Cara Gampang Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Anonymous December 27, 2018
 instal ulang sistem operasi perlu dilakukan Cara Gampang Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Untuk bermacam macam kebutuhan, instal ulang sistem operasi perlu dilakukan. Salah satunya merupakan untuk menjaga performa komputer agar tetap optimal serta membersihkan virus, sebab komputer yang tak pernah instal ulang dapat jadi menimbun kaya virus di dalamnya.

Ada kaya cara atau media yang dapat dilakukan terkait dengan masalah instal ulang, antara lain:
  • Menggunakan CD
  • Menggunakan Flashdisk (Bootable)
Sesuai judul diatas, artikel ini akan membahas bagaimana cara menciptakan bootable flashdisk agar dapat digunakan untuk instal ulang. Penggunaan flashdisk sendiri menurut admin lebih simpel dan mudah ketimbang harus menggunakan CD sebab terkesan ribet. Belum lagi kalau komputer atau laptop kamu tak terdapat CD Drive. Tentunya menyusahkan bukan? Kalau flashdisk pastilah setiap perangkat komputer terdapatnya. Berikut caranya:

Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Pertama, silahkan download rufus terlebih dahulu apabila belum punya. Ini sirtus resminya rufus.akeo.ie

Tool ini dapat langsung dijalakkan tanpa harus melakukan instalasi. Jalankan Rufus.

 instal ulang sistem operasi perlu dilakukan Cara Gampang Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Perhatikan pada bagian yang adminberi warna merah, pastikan sobat semua sudah terdapat file yang digunakan untuk instal ulang dengan format ISO. Silahkan muat file menggunakan tombol disebelahnya, kemudian klik 'Start'.

Perlu diingat, sebelum kamu menciptakan bootable flashdisk, kamu diharuskan memformat flashdisk kamu terlebih dahulu. Jadi pastikan data-data penting di dalamnya sudah kamu back up atau dipindahkan ke tempat lain untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

 instal ulang sistem operasi perlu dilakukan Cara Gampang Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Tunggu sampai kemudian proses selesai. Sampai disitu proses bootable flashdisk sudah selesai dan kamu sudah dapat menggunakannya untuk instal ulang. Mudah bukan? Untuk cara instal ulang akan adminbahas pada artikel berikutnya.

Kenapa Menggunakan Rufus?

Rufus merupakan tool yang membantu menciptakan bootable USB flashdisk yang terdapat bermacam kelebihan daripada tool lainnya. Meskipun ukurannya yang kecil, Rufus memberikan semua yang Anda butuhkan! Tool ini diklaim dua kali lebih cepat dari aplikasi sejenis misal UNetbootin dan Universal USB Installer. Dan yang paling penting Rufus merupakan aplikasi freeware alias gratis yang dapat digunakan secara bebas.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments