Cara Menciptakan Daftar Isi Otomatis Pada Microsoft Word 2010

September 09, 2019
Halo temen-temen, kali ini saya ingin kasi tips ni untuk buat Daftar isi OTOMATIS dengan singkat dan terang, biasanya temen-temen yang kerap buat karya ilmiah niscaya kerepotan sama yang namanya daftar isi kan ? harus manual gitu nyesuain BAB, Sub BAB, dan lain-lainya, jadi waktunya kaya hilang untuk buat daftar isi aja. Sebenarnya si Microsoft Word udah nyediain fitur untuk mempermudah kita dalam membuat daftar isi. Coba deh klik References trus liat di bab pojok kiri ada yang namanya Table of Contents, jika udah ketemu klik nah tinggal di pilih deh Tabel yang temen-temen inginkan. Untuk buatnya saya kasi langkah-langkahnya dari awal, baca dengan baik ya :D

Langkah pertama

Pilih View kemudian klik  Navigation Pane sampai kemudian muncul tanda centang di kotak Navigation Pane. Setelah muncul tanda centang akan ada Box Navigation di bab kiri. menyerupai gambar dibawah ini



  

Kalau sudah ada box Navigation menyerupai gambar tersebut. Nanti pada Box Navigation akan terisi Heading 1, Heading 2, dan seterusnya. Untuk lebih terangnya kita lanjut ke langkah kedua.  


Langkah Kedua

Langkah kedua adalah langkah untuk mengisi Box Navigation dengan Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan lain-lain.

Caranya sangat lah mudah, adalah :

Pilih Home kemudian pada Style Pilih Heading 1 sesudah diklik, ketik BAB atau teks sesuai kebutuhan temen-temen.   Heading 1 biasanya admin gunakan untuk membuat BAB utama seperti BAB 1 PENDAHULUAN, BAB 2 KAJIAN PUSTAKA, BAB 3 METODE PENELITIAN dan seterusnya  lagikan Heading 2 merupakan  SUB BAB, misalnya menyerupai : 1.1 Latar Belakang, 1.2 Rumusan Masalah dan lain-lain.

Sampai sini temen-temen udah ngeti kan? Kalau belum coba diulang lagi dari langkah pertama :D , jika masih bingung, sanggup komentar kok di bab bawah blog ini. Kalau udah final membuat BAB, dan Sub BABnya, akan tamapak menyerupai gambar dibawah ini


Teks pada HEADING 1 admin mengganti dengan "BAB 1 Pendahuluan" dan HEADING 2    admin mengganti dengan teks "1.1 Rumusan Masalah" nanti teksnya diubahsuaikan dengan kebutuhan temen-temen ya, gambar itu hanya sebagai pola saja, biar temen-temen gampang mengerti. Nah jika sudah menyerupai gambar tersebut kita akan lanjut ke langkah Ketiga, adalah pembuatan Daftar isi.


Langkah Ketiga
  1. Pilih References
  2. Klik Tabel Of Contents
  3. Plih  jenis Tabel yang temen-temen inginkan (sesuai dengan kebutuhan ), Namun sebelumnya temen-temen harus ngisi halaman (page number) pada lembar kerja temen-temen. Untuk cara membuat halaman KLINK DISINI
  4. Seletah semua final akan terlihat menyerupai gambar di bawah ini.

 


Nah akan muncul deh daftar isinya dengan otomatis, tinggal dirubah teks, font, size dan colour sesuai impian temen-temen. Selesai deh daftar isinya, simpel kan ? gak perlu repot-repot ngetiknya manual, waktu dan tenaga pun jadi lebih efisien, hehe. Semoga Tips kali ini bermanfaat untuk temen-temen. Nantikan tips-tips lainnya di blog ini Oke..

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments