Apa Arti Kata Anjay, , Njir Dalam Bahasa Gaul Di Fb Atau Media Umum

July 01, 2019
Apa Arti Kata Anjay dalam Bahasa Gaul di Fb atau Media Sosial - Hae gaes kali ini admin ingin membahas perihal arti dari kata anjay

Kata ini cukup kerap di gunakan di facebook (fb), whatsapp (wa) inginpun instagram.

Sebenarnya kata ini sudah usang ada bertahun-tahun yang lalu, namun tetap ada saja yang gunakan bahkan hingga sekarang.

Oke berikut merupakan arti kata anjay berdasarkan pemahaman admin dalam memantau bahasa musiman yang kerap di gunakan anak jaman sekarang.

Arti Anjay


 Apa Arti Kata Anjay dalam Bahasa Gaul di Fb atau Media Sosial  Apa Arti Kata Anjay, , Njir dalam Bahasa Gaul di Fb atau Media Sosial
Ini Cuma Ilustrasi, Jangan demo admin ya hehe.

Anjay merupakan sebuah kata plesetan dari kata "anjing" semoga lebih halus di dengar.

Ada kaya juga kata plesetan yang menyerupai dengan anjay menyerupai “Njir, Njier, Anjrit, Njay,

Kata - kata tersebut terdapat arti dan maksud yang sama, hanya saja kata plesetannya sedikit berbeda semoga tak terlalu mempunyai kandungan atau bernada kebencian.

Contoh Percakapan :

A : Cuk, main pubg kui
B : Kui
A : Anjay ngelag
C : Walach

Hukum Mengucapkan Anjay dalam Islam


Ibrahim An Nakha’i rahimahullah mengatakan:

كَانُوا يَقُولُونَ: إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لِلرَّجُلِ: يَا حِمَارُ، يَا كَلْبُ، يَا خِنْزِيرُ؛ قَالَ اللَّهُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَتَرَانِي خَلَقْتُ كَلْبًا أَوْ حِمَارًا أَوْ خِنْزِيرًا؟

“mereka (para tabi’in) dahulu mengatakan, apabila seseorang mencela orang lain dengan perkataan ‘wahai keledai‘, ‘wahai anjing‘, ‘wahai babi‘ maka kelak Allah akan bertanya kepadanya di hari kiamat: ‘apakah engkau melihat Aku membuat (dia) sebagai anjing atau keledai atau babi?’” (diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5/238)

Sa’id bin Al Musayyab rahimahullah mengatakan:

لَا تَقُلْ لِصَاحِبِكَ: يَا حِمَارُ، يَا كَلْبُ، يَا خِنْزِيرُ. فَيَقُولَ لَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَتُرَانِي خُلِقْتُ كَلْبًا أَوْ حِمَارًا أَوْ خِنْزِيرًا؟

“Jangan engkau berkata kepada temanmu ‘wahai keledai‘, ‘wahai anjing‘, ‘wahai babi‘. Sesampai kemudian kelak di hari final zaman engkan akan ditanya:  ’apakah engkau melihat saya diciptakan sebagai anjing atau keledai atau babi?’” (diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5/282)

An Nawawi rahimahullah dalam kitab Al Adzkar (365) mengatakan:

ومن الألفاظ المذمومة المستعملة في العادة قوله لمن يخاصمه: يا حمار، يا تيس، يا كلب، ونحو ذلك، فهذا قبيح لوجهين: أحدهما: أنه كذب. والآخر: أنه إيذاء

“diantara lafadz yang tercela yang biasa dipakai orang untuk mencela orang yang berselisih denganya merupakan perkataan ‘wahai keledai‘, ‘wahai kambing‘, ‘wahai anjing‘ atau semacamnya. Perkataan ini tercela dari 2 sisi: (1) itu merupakan dusta (2) itu merupakan gangguan terhadap orang lain”.Sumber.Kang Aswad.com

(QS Al Anfal 8 : 22, 55)“Sesungguhnya hewan (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah; orang-orang yang pekak dan tuli yang tak mengerti apa-apapun”“Sesungguhnya hewan (makhluk) yang paling jelek di sisi Allah adalah orang-orang yang kafir, alasannya mereka itu tak beriman”

Itulah aturan mengucapkan kata bergairah kepada orang lain, disini admin hanya sekadar mengingatkan.

Saya mengingatkan hanya melalui artikel admin tak dari postingan publik agan sesobat semua atau tak di depan publik, semoga tak ada yang tersinggung.

Karena admin paham, saling mengingatkan juga perlu etika.

Akhir Kata

Itulah arti kata anjay, anjir, wanjay dalam bahasa gaul kids jaman now, semoga bermanfaat.

Bagikan ke teman-teman mu semoga juga pada tahu

Nantikan artikel terbaru lainnya di . Dan terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments