Project Arduino Sederhana Led Blink (Lampu Berkelip)

September 12, 2019
Nah sebagai pemula, admin perlu menentukan proyek yang praktis namun cukup membuka pengertian akan terusan pin pada Arduino Uno Board.

Led Blink, aktivitas akan mengakses pin 10 dan memerintahkan arduino untuk mengulang blink led. Dengan mengerjakan proyek ini, kita akan mempelajari sedikit dasar-dasar elektronik dan sketch programming Arduino.


Hal yang diperlukan

Skema



Note Karena admin mempelajari arduino dari nol, jadi admin share juga yang  hal-hal yang cukup terlihat remeh bagi para expert. Warna kabel jumper tak harus sesuai gambar, namun untuk kebiasaan yang baik, bisniskn untuk aktual gunakan warna merah, untuk ground gunakan hitam. Lubang pada breadboard pun tak masalah, kita sanggup memasang di lubang yang mana saja. Yang harus betul-betul diperhatikan merupakan kekerabatan antar komponen dan pin pada arduino, harus sesuai gambar.

Sketch

// Project 1 - LED Flasher
int ledPin = 10;


void setup() {
  pinMode(ledPin, OUTPUT);
}
 

void loop() {
  digitalWrite(ledPin, HIGH);
  delay(1000);
  digitalWrite(ledPin, LOW);
  delay(1000);
}


setelah sketch diketik, tekan tombol verivy, jikalau tak ada error, tekan tombol upload. (silakan lihat cara upload dan konek arduino uno dengan komputer).

Pembahasan Sketch

// Project 1 - LED Flasher
Ini merupakan komentar baris yang mempunyai kegunaan untuk dokumentasi program, kompiler akan mengabaikan bab ini. Baris komentar mempunyai kegunaan bagi programmer supaya sanggup mengerti maksud program.

int ledPin = 10;
Inisialisasi variable, dalam hal ini inisialisasi variable berjulukan ledPin dengan type data integer dan nilai 10.

void setup() {
  pinMode(ledPin, OUTPUT);
}

Setiap sketch arduino wajib terdapat fungsi setup() dan loop().  Fungsi setup() dipanggil hanya sekali ketika pertama kali aktivitas berjalan. Fungsi setup() biasanya kawasan untuk men-setup hal-hal umum supaya aktivitas Anda siap dijalankan, menyerupai setup pin modes, setting serial baud rates, dan lainnya.

Pada sketch Led Blink, fungsi setup hanya terdapat 1 baris perintah yaitu

pinMode(ledPin, OUTPUT);

pinMode fungsi yang mempunyai kegunaan untuk memberitahu arduino bahwa pin pada board akan dipakai sebagai input atau output.Dalam baris aktivitas diatas,  kita memberitahu arduino untuk menset pin 10 (nilai ledPin merupakan 10) sebagai OUTPUT.

void loop() {
  digitalWrite(ledPin, HIGH);
  delay(1000);
  digitalWrite(ledPin, LOW);
  delay(1000);
}


Fungsi loop() function merupakan aktivitas utama yang dipanggil secara continue selama arduino menyala (dialiri power). Setiap perintah dalam fungsi loop() akan dipanggil satu persatu hingga perintah terakhir dalam blok loop dicapai, kemudian Arduino akan kembali ke awal perintah di blok fungsi loop(), hingga Arduino dimenonaktifkan atau tombol reset ditekan.

Jadi dalam proyek ini Arduino akan menyalakan led, menunggu selama 1 detik, kemudian memenonaktifkan led, kemudian menunggu 1 detik. Urutan perintah ini akan diulang terus menerus hingga arduino dimenonaktifkan atau direset. 

sumber KLIK DISINI

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments