Secara umum ada kaya sekali istilah-istilah dasar dalam Google adsense, mengetahui sebagian diantara istilah-istilah tersebut mutlak menjadi kewajiban bagi para blogger terlebih lagi bagi blogger yang baru saja diterima sebagai pubsliher Adsense ini, sebab dengan mengetahui istilah-istilah dasar tersebut maka anda akan tahu bagaimana sistem pembayaran dari program periklanan milik Google ini, nah apabila anda ingin tahu apa saja istilah-istilah dasar tersebut maka tak ada salahnya apabila anda menyimak penterangan admin di bawah ini.
Istilah-Istilah Dasar dalam Google AdSense Yang Wajib anda Ketahui
1. Clicks
Istilah dasar google adsense yang pertama ialah click, dalam menjalankan program periklanan berbasis PPC ini tentu clikcs iklan dari pengunjung merupakan suatu harapan bagi semua publisher sebab dengan clicks dari pengunjung ini maka otomatis anda akan mendapatkan penghasilan, adapun istilah clicks berarti jumlah klik pada Ad Units milik publisher yang di cliks oleh pengunjung. lagikan untuk melihat total klik yang anda dapatkan, anda dapat melihatnya di dashboard adsense.
Baca Juga: Iniloh 5 Cara Agar Sukses Menjalankan Adsense
2. Page Impressions
Istilah dasar google adsense yang kedua merupakan page impression, istilah ini mengacu pada berapa kali halaman iklan yang terdapat di sebuah website yang dilihat oleh pengunjung, biasanya. Nilai page impression ini tak terpengaruh oleh kuantitas dan kualitas Ad Units yang ada di dalam halaman website tersebut.
3. CTR (Clickthrough Rate)
Di dalam Google adsense juga ada istilah lain yang perlu anda ketahui seperti CTR atau yang lebih dikenal dengan istilah Clickthrough Rate, menurut istilahnya CTR merupakan perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Adapun rumus CTR merupakan total klik x 100 page views.
5. CPC (Cost Per Click)
Harga klik iklan atau CPC juga merupakan istilah dasar google adsense yang wajib anda ketahui, menurut istilahnya CPC atau harga klik iklan merupakan harga dari iklan yang terdapat dalam sebuah blog ataupun website, Nilai CPC masing-masing Ad Units umumnya sangat berbeda dan ditentukan oleh kaya faktor seperti tema (niche) blog dan juga persaingan kampanye iklan di masing-masing advertiser (pengiklan)
6. eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) merupakan sebuah Istilah yang mengacu pada hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman iklan (per 1.000) yang ia dapatkan dari berapa kaya jumlah pengunjung yang melihat halaman tersebut. Misalnya, publisher yang menghasilkan USD 100 dari 20.000 impressi akan terdapat nilai CPM sebesar USD 2.5 (USD 100 dibagi 40).
7. Publisher
istilah publisher mengacu pada orang atau pemilik website yang telah diterima oleh Google adsense secara sah, adapun publsiher inilah subjek yang berfungsi untuk menampilkan ad unit pada blog atau website mereka dan meraih penghasilan dari blog tersebut.
8. Advertiser
Istilah dasar google adsense yang terakhir ialah advertiser, advertiser atau pengiklan ialah orang yang memasang iklan lewat kerja sama dari google adsense, dimana apabila ia diterima sebagai pengiklan yang sah maka iklan mereka akan ditampilkan oleh Pihak Publihser