Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Android vs IPhone IOS Apple

July 03, 2019



-Untuk pertama kalinya admin akan berbagi pengetahuan tentang dua sistem operasi mobile yang menguasai pangsa pasar di satu dekade terakhir.


Untuk pertama kalinya admin akan berbagi pengetahuan tentang dua sistem operasi mobile yan Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Android vs IPhone IOS Apple
Sumber tidak diketahui


Akan sangat menarik tentunya, jika sekarang admin akan mencoba melihat dari beberapa data serta pengalaman pribadi saat menggunakan ke-2 Os tersebut. Tentunya postingan kali ini hanya untuk di jadikan referensi dan tidak ada maksud untuk menjelekkan salah satunya.


Yang jadi pertanyaan di banyak user.


Diantara Apple vs Android, mana yang lebih baik?
Mana yang lebih unggul?

Sebuah pertanyaan yang sangat spesifik, pertanyaan yang sering admin dengar, entah itu di forum, E-mail, Sosmed dan group para user.

Baiklah, untuk menjawab pertanyaan di atas, sekarang sobat cukup stay di depan monitor dan jangan lupa siapkan segelas kopi plus cemilannya yang dipercaya bisa bikin semangat untuk lanjut membaca.



Sampai disini, kita tidak bisa menjawab salah satu diantaranya, karena, ke-dua Os tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Tapi disini, kita bisa mengambil gambaran dari beberapa data yang akan admin uraikan untuk di jadikan bahan pertimbangan mengenai mana yang terbaik. Langsung saja kita mulai dari kekurangan android.



Kekurangan Android


Tak ada yang sempurna di dunia ini, mungkin pepatah ini juga berlaku dengan dunia teknologi. Secantik dan sebagus android, ternyata beberapa fakta mengatakan android juga memiliki kekurangan. Diantara kekurangannya adalah.



1. Boros Batre

Entahlah, dari zaman android proyo hingga yang terbaru saat ini generasi ke 9 yang disebut android pie, Android dikenal dengan rakus daya batrenya. Memang dari beberapa tahun terakhir pihak pengembang yaitu Google telah berusaha keras untuk memperbaiki masalah ini, namun tetap saja, android di cap sebagai si rakus daya.

Tentunya ini manjadi satu kekurangan android yang mendarah daging, bukan tanpa fakta.
Sekarang kita coba adu banding antara IOS IPhone X dengan Android dari vendor samsung Galaxy S9 dimana Samsung Galaxy S9 memiliki kapasitas batre yang mencapai 3.000 mAh sedangkan IPhone X memiliki kapasitas batre yang mencapai 2.716 mAh.

Menurut testing yang admin lakukan IPhone X cenderung lebih tahan lama.



2. Sistem Operasi Cukup Berat

Agar sistem operasi Android dapat berjalan dengan baik dari segala hal, kita butuh perangkat yang memiliki komponen/hardware yang tinggi. Jika tidak, dapat dipastikan bahwa android yang kita miliki akan kurang powerfull, kurang responsif dan akan sedikit menjengkelkan.
Hal berbeda jika kita memiliki android dengan spesifikasi tingkat dewa. Tentunya ini menandakan bahwa android adalah sistem operasi yang cukup berat. Menuntut komponen seperti RAM, CPU dan lain sebagainya.



3. Rentan Diserang Malware

Perlu diketahui, android merupakan pengembangan dari Linux, dan Linux adalah sistem operasi yang sifatnya Open Source.
Jika berbicara tentang pengguna antara IOS IPhone vs Android di 2019 mana yang paling banyak?
Tentu jawabannya adalah Android, lihat tabel dibawah.

Untuk pertama kalinya admin akan berbagi pengetahuan tentang dua sistem operasi mobile yan Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Android vs IPhone IOS Apple





Tetapi yang jadi masalah disini adalah tingkat keamanan, realistis aja, saat ini android memiliki pengguna paling banyak di dunia. Tentunya, pengembang software jahat alias Virus Malware atau pun Trojan juga akan ikut berkembang.

Menurut data yang admin kutip dari Liputan6, ada sekitar 2 juta lebih android di Indonesia terinfeksi virus. Dan
70℅ malware berhasil menginfeksi android. Pastinya ini menandakan bahwa tingkat keamanan android, masih kalah dibanding IOS.



4. Terlalu Singkat Update

Kelemahan lain yang dimiliki android adalah terlalu singkatnya Update. Imbasnya, harga second android akan terjun bebas dipasaran.
Fakta mengatakan, di tahun 2015 vendor asal Korea Selatan Samsung resmi mengeluarkan produk andalan nya yaitu Samsung J7 series.
Sedangkan untuk harga yang di banderol di Indonesia saat itu berkisar antara 3,8 juta rupiah.

Perbedaannya, lihatlah harga second J7 saat ini untuk versi 2016 di forum Marketplace Facebook rata-rata dijual dengan harga tidak lebih dari 1,8 juta rupiah.

Bukan hanya itu, penyebab lain karena singkat nya update adalah akan menuntut kinerja hardware. Jika sekarang kita membeli android, kemudian selang dua tahun kemudian akan ketinggalan dan mengharuskan untuk membeli yang baru. Jika tidak, ketinggalan sudah.

Nah, sekarang kita semua sudah paham tentang 4 kekurangan android, mari kita lanjut dengan beberapa kelebihan android.



Kelebihan Android


Jangan salah, android juga memiliki keunggulan. Makanya sangat pantas jika saat ini sangat diminati banyak orang. Dan berikut beberapa kelebihannya.




1. Open Source

Open Source menjadi satu kelebihan khusus yang di miliki sistem operasi Android. Untuk pengguna yang gemar mengoprek sistem, android adalah pilihan paling tepat untuk di miliki.

Dimana memungkinkan para pengguna untuk meng-custom, overlock, dan lain-lain yang berkaitan dengan dunia pengembang selayaknya developer sejati. Pastinya ini menjadi satu kelebihan khusus yang di miliki Os android tetapi tidak di miliki rivalnya, IOS.



2. Variatif

Mulai dari yang abal-abal hingga berkelas, semuanya bisa kita sesuaikan. Jauh berbeda dengan IOS yang hanya ada pada brand mereka sendiri yaitu Apple/IPhone.
Jika kita ingin menjajal atau ingin mencicipi IOS, mau tidak mau harus membeli IPhone. Sedangkan android banyak pilihannya. Alias bisa di sesuaikan dengan budget. Karena untuk Apple, seperti yang kita ketahui selama ini mereka selalu menawarkan dengan harga pasar yang sangat mahal.



3. User Friendly

Mudah digunakan, cocok untuk semua kalangan dan tidak ribet pastinya. Itulah android, tidak seperti IOS yang cukup bertele-tele.
Selain dari itu, android juga dikembangkan raksasa Google, cukup satu akun Google, kemudian kita bisa mengakses semua produk Google hanya dengan satu genggaman yaitu android.



4. Memiliki Mutiara PlayStore

Android sangat kental sekali dengan aplikasi yang melimpah berkat banyaknya developer. Jika kita melihat perbandingan antara AppStore yang dimiliki IOS, dengan PlayStore yang dimiliki Android tentu pemenangnya adalah android.
Hal ini pastinya cukup memudahkan para kebutuhan user, mulai dari aplikasi paling penting hingga aplikasi hiburan, semuanya ada di PlayStore.
Di PlayStore terhitung ada 3,6 Juta Aplikasi baik yang premium maupun yang gratisan.
Sedangkan di AppStore terhitung ada 2,6 aplikasi per 2018


Nah, itu dia tentang beberapa kelebihan dan kekurangan android, sekarang kita akan lanjut membahas tentang IOS IPhone.



Kekurangan IOS IPhone


Secantik dan sebagus IPhone, ternyata juga ada beberapa kekurangan nya.
Mungkin uraian yang akan admin bahas dibawah adalah faktanya.



1. Hanya Dari Brand Milik Apple

Kekurangan IPhone IOS adalah tidak ada pilihan selain brand mereka sendiri. Hal yang sangat jauh berbeda dibanding android yang variatif. Menurut admin pribadi ini menjadi kelemahan IOS tersendiri.



2. Sulitnya Spare Part

Jika di suatu hari IPhone mengalami kerusakan, jangan harap kita dapat memperbaiki nya dengan mudah.
Selain servis center yang harus asli dari Apple, komponen atau hardware nya pun juga sangat sulit ditemukan, mengingat harga yang sangat mahal untuk yang Orisinal. Pastinya ini juga menjadi kelemahan yang dimiliki IOS.



3. Sulit Di Kostumisasi

Tidak seperti Os android, IOS itu sifatnya tertutup. Sekalinya kita dapat membobol celah keamanan IOS, ada batasan tertentu yang tidak bisa kita akses.
Dibandingkan dengan rivalnya android, ibaratnya kita membeli suatu rumah, dan disana kita bisa merubah atau bahkan merusak rumah itu sendiri sesuka hati.
Jika IPhone, ibaratnya kita hanya diberi kebebasan hak guna pakai. Tidak termasuk merubahnya sesuka hati.



4. Harga Selangit

Nah, kalau bicara masalah ini, semuanya mungkin sudah pada tahu. Mereka Apple Inc. Selalu menawarkan produk yang sangat mahal.
Buktinya…
Kita sekarang akan coba review Smartphone Plagship dari vendor Samsung.
Untuk ukuran harga Samsung Galaxy S9 dengan spesifikasi yang hampir seimbang dengan IPhone X.
Dilihat dari segi harga, IPhone di banderol dengan harga sekitar 12 hingga 15 jutaan per 2018, sedangkan Galaxy S9 di banderol dengan harga sekitar 10 jutaan per 2018.



Kelebihan IPhone


Hidup itu tak jauh dari dua sisi, ada sisi positif, ada juga sisi negatif. Nah, begitu juga dengan IOS IPhone, dibalik kekurangan yang dimiliki IPhone, ada kelebihan tertentu yang hanya di miliki IPhone.
Diantara adalah.


1. Tingkat Keamanan Yang Baik

Jarang terjadi ada IOS dengan IPhone nya yang terserang malware, bahkan hampir tidak ada. Ini menunjukkan bahwa IOS memiliki tingkat keamanan yang sangat solid.
Seperti yang admin singgung diatas, sekitar 70℅ malware berhasil menyerang android tapi hanya 30℅ malware berhasil merusak IOS. Ini menjadi poin untuk IOS.
Yang menjadi tanda tanya, virus itu apa sih?
Yang pasti jelas merugikan, untuk lebih jelas dengan cara kerja virus, silakan disimak Tentang Cara Kerja Virus



2. Antimainstream

Kelebihan lain dari IOS itu adalah Antimainstream, alias beda dari yang lain. Mulai dari gaya Homescreen, gaya pengguna, pokoknya semua nya beda. Lain halnya dengan android yang terbilang cukup membosankan.
Meski di dukung tampilan launcher, tetap saja yang namanya android ya begitu.



3. Didukung Hardware Software Berkualitas

Seperti yang admin singgung di atas, bahwa IOS, hanya untuk brand mereka sendiri yaitu IPhone.
Begitu juga dengan software dan hardware yang dibawa IOS IPhone, semuanya memiliki kualitas.
Jadi kita tidak perlu khawatir IOS mudah rusak, baik dari software maupun hardware. Ini adalah kelebihan lain yang dimiliki IOS.


4. Responsive

No, lemat lemot, kelebihan IPhone adalah responsif. Bahkan hampir tidak ada kata nge-LAG, berbeda dengan android yang sering admin dengar penggunanya mengeluh karena android kesayangannya sering LAG.
Untuk bermain game dan mengerjakan multitasking, IOS bisa menjadi pilihan tepat, karena ia memiliki kinerja yang sangat baik serta ringan.

Itu dia tentang kelebihan dan kekurangan IPhone IOS.



Note

Sekarang kita sudah mengetahui sedikit tentang kelebihan serta kekurangan IOS IPhone vs Android.
Lalu siapa pemenangnya?
Tak ada pemenang dalam hal ini. Yang pasti pemenangnya adalah kita sendiri sebagai pengguna yang pintar memilih sesuai kebutuhan.




Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments