10 Tahun Silam, Samsung Rilis Ponsel Galaxy Pertama

June 30, 2019
Logo Samsung. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINETLogo Samsung. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Jakarta - Satu dekade silam, Samsung mulai menapaki jalannya untuk menjadi vendor ponsel terkuat sejagat. Ya, kala itu, mereka merilis ponsel Galaxy pertamanya dalam diri Galaxy GT-I7500, yang sebelumnya diperkenalkan pada April 2009.

Smartphone tersebut mengusung layar AMOLED berukuran 3,2 inch dengan resolusi 320 x 480. Walau ia sudah mendukung touchsreen, Samsung masih menyertakan navigasi fisik dan tombol-tombol untuk mengangkat maupun menutup telepon. Belum ada kamera selfie di Galaxy GT-I7500 ini.


Samsung Galaxy GT-I7500.Samsung Galaxy GT-I7500. Foto: Samsung

Pindah ke belakang, ada kamera 5MP lengkap dengan LED flash. Ponsel ini juga mempunyai jack audio 3.5mm. Mengusung microUSB untuk pengisian daya, ponsel ini mempunyai baterai dengan kapasitas 1.500mAh, sebagaimana detikINET kutip dari GSM Arena, Minggu (30/6/2019).

Ketika diluncurkan, Galaxy GT-I7500 menjalankan Android 1.5 Cupcake sebagai sistem operasinya. Di beberapa negara, Samsung menyediakan update ke Android 1.6 Donut untuk ponsel tersebut.

Tersedianya Android di dalamnya menciptakan perangkat tersebut juga sudah ditanami beberapa aplikasi bawaan dari Google menyerupai YouTube, Google Calendar, Google Talk, Google Search, dan Google Maps. Menariknya, disebutkan bahwa Spotify versi beta juga tersedia untuk ponsel ini melalui Android Marketplace, atau yang kini dikenal sebagai Google Play Store.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Galaxy GT-I7500 memakai chipset Qualcomm MSM7200A, lengkap dengan Adreno 130, yang dipadukan dengan RAM 128MB dan memori internal 8GB. Sebagai penunjang, ia menyediakan slot micrsoSD sehingga dapat menambah kapasitas penyimpanan sampai 16GB.


Tersedia dalam balutan warna hitam dan putih, Galaxy GT-I7500 dibanderol sekitar 140 euro. Jika dikonversi pada dikala itu, maka harganya berada di kisaran Rp 1,9 juta.

Walau tak menuai kesuksesan, Galaxy GT-I7500 tetap menjadi tonggak Samsung dalam menguasai pasar smartphone secara global. Pasalnya, sekitar dua tahun sehabis peluncuran ponsel tersebut, nama mereka mulai bersinar jelas sehabis menghadirkan Galaxy S II ke pasaran, yang diikuti kesuksesan para penerus sampai Galaxy S10 sebagai seri terbarunya.

Simak Video "Samsung Rilis Galaxy S10 versi 5G, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments