Pengertian Karbon Aktif (Lengkap)

September 06, 2019
          
             Karbon aktif merupakan suatu materi yang berupa karbon amorf yang sebagian besar terdiri dari karbon bebas serta memiliki kemampuan daya serap (adsorbsi) yang baik. Karbon aktif dipakai sebagai materi pemucat (penghilang zat warna), penyerapgas, penyerap logam, dan sebagainya. Daribahan tersebut yang paling kerap dipergunakan sebagai materi adsorben merupakan activate carbon (Rahayu, 2004).
Pemilihan materi baku dari karbon aktif ditentukan menurut besarnya kandungan karbon pada materi tersebut. Luas permukaan arang aktif berkisar antara 300-3500 m2/gram dan hal ini berafiliasi dengan struktur pori internal yang menjadikan arang aktif bersifat sebagai adsorben. Arang aktif sanggup mengadsorpsi gas dan senyawa-senyawa kimia tertentu (adsorpsinya bersifat selektif), bergantung pada besar atau volume pori-pori, dan luas permukaan.Daya serap arang aktif sangat besar, adalah 25-1000% terhadap berat arang aktif.

Pembuatan karbon aktif berlangsung tiga tahap adalah proses dehidrasi, proses karbonisasi dan proses aktivasi (Aisah, 2010) : 1) proses dehidrasi; 2) proses aktivasi; 3) proses karbonisasi. Kualitas karbon aktif tergantung dari jenis materi baku, teknologi pengolahan, cara pengerjaan dan ketepatan penggunaannya. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments