu interface jenis ini untuk berjaga-jaga apabila rusak.
  2. Interface BRI untuk melayani koneksi ISDN BRI. Koneksi ISDN BRI biasanya dipakai di kantor cabang sebagai link back up apabila link utamanya lagi bermasalah. Interface ini tak perlu terlalu kaya, mengingat fungsinya yang hanya sebagai back up saja.

Untuk melayani keperluan ini, router yang cocok dipakai merupakan router yang cocok dipakai merupakan router modular atau ber-interface tetap. Router berjenis modular diharapkan apabila nantinya kantor cabang ini akan berfungsi juga sebagai jembatan penghubung antara kantor-kantor cabang yang lebih kecil lagi dengan kantor pusat.

Telecommuter Site (Kantor/Pekerja Bergerak)

Pekerja yang kerap melaksanakan mobilisasi atau yang kerap menuntaskan pekerjaannya bukan di kantor yang seharusnya kerap disebut dengan istilah pekerja telecommuter. Untuk tetap berafiliasi dengan kantor pusat, maka para pekerja jenis ini juga harus disediakan koneksi Internet. Meskipun spesifikasinya tak perlu terlalu tinggi. Untuk  itu, media WAN yang paling cocok untuk pekerja ini merupakan media yang umum dan gampang ditemukan di mana-mana, serta fleksibel dalam hal penggunaannya. Untuk itu, media menyerupai ISDN atau asynchronous dial up (dial up yang umum digunakan) sangatlah cocok untuk keperluan ini. Perangkat-perangkat yang diharapkan merupakan sebagai berikut :

  1. PC yang dikompleksi dengan modem dial up atau interface serial RS-232 untuk menghubungkan modem eksternal.
  2. Interface BRI untuk ISDN BRI.
  3. Interface Ethernet untuk berafiliasi dengan LAN.

Untuk melayani kebutuhan menyerupai ini, perangkat router yang cocok merupakan yang terdapat interface tetap yang sudah sanggup melaksanakan semuanya untuk para pekerja ini. Perangkat router yang terdapat interface BRI dan juga asynchronous serial sangat tetap untuk dimiliki. Namun apabila anda ingin lebih leluasa bermengganti-mengganti media, cari saja router yang juga terdapat interface ADSL, alasannya yaitu memang lagi ngtren di kalangan pengguna rumahan.

Jangan Salah Pilih

Media komunikasi data memang bukan faktor utama dalam berjalannya bisnis anda. Namun apabila dipilih secara bijaksana dan tepat, tentu satu problem di dalam jalannya bisnis anda sudah hilang. Jangan hingga anda menentukan media yang memusingkan kepala saat ingin di gunakan bandwidth tak cukup atau saat anda membutuhkannya hanya dalam jangka waktu singkat-singkat saja harga yang dibayar sudah untuk 24 jam pemakaian. Tentu akan sia-sia, bukan ? Maka itu, telitilah dengan cermat jangan sesal kemudian.
Sumber https://www.oktrik.com/

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments