Cara Kerja Smartphone & Prinsip Dasar Sistem Operasi Android

July 10, 2019



- Terkait dengan masa lalu, begitu banyak pertanyaan mendasar yang timbul dari diri pribadi. Waktu saya masih kecil, dahulu sempat berfikir.


 Bagaimana sebuah benda kecil atau familiar disebut Handphone bisa melakukan panggilan? Mengirim pesan? Serta menjalankan beberapa fitur di dalamnya? 


Itulah pertanyaan mendasar ketika saya masih gaptek dengan dunia teknologi. Apa-apa pasti pasti penasaran, begitulah sifat saya hingga saat ini.


Di postingan kali ini, admin akan berbagi seputar bagaimana cara kerja smartphone. Yang meliputi dasar-dasar bagaimana cara handphone melakukan panggilan, bagaimana cara kerja sistem operasi Android dan masih banyak hal lain seputar pengertian smartphone.

 Langsung saja, Mari kita Mulai!





Tentang Smartphone


Pertama admin akan membahas apa itu smartphone. Jadi, menurut opini pribadi, smartphone adalah sebuah inovasi teknologi yang terus meningkat, khususnya di bidang cara kerja mobile phone.


Jika dibandingkan handphone masa kini dan handphone terdahulu, tentu perbedaannya adalah 3 berbanding 9. Dulu, sebuah ponsel hanya memiliki fitur yang terbatas. Yaitu diciptakan khusus untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan sebagai alternatif dari telpon rumah.


Makanya, sebutan pertama sebuah ponsel adalah Handphone yang berarti Telpon Genggam. Tetapi untuk saat ini, sebuah handphone telah berevolusi, mulai dari nama yang menjadi Smartphone yang berarti Ponsel Cerdas.


Pergantian dari sebutannya ini di dasari dengan cara kerja smartphone itu sendiri. Selain cara kerja utamanya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan, memungkinkan para pengguna untuk menjadikannya sebagai alternatif Desktop Komputer.


Mengapa demikian? 


Mari kita analisis. Saat ini tepatnya di 2019, cara kerja ponsel bukan hanya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan saja. Seperti yang kita ketahui, memungkinkan para pengguna untuk melakukan segala sesuatu hanya dengan satu genggaman. Itulah pengertian smartphone yang disebut sebagai alternatif dari PC. Mulai dari software berupa aplikasi, dan Hardware yang hampir mirip dengan desktop PC.





Cara Smartphone Menghubungi / Melakukan Panggilan


Pernahkah terpikir, bagaimana cara kerja smartphone melakukan panggilan?
Jika pernah, admin akan membahas lebih lanjut tentang cara kerja smartphone menggabungkan panggilan.


Pastinya, ini tak terlepas dari jasa provider di Indonesia.
      Saat sebuah smartphone mulai melakukan panggilan, smartphone tersebut akan mulai bekerja secara khusus. Dimana ia akan mengeluarkan frekuensi gelombang radio dan menyambungkan ke BTS (Base Tranceiver Station) terdekat.


Apa tuh BTS? 

Singkatnya Tower Sinyal…..


Nah disinilah tugas provider, ia akan memantau no tujuan si pemanggil dengan BTS terdekat dan terkuat si penerima.
Setelah provider menganalisis dan memverifikasi bahwa smartphone tersebut merupakan pelanggan yang aktif dari BTS tersebut, maka ia akan mulai mencari kanal tersedia atau kah tidak untuk melanjutkan panggilan.


Kembali ke BTS, selanjutnya ia akan memindai no yang dituju kemudian memverifikasinya. Ini merupakan proses terakhir dimana ia akan mengecek apakah kedua nomor tersebut dapat saling menerima panggilan suara atau kah tidak.


Setelah melewati proses panjang dan tanpa kendala, maka terjadilah Kongkalikong alias tersambung. Ilustrasinya mungkin seperti gambar dibawah.



 begitu banyak pertanyaan mendasar yang timbul dari diri pribadi Cara Kerja Smartphone & Prinsip Dasar Sistem Operasi Android
Source indonesu.co.id



Jadi seperti itulah cara kerja smartphone melakukan panggilan. Terlihat rumit bukan, dan itu terjadi hanya dalam hitungan detik.


Nah sedikit banyaknya sekarang sobat sudah paham bagaimana proses panjang sebuah smartphone melakukan panggilan. Sekarang admin akan memandu lebih jauh tentang prinsip kerja smartphone yang meliputi berbagai macam fitur-fitur di dalamnya. Semua itu, tidak lain dan tidak bukan adalah karena kedua basic smartphone yang sangat vital akan fungsinya. Yaitu Hardware dan Software.




Hardware


Seperti yang saya sebutkan tadi diatas, bahwa semua yang berkaitan dengan smartphone, maka sebuah smartphone membutuhkan basic dasar untuk bisa hidup dan dapat di operasikan. Salah satunya adalah Hardware yang akan admin bahas.

 begitu banyak pertanyaan mendasar yang timbul dari diri pribadi Cara Kerja Smartphone & Prinsip Dasar Sistem Operasi Android
Source techadvisor.co.uk


Pengertian & Fungsi Hardware

Menurut pengertian para ahli, Hardware adalah suatu perangkat fisik yang dapat kita sentuh. Hardware meliputi dasar-dasar pada smartphone, contohnya seperti LCD, Casing, Dan komponen-komponen lain didalam bongkahan smartphone tersebut.


Nah cara kerja hardware terbagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah menerima serta mengolah data informasi pengguna. Diantaranya adalah 4 bagian di bawah.



1. Memberi Informasi Input

Ini merupakan cara kerja hardware paling mendasar. Cara kerjanya adalah Hardware tertentu akan memberikan informasi pengguna sesuai apa yang kita inginkan.



Contoh

Sobat melakukan pengisian baterai misalnya. Nah hardware berupa socket USB  akan mengonfirmasi bahwa ada masukan dari pengguna berupa pengisian. Lalu kemudian, ia akan memberi informasi kepada Processor.




2. Mengolah Data

Terkait dengan diatas, kemudian CPU / Processor akan mengolah data informasi dari socket USB yang kemudian akan mengubah serta memberikan ruang kepada layar dan melakukan pengisian kepada batrai tersebut. Dan seketika tampil notifikasi pada layar bahwa smartphone sedang di charge dan berjalan sesuai perintah kita sebagai pengguna.




3. Memberi Info Output

Tentunya cara kerja sebuah Hardware adalah saling keterkaitan. Secara dasar hardware akan memberikan informasi output ini masih terkait dengan cara diatas. Memberikan informasi output disini adalah  dimana CPU akan memerintah kepada Layar monitor untuk menampilkan gambar sesuai perintah kita sebagai pengguna
( Brainware )




4. Menyimpan Proses Data


Selain cara kerja diatasi, Hardware juga berfungsi sebagai pengolahan serta penyimpanan data sekunder pada smartphone. Di dalam Hardware, CPU berperan penting sebagai pusat pengolahan data-data mentah hingga menjadi data yang kita inginkan sesuai bahasa pemrograman. Ini merupakan gambaran sebuah Hardware bekerja. Untuk mengetahui jenis-jenis Hardware secara lengkap sesuai dengan cara kerjanya masing-masing, silahkan ikuti laman ini. Basic Hardware


Agar Hardware dapat bekerja secara optimal, maka sebuah Hardware membutuhkan perangkat lunak untuk menampilkan bahasa / intruksi pengguna berupa kode-kode pemograman. Maka diciptakanlah perangkat lunak atau familiar di sebut software. Paling mendasar tentang Software adalah Sistem Operasi.


Admin akan memandu lebih lanjut tentang software khususnya bagian sistem operasi pada smartphone di Tutorial Selanjutnya



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments