Kelebihan dan Kekurangan OS Apple vs Microsoft

June 27, 2019


Mana Lebih Baik Mac OS Apple Inc. vs Microsoft


 Siapa yang nggak kenal dengan Kedua raksasa OS dalam sebuah Komputer Desktop Kelebihan dan Kekurangan OS Apple vs  Microsoft


Siapa yang nggak kenal dengan Kedua raksasa OS dalam sebuah Komputer Desktop/Laptop? Siapa lagi kalo bukan Microsoft dan Macintos/Mac OS Apple Inc.
Kedua OS ( Sistem Operasi ) selengkpanya Tentang Sistem Operasi tersebut mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita, khususnya untuk yang sangat popular di belahan dunia.
Dibandingkan dengan pesaing lainnya seperti Linux dan Chrome OS. Mac OS dan menang jauh dari segi penggunanya.
( User )
Langsung saja. Untuk kali ini, admin akan coba membahas beberapa fakta kelebihan dan kekurangan antara...
 Mac  vs . Semuanya dikemas sesuai pengalaman sendiri, para pengguna lain, dan di forum-forum internet. Akan sangat menarik tentang perbandingan dasar diantara 2 raksasa Sistem Operasi tersebut.

Kita mulai dari

Daftar Isi: 

Microsoft
Kelebihan
1. Relatif Murah
2. Fleksibilitas Hardware
3. Fitur Office Lebih Lengkap
4. 90℅ Support Game
5. User Friendly ( Mudah Digunakan ) 
6. Aplikasi Melimpah
Kekurangan
1. Rentan Serangan Virus
2. Kurang Cocok Untuk Design
3. Terlalu Cepat Update
4. Tingkat Keamanan Lemah
5. Boros Penggunaan RAM
Macintosh Mac
Kelebihan Mac
1. Sangat Cocok Untuk Design
2. Tingkat Keamanan Sangat Baik
3. Tampilan Elegan
4. Penggunaan Basic UNIX
5. Memiliki Program Sherlock
Kekurangan Mac
1.Harga Terlalu Mahal
2. Sulitnya Hardware
3. Hanya Untuk Kalangan Atas
4. Tidak Cocok Server Game
5. Minimnya Aplikasi
Kesimpulan



Microsoft





- menurut Wikipedia, berevolusi dari MS-DOS yang merupakan Sistem Operasi berbasis Modus Teks dan Command-Line. Tepat pada tahun 1985 mulai meluncurkan seri pertamanya yaitu 1.0.
Dimulai dari versi 4.0 dan NT 3.1, Microsoft kemudian berkembang seperti yang kita kenal sekarang, menjadi sistem operasi mandiri, dan tidak lagi bergantung pada MS-DOS.
hampir menguasi pangsa pasar yang mencapai sekitar 70% pengguna di Dunia. Kemudian disusul produsen Apple Inc.  Mac OS.



Kelebihan



1. Relatif Lebih Murah



Dari segi harga, windows selalu menjadi jawaban para pengguna yang minimum Budget. Ini sudah jelas menjadi poin dan menjadi satu kelebihan dibanding rivalnya yaitu Mac OS. Contoh jika kita ingin meng-upgrade komponen/hardware seperti RAM dan lainnya. Kita akan dikenakan biaya sekitar $2.499 atau sekitar Rp 30 juta untuk Mac Pro,  Reader dan sistem Administrasinya.



2. Fleksibilitas Hardware



Ini nih yang menjadi pemikat hati konsumen, fleksibilitas hardware dalam sebuah PC itu sangat penting, dan windows mempunyai jawabannya dibanding Mac OS.
Memungkinkan untuk Merakit PC Sesuai Budget atau sesuai kebutuhan seperti gaming, office, dan desain sekalipun, semuanya bisa terjawab dengan . Mulai dari budget 2 juta, 5 juta, 10 juta, atau bahkan 30 juta, semuanya bisa disesuaikan. Dan memungkinkan penggunanya untuk meng-upgrade semuanya berkat Fleksibilitas hardware yang dimiliki . Hal yang sangat Istimewa dibanding Mac OS yang tidak menjual lisensi kepada para developer.



3. Fitur Microsoft Office Lebih Lengkap



Nggak salah jika di kantor-kantor, sekolahan, dan perusahaan sering kita jumpai menggunakan .
Kelebihan dibanding Mac OS di bagian Office kalah jauh.
lebih komplit dan powerfull untuk urusan dokumen. Pengguna Mac OS juga banyak yang menginstall aplikasi Office , meskipun aplikasi ini berbayar. Ini merupakan bukti bahwa sangat cocok untuk pengolahan Dokumen.



4. 90% Support Game



90 dari seratus orang setuju kalau paling powerfull untuk urusan Gaming. Hampir semua yang hobbi bermain game, mereka pasti menggunakan .
 Ini merupakan kelebihan jika di banding Mac OS dalam urusan Gaming.



5. User Friendly ( Mudah Digunakan )



Paling penting, dahulu semasa sekolah, kita semua pasti pernah belajar praktek PC menggunakan .
Kenapa tidak menggunakan Mac OS?
Jawabannya adalah karena sangat ( User Friendly ) alias mudah digunakan.
Contoh:
Mac OS, hanya untuk me-Refresh page saja menggunakan kode, tidak seperti windows yang hanya klik kanan klik kiri di Mouse. Sedangkan di Mac OS, kebiasaan tersebut tidak berlaku. Dan bagi pengguna awam Mac OS, tentu akan sedikit dipusingkan karena harus beradaptasi dahulu.



6. Aplikasi Melimpah Dibanding Mac Os



Di , kita tidak akan bingung memilih aplikasi yang tepat. Banyaknya aplikasi dasar seperti pemutar media dan lainnya seperti SuperUser. Semuanya hampir tersedia di , meskipun ada yang berbayar ataupun gratisan. Ini menjadi suatu kelebihan dan pemikat hati pengguna di berbagai kalangan.



Kekurangan



1. Rentan Serangan Virus
yang cukup mumpuni dan paling banyak digunakan, nyatanya ini menjadi satu kelemahan. Para penyakit Sistem Operasi alias virus sering kita jumpai di . Meski tingkat keamanan telah ditingkatkan, seperti Microsoft Security Esensial, tetap saja karena banyaknya pengguna, serangan virus juga ikut berkembang.



2. Kurang Cocok Untuk Design


Dibagian desain, nampaknya agak kurang powerfull. Disini Mac OS menang jauh dari segi performa untuk Desainer. 10 vs Mac OS performance. The Winners Mac OS.


3. Terlalu Cepat Update



Kejanggalan yang admin cap menjadi kelemahan lain di , adalah terlalu cepatnya update dibanding Mac OS. Khususnya untuk 10. Mungkin bagi orang yang banyak duit, bukan masalah serius.
Tetapi bagi admin yang sedikit kewalahan membeli paket jaringan,  tentu ini menjadi satu kekurangan karena terlalu singkatnya Update.


4. Tingkat Keamanan Kurang Baik



Seperti yang telah saya singgung diatas, 10 vs Mac OS security pemenangnya adalah Mac OS. Buktinya, bisa kita lihat dari beberapa Software bajakan. Di Mac Os, sangat jarang kita jumpai software bajakan, sedangkan di ?
Ini menandakan bahwa tingkat keamanan di masih rentan dan dapat di Hack para programer. Imbasnya jika salah install software, PC Komputer dipastikan akan bermasalah, sering hang, lemot, dan sebagainya.



5. Boros Penggunaan RAM



RAM ( Random Access Memory ) adalah bagian penting Hardware PC. Di untuk menginstal software terkini, Biasanya juga mengharuskan untuk meng-upgrade berserta RAM nya.



Macintosh Mac OS Apple Inc.



 Siapa yang nggak kenal dengan Kedua raksasa OS dalam sebuah Komputer Desktop Kelebihan dan Kekurangan OS Apple vs  Microsoft


Macintosh OS atau lebih dikenal Mac Os, adalah Sistem Operasi yang dikembangkan Apple Inc. Sistem Operasi pertama berbasis GUI ( Grapichal User Interface ) dengan tampilan yang di desain khusus sedemikian rupa. Nampaknya Mac OS ditunjukan untuk kalangan tertentu saja.


Kelebihan Mac OS



1. Sangat Cocok Untuk Desainer



Bagi para Desainer, Mac OS adalah jawaban yang tepat dibandingkan . Untuk pengguna yang kerjaannya bergelut dengan Corel Draw, Mac OS menyajikan performa yang wow, selaras dengan harga yang ditawarkan.


2. Tingkat Keamanan Sangat Baik



Sangat baik di bagian tingkat keamanan Virus. Mac OS sangat jarang terkena virus meski tingkat keamanan masih kalah dibanding windows. Namun faktanya, Mac OS membuktikan diri, dari sekian banyaknya pengguna Mac, mereka jarang bahkan hampir tidak ada yang mengeluhkan hal ini. Tentu saja ini menjadi kelebihan Mac OS.



3. Tampilan Elegan



Apple- Antimainstream?
Pastinya...
Mac OS memiliki gaya tampilan yang lebih menarik dibanding . Dengan gagah Mac berani tampil berbeda dari yang lain sesuai dengan harga dan para penggunanya yang sedikit mengarah pada orang-orang kelas menengah atas.



4. Pengunaan Basic UNIX

Mac OS menggunakan unsur-unsur berbasis UNIX didalamnya BSD.
Multitasking yang cepat sehingga menjadi kelebihan yang dimiliki Mac OS.



5. Memiliki Program Sherlock

Kelebihan lain di Mac OS adalah memiliki program Sherlock yang memungkinkan pengguna dengan mudah untuk mencari Data Harddisk, Jaringan LAN, dan Internet secara Keyword atau kata Kunci.


Kekurangan Mac OS


1. Harga Terlalu Mahal



Dengan harga yang selangit, tentu saja ini menjadi satu kelemahan Mac OS. Memang untuk produk besutan Apple ini selalu menyajikan produk berkualitas seperti Iphone contohnya. Tapi dengan bandrol sekian cukup tinggi, nampaknya para pengguna akan berpikir dia kali sebelum memutuskan membelinya.



2. Sulitnya Komponen Hardware



Jika suatu saat Mac OS bermasalah di bagian Hardware, jangan harap kita akan menemukan komponen asli dari Apple. Sulitnya hardware Apple, membuat para user atau pengguna sedikit kesulitan untuk memperbaikinya. Lagi-lagi dengan harga yang 2 kali lipat dibanding . Seperti yang saya singgung diatas untuk mengganti RAM saja, kita akan dikenakan biaya sebesar 30 juta untuk Mac Pro. Seperti itulah kira-kira.



3. Hanya Untuk Kalangan Tertentu

Max OS hanya cocok untuk kalangan tertentu sesuai kebutuhannya. Ini terbukti dari beberapa pengguna, mereka menggunakan Mac OS hanya untuk tujuan tertentu seperti Desainer. Sedangkan pengguna windows, sangat cocok untuk semua kalangan. Entah itu pelajar, pembisnis, atau lain-lain.



4. Tidak Cocok Aplikasi Server Game



Kelemahan lain di Mac OS adalah tidak cocoknya untuk server Game. Bagi pecinta game, tentu tidak akan pernah melirik Mac OS sebagai pilihannya. Sedangkan untuk masa kini, aktivitas bermain Game bukan hanya sekedar obat suntuk saja. Tetapi ada sebagian gamer yang menjadikannya sebagai bahan penghasilan tambahan.



5. Minimnya Aplikasi



Jika melirik kedua toko aplikasi antara Mac vs 2018, nampaknya adalah pemenangnya. Tercatat ada 70.000 aplikasi komplit di , sedangkan di Mac, hanya berkisar antara 4000-an saja.


Kesimpulan



Itulah beberapa perbedaan dasar antara Mac OS Apple vs Microsoft. Semuanya kembali lagi ke kita sebagai User, dimana kita harus pintar-pintar memilih sesuai kebutuhan. Semuanya baik atau Mac hampir sebelas duabelas. Memiliki ciri khas masing-masing, memiliki kelebihan dan kekurangan masing dan paling penting, agar semuanya lebih powerfull dalam menggunakan Desktop, mungkin dari kita sendiri sebagai pengguna yang harus Lebih Baik dan bijak dalam menentukan pilihan.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments