Pengertian Hardware Dan Software PC Yang Wajib Diketahui Penggunaan Komputer

July 01, 2019



Lesson IV

Ini masih terkait dalam Belajar memahami bagian-bagian PC yang sempat admin tulis dipostingan sebelumnya. Jika sobat pernah mampir ke situs ini, sobat pastinya sudah hafal apa fungsi komputer, apa yang ada di dalam box case komputer dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Komputer.
Semuanya pernah admin bahas di seri postingan sebelumnya, yang terbagi menjadi beberapa bagian. Dan ini merupakan bagian ke-4 dimana akan membahas tentang Pengertian Hardware Software PC secara bertahap.




 Ini masih terkait dalam Belajar memahami bagian Pengertian Hardware Dan Software PC Yang Wajib Diketahui Penggunaan Komputer


Pengertian Hardware

Apa itu Hardware? 

Hardware adalah Bagian-bagian Paling Penting Komputer, tanpa Hardware, komputer tidak akan berbentuk sedemikian. Secara dasarnya, PC memiliki 4 Hardware.

1. Monitor
2. Keyboard
3. Mouse
4. Casing

Jadi, secara kasar atau secara bahasa kita Indonesia, Hardware adalah suatu perangkat keras Komputer yang dasarnya memiliki 4 bagian diatas. Nah yang menjadi komponen atau perangkat keras paling berperan penting dalam PC adalah dari dalam box case komputer yang terbagi menjadi 9 bagian dasar.


1. CPU ( Centre Processing Unit )
2. Ram ( Random Akses Memory )
3. Mainboard
4. Heatsink
5. CD/DVD RW
6. Harddisk
7. PSU Power Suply
8. VGA Card
9. Sound Card


Ke-9 daftar hardware diatas adalah sekumpulan komponen yang saling terhubung sesuai cara kerja nya masing-masing di dalam box case PC. Dan ini hanyalah sebagian hardware yang paling penting nya saja untuk diketahui. Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara kerja komponen diatas, sobat bisa masuk sini Cara Kerja Hardware Dan Cara Merakit PC Adapun perangkat keras lain yang perlu diketahui adalah.


Hardware Input

Hardware Input adalah jenis perangkat keras yang disambungkan secara terpisah diluar Komputer. Cara kerja ataupun fungsi dari hardware input adalah untuk memasukkan data berupa Suara Digital, Data Hardware, dan lain sebagainya.
Ada banyak jenis-jenis hardware input yang perlu diketahui, contohnya seperti VGA Card, RAM, Processor, dan hardware lain yang sejenis.



Hardware Output

Hardware Output adalah adalah hasil suatu pengolahan hasil dari hardware Input tadi, yang secara dasarnya adalah Monitor untuk menampilkan tata hamparan yang dibaca hardware input, Speaker untuk mengeluarkan suara digital yang di olah hardware input dan lain-lain seperti Mouse, Keyboard salah satunya.


Fungsi Hardware


Fungsi lain dari Hardware adalah untuk menampung semua komponen yang dapat saling terhubung dan menciptakan suatu kode yang dapat dibaca dan ditampilkan Software.
Sekarang akan lanjut ke pengertian Software.


Pengertian Software


Apa itu Software? 

Software adalah suatu Perangkat Lunak adalah istilah khusus yang digunakan untuk data-data yang di format .exe .zip .rar dan lain-lain yang akan disimpan secara Digital. Diantara software adalah Sistem Operasi, Program Komputer, Dokumen, dan berbagai data lain yang dapat dibaca dan ditulis komputer.


Kesimpulan nya software adalah bagian dari sistem komputer yang tidak terlihat kasat mata berbeda dengan Hardware tadi.

Pengembangan software atau pembuatan software sendiri memerlukan Bahasa Programan yang biasa diciptakan oleh seorang pengembang melalui aplikasi kompiler hingga menjadi kode-kode yang dapat dibaca dan ditampilkan Hardware Monitor.
Perlu diketahui, suatu Software juga ada banyak jenisnya sesuai dari perkembangan teknologi yang terus semakin pesat. Di antaranya adalah.


Macam-macam Software



1. Free Software



Free Software adalah software gratis yang dapat kita modifikasi, di utak-atik dengan bebas sesuai ketentuan. Dapat digunakan secara bebas, disalin dan disebar luaskan baik dijual atau di bagikan secara gratis.



2. Open Source Software


Sesuai namanya, Open Source Software yang dapat kita artikan dengan sifatnya yang terbuka untuk siapapun. Software yang satu ini merupakan perangkat lunak yang kode sumber nya dapat kita pelajari, untuk di rubah, ditingkatkan, dan dapat disebar luaskan. Karena sifatnya yang terbuka, software ini tentunya dapat dikembangkan secara kelompok atau komunitas.


3. Firmware


Software yang satu ini tentunya berbeda dengan software lain, letak perbedaan tersebut adalah dari tempat penyimpanan nya yang hanya tersimpan di ROM ( Read Only Memory ) dan tidak dapat dirubah. Namun pastinya kita dapat memodifikasi sesuai keinginan dan tergantung dari jenis ROM tersebut seperti EEPROM atau FlashROM.



4. Shareware



Shareware adalah suatu perangkat lunak yang sifatnya masih beta atau sedang di tahapan uji coba yang diberikan secara gratis oleh seorang pengembang.
Sayangnya, meski dibagikan secara gratis namun software yang satu ini memiliki fitur yang terbatas, serta tidak dapat digunakan secara maksimal.


5. Freeware


Freware merupakan satu diantara perangkat lunak yang diberikan secara gratis tanpa ada batasan waktu. Umumnya software ini disumbangkan kepada beberapa komunitas. Akan tetapi, Freeware juga memiliki hak akses pengembang dan pengontrol pengembangan aplikasi selanjutnya.



6. Commercial Software



Software atau perangkat lunak yang satu ini digunakan dan dikembangkan dengan tujuan untuk dikomersilkan.
Beberapa contoh software ini adalah
Corel Drawing, Adobe Photoshop, dan Microsoft Visual NET. Commercial Software memiliki Hak paten dan tidak dapat disebarkan serta dilindungi undang-undang Hak Cipta.




7. Malicious Software ( Malware )


Malware adalah suatu perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk menyebarkan virus kedalam PC. Untuk selengkapnya tentang virus sobat bisa masuk sini.

Apa itu Virus?

Selengkapnya Tentang Virus


Fungsi & Cara Kerja Software


Pengertian Hardware dan Software yang menyangkut dengan
Cara kerja software adalah suatu penghubung diantara perangkat keras yang memproses data kebutuhan komputer yang terbagi menjadi dua, Sistem Operasi atau Sistem pendukung lainnya. Tanpa software, khususnya Sistem Operasi, suatu Komputer tidak akan dapat berjalan dan tidak dapat dioperasikan Jelasnya.





Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments