Tips Membeli Smartphone Online Agar Tidak Kena Tipu

July 11, 2019


- Akhir-akhir Ini, perkembangan sebuah teknologi khususnya di dunia smartphone terus meningkat. Imbasnya, web-web besar e-commerce di Indonesia juga ikut- ikutan sibuk dan mulai menunjukkan perubahan yang sangat pesat. Hal ini pastinya memudahkan kita untuk melakukan segala sesuatu hanya dengan satu akses dan satu genggaman, tidak terkecuali untuk berniaga / jual beli secara online.


 perkembangan sebuah teknologi khususnya di dunia smartphone terus meningkat Tips Membeli Smartphone Online Agar Tidak Kena Tipu
Source faktualnews.co



Dibalik meningkatnya jumlah transaksi atau jual beli secara online di Indonesia, nyatanya hal ini telah banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan penipuan berupa jual beli smartphone secara online.


Untuk itu, kali ini admin akan berbagi atau share seputar tips membeli Smartphone Online agar tidak kena tipu. Semoga bermanfaat, jangan lupa share buat sobat lainnya. Mari disimak.




1. Perhatikan Toko Online

Hal ini sangat penting sekali, yaitu memperhatikan toko online. Toko online yang profesional dan sudah terbukti terpercaya hampir tidak ada yang menggunakan web gratisan. Contohnya seperti JD.id, Amazon, e-bay dan lain-lain. Semuanya menggunakan domain TLD, yaitu Top Level Domain bereksitensi dot com commercial. Bahkan hampir tidak ada yang menggunakan hosting dan domain gratisan seperti milik saya ini zzpersonal.blogspot.com


Jadi, jika sobat menemukan website jual beli dengan contoh domain seperti situsonline.blogspot.com, situsonline.wordpress.com atau situsonline.zone.id saya menekankan untuk berhati-hati sob. Sebab, seperti yang admin singgung diatas, mereka atau pemilik toko online yang profesional, hampir tidak ada yang menggunakan domain gratis. Dan jika berfikir secara logis, pastinya pemilik toko online akan berfikir 2x untuk menggunakan hosting dan domain gratis.


Karena apa?


Selain menurunkan kepercayaan calon konsumen, web berbasis gratisan juga tidak bisa di eksplorasi lebih mendalam. Lebih tepatnya memiliki fitur yang terbatas sesuai flatform yang digunakan. Nah, bagi mereka pemilik toko online yang sudah pro, siapa atuh yang mau mengembangkan toko online berbasis gratis. Bukankah web gratis memiliki keterbatasan?


Bukan hanya itu, kemungkinan besar para pelaku penipuan berupa berniaga / jual beli secara online ada dimana-mana. Yang admin perhatikan sendiri, mereka ada di Instagram, Facebook, Twitter dll.





2. Analisis Percakapan

Tips membeli smartphone online agar tidak kena tipu di bagian ke-dua adalah menganalisis percakapan. Sebelum membeli, sobat pastinya akan berinteraksi dulu bukan, dengan si penjual.

Nah, disini sobat di tuntut untuk menganalisis percakapannya si seller. Biasanya, si penipu akan lebih agresif.

Dimana ia akan meng-iming-iming dengan harga yang murah. Namun jika ditanya alamat lebih detail, ulasan produk, biasanya ia akan menjawab alakadarnya dan hanya menyuruh pembeli untuk menghubungi via no whatsapp.


Whatsapp yang mereka gunakan pun bukanlah Whatsapp Bussiness tetapi whatsapp perorangan. Bahkan mereka akan menyematkan berupa profile palsu.





3. Usahakan COD

Untuk sekedar jaga-jaga agar tidak kena tipu adalah mengusahakan sebisa mungkin untuk COD. Cash on delivery, atau bayar di tempat.

Saat ini, ada banyak web e-commerce di Indonesia yang menawarkan bayar di tempat. Seperti Lazada contohnya. Mereka menawarkan fitur ini untuk kenyamanan para pelanggannya.

Selain dari itu, jika barang yang kita order tidak sesuai dengan pesanan seperti cacat, salah pengiriman, bahkan mungkin tidak cocok dengan warna, kita bebas untuk menolak atau return barang tanpa dikenakan biaya.




4. Gunakan Rekber

Saat ini, jual beli barang secara online bukan hanya melalui web yang sudah terpercaya seperti situs-situs di atas.

Ada sebagian seller / penjual yang memanfaatkan sosial media sebagai toko online. Kebanyakan hampir dari IG, ataupun Marketplace Facebook.

Nah, jika sobat ingin membeli suatu barang lewat sosmed, mungkin alangkah lebih nyaman jika menggunakan rekber.


Apa itu rekber?


Rekber adalah Rekening Bersama menggunakan pihak lain untuk bertransaksi. Dimana kedua belah pihak telah sama-sama di untungkan dengan adanya rekening bersama ini.




5. Jangan Terburu-buru

Terakhir, tips membeli smartphone secara online adalah jangan terburu-buru. Pengalaman pribadi ketika melakukan jual beli secara online jika terburu-buru adalah sesal yang di dapatkan. Jangan dulu menutup laman, baca juga pengalaman pribadi menggunakan smartphone xiaomi yang katanya Produk Gagal





Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments