Cara Aktifkan Mode Gelap Whatsapp Meski Belum Resmi Dirilis

July 01, 2019
Foto: Justin Sullivan/Getty ImagesFoto: Justin Sullivan/Getty Images

Jakarta - Dark mode atau mode gelap di WhatsApp memang belum dirilis secara resmi. Namun bila kalian sudah tak sabar, ada cara untuk menjajalnya.

Untuk diketahui, mode gelap jadi salah satu fungsi yang ditunggu di versi terbaru Android dan iOS. Beberapa aplikasi ibarat Twitter, YouTube dan Messenger sudah terintegrasi dengan fitur background gelap.

Sementara WhatsApp yang paling ditunggu-tunggu merilis fungsi ini, diketahui sudah beberapa kali melaksanakan pengujian mode gelap dan menyediakannya dalam versi beta.




Meski belum diketahui kapan WhatsApp merilis fungsi ini, kalian dapat mencicipinya, dengan terlebih dahulu mengaktifkannya memakai cara berikut ini.

Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp Meski Belum Resmi Dirilis Foto: detikINET/Irna Prihandini


Mode Gelap WhatsApp di Android

Untuk pengguna Android yang ingin mencoba mode gelap WhatsApp, kalian dapat mendownload Android Q yang dikala ini tersedia dalam versi beta.

1: Masuk ke sajian Settings (pengaturan) -> Display -> Select Theme -> Dark. Ini yakni tema gelap bawaan yang ditambahkan Google pada Android Q.

2: Jika dark theme sudah diaktifkan, selanjutnya kalian perlu mengaktifkan opsi developer untuk menunjukkan izin. Caranya, kembali ke Settings -> About Phone.

Kemudian, scroll ke bawah sampai menemukan 'Build Number'. Tap beberapa kali sampai muncul pesan 'Developer Options is turned on' penanda opsi developer diaktifkan.

3: Setelah Developer Options aktif, cari 'Override force-dark' kemudian klik. Ini memastikan bahwa kalian dapat memakai tema gelap di dalam WhatsApp.

4: Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan tema gelap untuk WhatsApp di Android Q. Untuk mendapat pengalaman mode gelap seutuhnya, pastikan kalian memakai wallpaper gelap gelap sebagai background WhatsApp.

Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp Meski Belum Resmi Dirilis Foto: Carl Court/Getty Images


Mode Gelap WhatsApp di iOS

Ada dua cara mengaktifkan mode gelap di iOS. Yang pertama, dapat memakai iOS 13 yang dikala ini tersedia dalam versi public beta.

Jika sudah menginstal iOS 13 beta, masuk ke sajian Settings (Pengaturan) > Brightness and Display kemudian aktifkan mode gelap.

Opsi lainnya yakni dengan memanfaatkan 'Smart Inverse' yang membalikkan warna layar. iOS punya warna layout background putih, jadi ketika kalian mengaktifkan Smart Inverse akan menciptakan layout backgroundnya menjadi hitam.

Untuk mengaktifkan Smart Inverse, masuk ke Settings(Pengaturan) > Accessibility > Display Accommodations kemudian pilih Smart Inverse.

Setelah mengaktifkan mode gelap di WhatsApp, warna background wallpaper akan tetap sama. Jadi, disarankan untuk mengganti background wallpaper yang lebih gelap untuk mendapat pengalaman mode gelap yang sempurna.




Perlu diingat juga, kalian yang akan mengupdate ke iOS 13 harus melaksanakan backup terlebih dahulu. Versi beta kemungkinan masih punya sejumlah bug yang menciptakan ponsel terkadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Simak Video "Kirim Foto Kualitas Tinggi Lewat WhatsApp? Bisa Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments