Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula

July 01, 2019




Lesson III

Ini adalah serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting tentang Pengertian Serta Fungsi Dasar PC. Dan sekarang, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang cara instalasi komputer yang baik dan benar.

Untuk sobat yang pertama kali akan memasang atau instalasi PC, bukan tidak mungkin akan mengalami sedikit kebingungan, mengingat jalur-jalur kabel serta beberapa port yang memang terlihat sangat rumit. Tetapi sebaiknya sobat juga memahami terlebih dahulu Bagian-bagian Komputer yang sangat perlu diketahui.

Standarnya, pengguna PC di Indonesia terbagi menjadi dua bagian. Ada yang lebih memilih merakit PC sendiri, ada juga yang memilih untuk membeli PC Built Up alias bawaan pabrikan produsen. Alasannya sangat beragam, sebagian para Gamer akan bereksperimen meningkatkan performa komputer yang di bangun dengan cara merakit nya sendiri.
Sedangkan untuk para pelajar biasanya akan memilih PC Built Up siap pakai/alias tidak mau ambil pusing.

Nah, bagi sobat yang ingin belajar merakit PC, sobat bisa masuk sini, 19 Cara Simple Merakit PC Disana telah dijelaskan 19 step lengkap yang pas buat pemula.



Cara Memasang Perangkat PC Built Up


Sebelum ke tutorial, pastinya sobat harus tahu dulu socket/port yang nantinya akan dihubungkan satu per satu.

Setiap satu set PC pastinya memiliki bentuk/fisik yang berbeda sesuai Produsen. Imbasnya jumlah port serta tombol dapat bervariasi. Tugas pertama yang harus sobat lakukan adalah memperhatikan bagian Case CPU depan dan belakang, pahami jalur port serta tombol yang sobat lihat.

Setelah sobat memahami port serta tombol-tombol, maka akan lebih mudah untuk menghubungkan perangkat seperti Monitor, Keyboard, Mouse, serta peripheral lainnya seperti speaker, printer dan lain sebagainya.


Mempersiapkan Komputer Desktop



Step I


Pertama sobat bisa mengeluarkan Casing CPU, Monitor dari box bawaan. Lepaskan semua penutup plastik atau Vita pelindung.
Siapkan semuanya di ruangan yang aman serta tidak lembab.

Tips
Sebaiknya, pasang PC di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen atau Hardware. 


Step II

Di langkah ke-2 sobat bisa langsung mempersiapkan kabel-kabel.
Di beberapa kasus, kemungkinan kabel yang sobat miliki tidak sama seperti gambar dibawah.
Jika sobat menemukan kesulitan, solusi tepatnya sobat bisa membaca buku panduan bawaan PC.



Step III



 Ini adalah serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting tentang  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula



Sekarang, silahkan sambungkan ujung kabel monitor ke port belakang CPU yang tadi sobat perhatikan.
Perlu di ingat, jika sobat menggunakan kabel jenis VGA seperti terlihat pada gambar, biasanya terdapat sekrup pengunci kabel di sebelahnya.

Catatan
Kabel monitor itu beragam, ada sebagian kabel monitor yang memerlukan cara tertentu untuk instalasi nya. Jika kabel monitor sobat tidak cocok atau sulit disambungkan, sebaiknya silahkan baca lagi Buku manual komputer. 


Step IV



 Ini adalah serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting tentang  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula


Langkah ke-4, jika pemasangan kabel monitor tadi sudah berhasil, selanjutnya sobat bisa langsung memasang Keyboard ke CPU. Jangan lupa perhatikan bagian port kabel tersebut. Pastikan apakah colokan keyboard tersebut menggunakan socket USB, atau PS/2.
Umumnya, keyboard PC menggunakan konektor USB, tetapi ada juga yang menggunakan socket PS/2.
Jika konektor kabel sobat menggunakan PS/2 maka sobat bisa menyambungkan nya ke port berwarna Hijau dibelakang CPU.



Step V

Langkah atau tutorial ke-5, sobat bisa langsung menyambungkan kabel Mouse ke CPU. Jangan lupa, perhatikan lagi bagian konektor kabel yang di gunakan. Untuk jenis kabel yang digunakan Mouse biasanya menggunakan konektor USB. Namun ada juga sebagian Mouse yang menggunakan konektor Wireless.
Jika konektor Mouse milik sobat menggunakan konektor Nirkabel ( wireless ) maka sobat harus menyambungkan lewat Dongle Bluetooth
( Adaptor USB ) ke komputer.



Step VI

Peripheral lain yang wajib kita pasang selanjutnya adalah Speaker atau Headphone eksternal. Bagi sebagian pengguna komputer, memasang speaker adalah hal yang mutlak dan wajib digunakan.

Perlu dicatat juga bahwa tidak semua paket komputer memiliki port serta warna yang sama. Dan biasanya, rata-rata cara memasang speaker eksternal adalah dengan.

Speaker dan headphone bisa disambungkan ke port berwarna Hijau
Microphone bisa disambungkan ke port berwarna Merah muda
Dan port berwarna Biru merupakan port Line In, yang biasa digunakan untuk perangkat tertentu



Step VII

Sementara pemasangan hampir selesai, banyak peripheral yang sifatnya Plug & Play, seperti Webcam, Scanner, atau pun perangkat lainnya. Maka sobat bisa langsung menyambungkannya ke komputer.

Namun, beberapa perangkat mungkin memerlukan aplikasi atau software untuk menggunakan perangkat tersebut agar dapat berjalan dengan normal.


Catatan
Secara umum, Peripheral adalah perangkat yang sifatnya Opsional yang bisa sobat gunakan kapanpun. So, sobat tidak perlu memasang perangkat saat pemasangan Komputer juga tidak masalah. 



Step VIII



 Ini adalah serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting tentang  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula


Langkah terakhir adalah menghubungkan kabel pusat, yaitu kabel power.
Sambungkan kabel power ke socket power supply di bagian CPU. Dan sampai disini pemasangan selesai. Sekarang sobat bisa coba menghidupkan PC baru.
Selamat mencoba dan semoga berhasil


Tips

Sebaiknya, selalu gunakan Stavolt untuk merawat PC dengan baik. Sebab jika dihubungkan langsung ke stopkontak, lonjakan arus listrik yang besar dapat mempengaruhi kinerja CPU, alias mempercepat kerusakan komputer. 

Admin akan membahas lebih lanjut tentang cara menggunakan komputer sobat pada beberapa panduan penting lainnya

Selanjutnya Lesson IV




Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments