4 Tips Untuk Amankan Akun Gmail

Anonymous December 27, 2018
 Google Mail atau yang lebih akrab dipanggil  4 Tips Untuk Amankan Akun Gmail

Google Mail atau yang lebih akrab dipanggil Gmail merupakan layanan email milik Google Inc. Banyak sih penyedia layanan email lain seperti Yahoo dan Outlook, namun nampaknya Gmail masih jadi primadona sebab beragam kelebihan yang disediakan.

Seberapa kerapkah kamu berkirim pesan dengan email? Jika iya, penting rasanya untuk mengenkripsi agar tak rawan diretas. Kali ini akan membagikan serangkaian tips mengamankan akun Gmail. Berikut tipsnya:

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Hal paling dasar yang dapat kamu lakukan merupakan mengaktifkan verifikasi dua langkah (two step verification). Dengan fitur ini, kamu nantinya membutuhkan password dan nomor telepon untuk masuk ke akun email kamu.

Cara kerjanya simpel, setelah kamu memasukan password kamu akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Masukan kode tersebut pada kolom yang disediakan dan barulah akun dapat diakses.

Metode ini cukup terkesan ribet. Tapi fitur ini sangat baik digunakan untuk mengamankan akun.

2. Gunakan Incognito Mode pada Browser

Tips ini digunakan bagi sobat semua yang kerap menggunakan komputer publik untuk mengakses akun. Namanya juga komputer publik, jadi yang pakai bukanlah kamu seorang. Untuk mencegah sesuatu yang tak diinginkan seperti lupa logout, kamu dapat gunakan mode privat atau Incognito Mode.

Dengan menggunakan Incognito Mode, segala password dan data yang kamu masukan tak akan disimpan browser. Jika kamu lupa tak logout akun di Incognito Mode, akun tersebut akan otomatis dikeluarkan saat browser ditutup.

3. Gunakan Password yang Aman

 Google Mail atau yang lebih akrab dipanggil  4 Tips Untuk Amankan Akun Gmail

Password dapat dibilang merupakan bagian terpenting untuk keamanan akun. Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti nama atau tanggal lahir. Untuk menciptakan password yang aman, gunakan kombinasi angka dan huruf serta karakter khusus agar susah dibobol. Lebih baik gunakan minimal 8-10 karakter agar lebih aman.

4. Ganti Password Secara Berkala

Seaman-amannya kata sandi yang kamu buat, akan lebih baik lagi apabila kamu rutin mengmenggantinya secara berkala. Tidak usah terlalu kerap, 6 bulan sekali juga sudah cukup. Ingat juga untuk tak menggunakan sandi yang sama pada setiap akun yang kamu miliki.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments