Inilah Dampak Positif dan Negatif Smartphone Android Bagi Pengguna

November 08, 2019
dampak positif dan negatif smartphone android Inilah Dampak Positif dan Negatif Smartphone Android Bagi Pengguna
Dampak Posistif dan Negatif Smartphone Android Bagi Pengguna - Android adalah salah satu OS paling populer saat ini. Kebanyakan android diinstal pada gadget seperti smartphone, smartwatch, atau tablet. Bukan tanpa alasan, yang menjadikan sistem operasi besutan Google ini populer adalah fitur yang ditawarkanya.

Mungkin banyak dari anda yang sudah tau dampak positif dan negatif apa yang yang akan ditimbulkan oleh smartphone Android. Ya, android dinilai mampu memenuhi kebutuhan penggunanya, baik untuk pekerjaan, sosialisasi dan interaksi, hingga sebagai hiburan untuk melepas penat. Hingga saat ini, jumlah pengguna android masih diatas IOS sebagai salah satu saingan terbesarnya.

Keberadaan android menimbulkan dua permasalahan besar. Di satu sisi, cukup membantu dan bermanfaat untuk kehidupan manusia, segala informasi dan kebutuhan bisa kita dapatkan dengan mudah dengan adanya andriod dalam kehidupan kita. Tetapi, disisi lain android tetap membawa dampak negatif yang cukup berpengaruh pada manusia.

Apa saja itu? Berikut pembahasanya.

Dampak Positif Android

Mempermudah Komunikasi

Fungsi dasar dari handphone alias telepon genggam memang untuk mempermudah komunikasi, dimana saja dan kapan saja. Baik itu melalui pesan teks atau sering kita sebut SMS, atau melalui sambungan telepon. Namun, fungsi handphone menjadi lebih baik ketika diberi embel-embel "smartphone". Ya, handphone dengan sistem operasi berbasis android sering disebut dengan smartphone (telepon pintar).

Tidak hanya bisa digunakan untuk SMS dan Telepon, anda juga bisa melakukan chatting yang hampir sama seperti SMS tetapi menawarkan fitur yang lebih. Atau anda juga bisa melakukan panggilan video secara real time. Semua ini didukung dengan tersedianya aplikasi komunikasi seperti Whatsapp, Facebook, Telegram dan aplikasi lainya.

Media Informasi yang Sangat Bermanfaat

Dengan adanya Smartphone dan jaringan internet yang tersedia, kita bisa mengakses berbagai informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kita dengan begitu mudahnya. Berbagai informasi bertebaran dan tak terhitung jumlahnya bisa kita akses secara bebas di internet atau browser kesayangan yang ada di HP Android kalian. 

Hal ini tentu sangat membantu dan memudahkan kita sebagai pengguna Androin, bukan? 

Tapi tetap saja untuk informasi yang ada diinternet tidak selamanya dan tidak semuanya bersifat positif, pasti ada saja oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menyediakan informasi-informasi yang menyesatkan, bersifat negatif, dan tidak mendidik. Harap diperhatikan dengan baik, yah.

Maka dari itu jika ingin mencari informasi atau membaca berbagai konten positif untuk menambah wawasan atau untuk mengisi waktu luang, Anda bisa mencari informasinya pada situs-situs web atau media blog terpercaya. seperti situs web yang sedang Anda baca saat ini, Informasi yang kami sediakan di sini merupakan informasi berkualitas dan bermuatan positif.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tips-tips menarik, informasi-informasi untuk menambah wawasan keilmuan, mendapatkan berbagai pengetahuan, saya merekomendasikan situs web Enterha.com untuk Anda baca, karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan darinya. 

Sarana Hiburan Yang Menyenangkan


Selain fungsi dasarnya sebagai alat komunikasi, android juga menawarkan fitur hiburan yang memanjakan penggunanya. Seperti yang kita ketahui, android memiliki Google Play Store, dimana terdapat ribuan aplikasi/game/film/buku yang bisa dinikmati baik secara gratis ataupun berbayar. Selain itu, anda juga bisa menikmati konten film/video di aplikasi YouTube, Netflix, atau aplikasi lain. Untuk pecinta musik, anda bisa mendengarkan lagu favorit di aplikasi Spotify, Joox, atau Soundcloud.

Selain sebagai sarana hiburan, terdapat juga aplikasi untuk memudahkan pekerjaan/aktivitas kita sehari-hari. Seperti WPS Office untuk membuat dokumen, Google Map untuk mengetahui peta dan lalu lintas, dan lain sebagainya.

Masih banyak fungsi lain dari android yang tentu bermanfaat untuk kehidupan kita. Namun, seperti yang saya tulis diatas bahwa selain dampak positif, ada juga dampak negatif yang harus kita waspadai.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Semangat dan Mood Menulis

Dampak Negatif Android


Timbulnya Sikap Apatis

Pernahkah anda melihat sekelompok anak muda yang sedang berkumpul, namun mereka sibuk dengan gadget masing-masing? Nah, hal tersebut dinamakan dengan sikap apatis. FYI, apatis dapat diartikan sebagai sikap cuek dan tidak peduli terhadap apa yang terjadi disekitarnya. Tentu hal ini kurang baik karena dapat mengurangi interaksi sosial antar manusia.

Saat seseorang tengah asyik dengan gadgetnya, seperti sedang membuka media sosial, menonton video, atau bermain game, mereka cenderung tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Menimbulkan Kecanduan


Jika anda berpikir bahwa yang membuat seseorang kecanduan hanyalah rokok dan narkoba, hal itu tidaklah tepat. Ternyata, smartphone juga bisa membuat orang kecanduan. Bahkan di luar negeri seperti Amerika Serikat dan Tiongkok sudah menanggapi hal ini dengan serius. Salah satunya dengan mendirikan pusat rehabilitasi untuk mereka yang kecanduan smartphone.

Kecanduan smartphone bisa membuat seseorang lupa waktu, hingga lupa mengerjakan hal penting seperti beribadah, belajar, makan. Dan mereka cenderung malas untuk beraktivitas diluar rumah.

Berdampak Buruk Untuk Kesehatan


Android juga berdampak buruk untuk kesehatan manusia. Yang paling utama adalah merusak kesehatan mata. Layar dari android memancarkan sinar biru yang sangat tidak baik untuk mata. Selain itu, radiasi android juga dapat mengganggu kesehatan otak.

Nah, itulah informasi seputar dampak positif dan negatif dari android. Gunakanlah segala sesuatu dengan bijak dan tidak berlebihan.


Referensinya dari blog heripedia gan thankss

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments