Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

Anonymous March 06, 2019
 keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

Siapa bilang hanya PC Windows saja yang punya fitur Safe Mode? faktanya di smartphone Android sendiri fitur seperti itu juga ada dan itu sangat mudah untuk di akses, secara garis besarnya untuk pembahasan secara umumnya sudah admin buat dalam artikel Cara Aktifkan Dan Mengatasi Masalah Mode Aman Atau Safe Mode Pada Smartphone Android, tenamun untuk kali ini pembahasannya akan khusus kepada jajaran smartphone Xiaomi saja.

Perlu sobat semua ketahui fitur ini ada di setiap smartphone Android tak terkecuali untuk smartphone Xiaomi juga, fitur ini memang di tujukan untuk pengguna yang sudah Advance dalam artian tak di peruntukan untuk pengguna pemula yang baru menggunakan smartphone Android, sebab mode ini akan sedikit membingungkan sobat semua dari segi fungsionalitas dan interface-nya.

Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

 keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

Lalu, pada pembahasan lanjutannya admin akan menterangkan secara runtu terkait fungsi penting dari Safe Mode Xiaomi tersebut dan bagimana cara mengakses dan keluar dari mode Safe Mode tersebut, sesampai kemudian dengan demikian sobat semua dapat tahu mengapa device sobat semua dapat tiba-tiba masuk ke Safe Mode tanpa di sengaja, dan sobat semua juga dapat dengan mudah keluar dari Safe Mode tersebut dengan sangat cepat.

Fungsi Safe Mode Xiaomi

Sama seperti Safe Mode di smartphone Android yang lain, fungsi Safe Mode di Xiaomi juga terdapat fungsi dan tampilan yang sama, indikasinya merupakan aplikasi yang telah sobat semua install (dapat juga berupa bloatware) itu tak akan muncul, juga terkait settingan yang telah sobat semua buat juga akan kembali ke settingan standar atau default, dan disinilah letak kehebatannya.

Kenapa hebat? sebab sobat semua dapat dengan mudah menghapus/merubah semua aplikasi dan memfilter settingan yang tak perlu, biasanya hal ini lebih di tujukan kepada penggunaan Mod yang berlebihan, selain itu pada Safe Mode di Xiaomi, apabila device sobat semua di susupi malware berupa pop up ads (iklan) maka malware tersebut tak akan berkerja, dan disinilah point utamanya, sobat semua dapat menghapus file/aplikasi penyebab munculnya malware tersebut, hebat bukan?.

Indikasi Fitur Safe Mode yang telah aktif

Setelah sobat semua mengaktifkan fitur Safe Mode tersebut, cara mengetahuinya sangat mudah sekali, sebab apabila sobat semua masuk dalam fitur Safe Mode, maka pada bagian kanan bawah akan muncul tulisan "Mode Aman" atau "Safe Mode" hal ini juga di iringi dengan hilangnya aplikasi yang telah sobat semua install sebelumnya.

Cara Masuk Safe  Mode di Xiaomi

1. Tekan sedikit detik menu Power Off
Ini merupakan cara klasik yang dapat di terapkan bukan hanya di smartphone Xiaomi saja, tenamun di seluruh smartphone Android, caranya sangat mudah, sobat semua hanya perlu menekan tombol power (dalam keadaan hidup yang biasa sobat semua gunakan untuk memenonaktifkan smartphone Xiaomi sobat semua) sampai kemudian akan muncul opsi Power Off, pada tahap ini sobat semua mesti menekan opsi tersebut sedikit detik sampai kemudian muncul Pop Up yang mengatakan "apakah anda ingin masuk ke mode aman" tekan "ok" maka sewaktu device sobat semua restart maka device Xiaomi sobat semua akan di bawa ke Mode Safe mode.

2. Menekan tombol Volume Down (-)
Cara kedua ini dapat sobat semua terapkan juga untuk masuk Safe Mode di smartphone Xiaomi sobat semua, caranya merupakan sobat semua mesti melakukan restart terlebih dahulu pada smartphone Xiaomi sobat semua, selanjutnya ketika "Logo" MI telah muncul, segera tekan dan tahan tombol volume down (-) sampai kemudian booting selesai, maka secara langsung device Xiaomi agan akan masuk ke Safe Mode.

3. Mengetuk-ngetuk Fingerprint Scanner
Cara ini juga dapat membawa sobat semua masuk kedalam Mode Aman, ialah sama dengan cara nomor 2, saat device sobat semua restart dan muncul Logo MI, berbeda dengan point nomor 2 yang menganjurkan sobat semua menekan tombol Volume Down (-), pada tahap ini sobat semua mesti menyentuh atau mengetuk-ngetuk Fingerprint Scanner sobat semua secara continue sampai kemudian selesai booting, maka device Xiaomi sobat semua juga akan masuk ke Safe Mode dengan indikasi yang sudah di sebutkan di atas.

Cara Keluar Dari Safe Mode Xiaomi

Jika cara masuk ke Mode Aman Xiaomi itu mudah, maka cara keluarnya juga sama mudahnya, yaitu sobat semua hanya perlu melakukan restart/reboot device Xiaomi sobat semua, maka setelah booting selesai maka device sobat semua akan kembali normal kembali, beres!

Jika device sobat semua masih saja masuk ke dalam Safe Mode meski sudah di restart berkali kali, maka ada sesuatu yang salah, dan itu dapat datang dari rusak hardware atau error system, seperti :
1. Tombol Volume down (-) atau Fingerprint Scanner aktif terus atau tertekan secara terus menerus (error) sesampai kemudian hal ini akan menciptakan device Xiaomi sobat semua selalu masuk ke Safe Mode secara terus menerus.
2. Firmware Crash, dapat jadi ada terdapat Error di Firmware MIUI yang lagi sobat semua pakai, sesampai kemudian device sobat semua tida dapat booting secara normal.

Solusinya? dapat dengan mengikuti sedikit cara di bawah ini :
1. Perbaiki secara manual seperti melakukan Flash Ulang (Fastboot)
2. Kalau sudah urusan hardware sobat semua mesti membawanya ke service center atau tukan reparasi smartphone, meski demikian sobat semua harus mengeluarkan sejumlah biaya.

Saya pikir penterangan terkait Safe Mode di Xiaomi sudah sangat terang dan sangat mudah untuk sobat semua pahami sebagai bahan pembelajaran atau melakukan diagnosa terhadap masalah terkurung di Safe Mode smartphone Xiaomi keadminngan sobat semua, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments