4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

July 11, 2019
cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal 4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

Bagi sebagian orang yang cukup "sial" ketika membeli sebuah smartphone baru dari Xiaomi cukup menemukan smartphone-nya yang telah di pasangi dengan ROM aba-abal atau kerennya di pasangi dengan ROM hasil modifikasi yang kerap di sebut sebagai ROM buatan distributor, hal ini tentu saja sangat merugikan pengguna dari smartphone Xiaomi tersebut, sebab mereka tak akan dapat secara penuh memanfaatkan potensi dari smartphone yang telah mereka beli tersebut.

Secara fisik, tampilan sampai kemudian fitur ROM MIUI abal-abal dan resmi itu tak mempunyai perbedaan mencolok, hanya saja dalam informasi device tersebut telah di modifikasi, sesampai kemudian sobat semua tak dapat untuk melakukan update berkala, sampai kemudian munculnya iklan yang sangat mengganggu yang pastinya akan menciptakan kouta internet sobat semua cepat habis dan tentu saja baterai sobat semua juga akan cepat habis.

Untuk itu sobat semua harus tahu dahulu apakah ROM MIUI sobat semua abal-abal atau tak, untuk melakukan cek tersebut sudah admin tulis kompleks DISINI, apabila ROM MIUI sobat semua abal-abal maka sobat semua dapat melakukan sedikit hal di bawah ini agar sobat semua dapat berpindah ke ROM resmi MIUI dan pastinya sobat semua akan terhindar dari bloatware, malware sampai kemudian secara berkala sobat semua dapat melakukan update versi OS sobat semua setiap saat.

# Update ROM via aplikasi Updater
Cara ini hanya berlaku apabila sobat semua mendapat versi MIUI abal-abal pada level terendah, dan itu hanya di tanamkan bloatware atau malware saja, untuk informasi resmi dari device sobat semua tak di ubah sama sekali oleh pihak distributor, untuk itu sobat semua dapat menerapkan cara ini :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal 4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Silahkan download dahulu ROM resmi dari MIUI DISINI
2. Jika sudah copy ke internal memory Xiaomi sobat semua, apabila mendownload langsung dari smartphone Xiaomi, langsung saja pada tahap ke-3.
3. Buka aplikasi Updater, lalu tekan menu pilihan (Three dots) pilih "Choose Update Package", arahkan ketempat lokasi sobat semua menyimpan file ROM MIUI yang telah sobat semua download sebelumnya.
4. Segera Install ROM MIUI resmi tersebut, apabila berhasil maka di pastikan saat ini sobat semua sudah menggunakan ROM resmi MIUI, dan apabila gagal berarti ROM abal-abal yang sobat semua miliki saat ini berada di level ganas (informasi device sudah di modifikasi habis-hadapatn oleh para distributor nakal)
5. Jika berhasil tunggu device-nya reboot kurang lebih 15 menit, apabila gagal lanjut step berikutnya.

# Update via Mi Recovery
Cara ini hampir sama seperti cara nomor diatas, tenamun perbedaannya disini sobat semua langsung menggunakan tools Mi Recovery, hanya saja smartphone Xiaomi-nya harus dalam keadaan Unlock Bootloader dahulu, apabila tak maka menu recovery ini tak akan tampil, apabila sudah Unlock Bootloader, silahkan ikuti cara ini :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal 4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Silahkan download dahulu ROM resmi dari MIUI DISINI , lalu pindahkan ke Memory Internal sobat semua.
2. Silahkan masuk ke mode Mi Recovery dahulu dengan menekan tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat device sobat semua dalam keadaan mati total (Power Off)
3. Jika sudah masuk pilih menu Wipe, di anjurkan melakukan backup data penting dahulu, sebab dengan sobat semua melakukan Wipe maka semua data di Internal memory sobat semua akan hilang, cara ini di lakukan untuk mengembalikan informasi device ke asal atau pabrikan sesampai kemudian nantinya dapat untuk di pasangkan ROM MIUI resmi, itulah bedanya dari cara pertama, sebab disini caranya lebih flexible.
4. Pilih ROM MIUI yang sudah sobat semua download, dan install
5. Jika berhasil langsung saja reboot, namun apabila gagal lanjut step selanjutnya.

# Update Via ADB Sideload
Cara ini juga memerlukan akses Mi Recovery, dengan demikian device sobat semua harus dalam kondisi Unlock Bootloader terlebih dahulu, perbedaannya cara ini menggunakan PC dengan kemampuan driver ADB, hampir sama saja seperti cara diatas cara ini hanya ampuh kepada ROM MIUI abal-abal kelas rendah saja, untuk itu sobat semua dapat mencobanya :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal 4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Install driver ADB, apabila sobat semua tak punya file-nya dapat mendownload dan mengikuti cara pemasangannya DISINI.
2. Silahkan download dahulu ROM resmi dari MIUI DISINI, lalu letakan di tempat dimana driver ADB sobat semua terpasang sebelumnya.
3. Lalu pada smartphone Xiaomi sobat semua, masuk ke menu Developer Options, lalu centang opsi opsi USB Debugging, apabila opsi ini tak muncul maka untuk mengaktifkannya sobat semua dapat menekan informasi MIUI Version pada menu About Phone sekaya 7 kali.
4. Jika sudah buka CMD dan arahkan ke tempat dimana driver ABD terpasang, koneksikan device sobat semua ke PC dengan kabel USB, lalu ketikan perintah ini

abd devices

Jika device sobat semua sudah terkoneksi dan terbaca pada jendela CMD tersebut, masukan perintah ini :

adb sideload (nama ROM MIUI)

5. Tunggu sampai kemudian proses selesai, apabila sudah berhasil device sobat semua akan reboot dengan sendirinya, apabila gagal lanjut ke tahap terakhir dan paling ampuh.

Catatan khusus : masukan nama ROM MIUI tanpa tanda kurung, tips untuk sobat semua silahkan rename dahulu ROM MIUI yang sudah sobat semua download sebelumnya agar mudah untuk di input di CMD.

# Flash via metode Fastboot
Cara ini juga mengharuskan smartphone Xiaomi dalam kondisi Unlock Bootloader dahulu, dan sobat semua harus memahami apa itu Fastboot pada Xiaomi agar admin tak perlu panjang lebar lagi menterangkan caranya sekarang dan langsung ketahap eksekusinya saja, dan itu sudah admin tulis kompleks DISINI terkait maksud dan cara Fastboot di Xiaomi, lanjut kecaranya :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal 4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Siapkan file Fastboot dan aplikasi Mi Flash Tool dapat download resmi DISINI
2. Jika sudah install aplikasi Mi Flash, arahkan ketempat file Fastboot.
3. Masuk dalam mode Fastboot dengan menekan tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat device sobat semua dalam keadaan Power Off, lalu koneksikan device sobat semua ke PC dengan USB.
4. Silahkan tekan Flash untuk melakukan install ulang firmware resmi MIUI.
5. Jika sudah reboot, booting pertama akan lama sekitar 15 menit, done!

Dengan demikian, ke-4 cara diatas merupakan cara yang paling ampuh untuk sobat semua agar dapat berpindah ke versi ROM MIUI resmi, saran admin langsung saja ke cara nomor 4 apabila device sobat semua sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, dan apabila belum melakukan Unlock Bootloader silahkan coba cara pertama, dan pertimbangkan untuk melakukan Unlock Bootloader pada smartphone Xiaomi sobat semua, cara diatas sudah kami buktikan sendiri dan tentu saja berhasil sepenuhnya tergantung kondisi dari ROM MIUI abal-abal tersebut, namun cara nomor 4 merupakan cara yang paling ampuh untuk kami, sobat semua dapat coba sendiri.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments