Cara Tepat Mengatasi Baterai Boros Android

Anonymous December 27, 2018
mengatasi konsumsi daya baterai yang boros di android Cara Tepat Mengatasi Baterai Boros Android

Baterai boros merupakan masalah utama yang biasa dikeluhkan para pengguna smartphone, khususnya android. Meski bermacam cara dilakukan, baterai boros nampaknya memang sudah menjadi harga mati bagi para pengguna smartphone android. Sebenarnya masalah ini dapat diakali dengan sedikit tips, hanya saja tak semua orang dapat memaksimalkannya untuk mendapatkan hasil optimal.

Penggunaan Battery Saver

Ada sedikit atau cukup kaya orang yang merekomendasikan menggunakan aplikasi battery saver untuk upaya menghemat penggunaan baterai pada gadget mereka. Apakah ini efektif? Menurut admin pribadi TIDAK, dengan cara ini kamu hanya akan menambah beban pada smartphone yang kamu gunakan.

Fungsi utama battery saver merupakan membunuh aplikasi yang berjalan di latar belakang. Perlu kamu ketahui, aplikasi yang kamu bunuh baru saja seketika akan dijalankan ulang oleh sistem (silahkan cek untuk memastikan). Jadi dapat dibilang bisnis yang kamu lakukan hanyalah sia-sia saja dan malah dapat dibilang 'membebani' sebab menciptakan smartphone bekerja 2 kali.

Berikut sedikit tips yang dapat dilakukan untuk meminimalisir masalah baterai boros android:

1. Hapus Aplikasi yang Fungsinya Sama

Seumpama di ponselmu terdapat 2 buah browser yaitu Google Chrome dan UC Browser. Karena fungsinya sama, lebih baik hapus salah satunya. Sama seperti aplikasi IM misal BBM, Line, WhatsApp, WeChat dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut fungsinya hampir sama saja, jadi lebih baik gunakan aplikasi yang dirasa penting saja.

2. Minimalisir Widget dan Animasi

Walaupun menciptakan tampilan lebih cantik, penggunaan widget berlebih akan menghabiskan kaya daya baterai. Daripada widget, lebih baik gunakan shortcut aplikasi dan letakkan di homscreen.

3. Kurangi Kecerahan layar

Layar yang terlalu terang selain merusak mata akan menciptakan daya baterai lebih cepat habis. Sesuaikan kecerahan dengan kebutuhan, bisniskan jangan terlalu terang.

4. Instal Greenify

Greenify merupakan aplikasi yang mecukupkan kamu meng-hibernate atau menidurkan aplikasi android agar tak berjalan di background. Aplikasi yang sudah kamu hibernate baru saja tak akan dijalankan lagi sebelum kamu membuka lagi aplikasi baru saja. Namun, sedikit fitur hanya dapat dijalankan pada perangkat yang sudah di root. Greenify tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar (Rp.12.000).

5. Powerbank (Opsional)

Cara diatas memang terbukti dapat menghemat baterai android, namun terkadang kamu tetap membutuhkan suplai daya tambahan pada saat tertentu seperti saat di luar ruangan yang tak mecukupkan untuk melakukan charging. Bawalah powerbank apabila memang dibutuhkan, terutama bagi kamu yang memang kerap bepergian.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments