Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Anonymous December 26, 2018
cara merawat baterai laptop dengan benar Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Baterai dapat dibilang merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah laptop. Memang sih tanpa baterai laptop tetap dapat digunakan dengan menggunakan listrik. Tapi tentunya ini kurang efisien sebab tak setiap saat kita dapat terhubung dengan listrik. Laptop juga dapat kehilangan efektifitasnya yang dianggap dapat digunakan dimana-mana.

Cara Merawat Baterai Laptop

Untuk perawat sendiri sebenarnya taklah susah, hanya saja kekayaan orang malas untuk melakukannya. Ini kiat-kiatnya:

1. Jangan Mencabut Baterai

cara merawat baterai laptop dengan benar Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Kekayaan orang suka melakukan cabut baterai dengan tujuan agar baterainya awet. Memang sih tak salah, namun tak baik juga buat si laptop. Melakukan pengiaian daya disaat baterai posisi lepas menyebabkan arus yang masuk menjadi tak stabil sebab baterai sendiri merupakan stabilizer baterai. Tentunya ini beresiko bagi komponen dalam laptop seperti motherboard, processor, ram dan lainnya.

2. Gunakan Seperlunya

Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan turunnya daya dengan cepat. Kalau terus-menerus akan membebani si baterai dan laptop itu sendiri. Untuk yang hobi main game terutama game berat jaman sekarang bisniskan jangan main di laptop. Gunakan PC untuk kebutuhan macam ini sebab PC terdapat ketahanan yang lebih tinggi. Bagi yang tak punya tetap dapat main kok, asal jangan memaksakan saja.

3. Jangan Biarkan Sampai Mati

Karena keasikan main dengan laptopnya, tak menutup kecukupan kita lupa untuk melakukan charging padahal daya sudah mulai menipis dan akhirnya sampai laptop mati dengan sendirinya. Hal ini apabila terlalu lama dilakukan bahkan menjadi kebiasaan terang tak baik untuk baterai itu sendiri. Dalam jangka panjang, akan menyebabkan rusaknya komponen dalam baterai tersebut.

4. Jangan Menggunakan Laptop di Kasur

cara merawat baterai laptop dengan benar Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Agaknya ini kebiasaan yang susah dihilangkan oleh sebagian orang. Menggunakan laptop untuk menonton film sambil tiduran di kasur memanglah nyaman. Namun, hal ini akan menciptakan panas yang dikeluarkan laptop tak dapat terbuang dengan sempurna. Untuk menghindari hal ini, bisniskan jangan main di kasur atau media lain yang serupa seperti sofa. Gunakan laptop di tempat yang datar sesampai kemudian panas dapat dikeluarkan dengan baik.

4 Hal diatas apabila dilakukan dengan baik rasanya sudah lebih dari cukup merawat baterai laptop dan menciptakannya awet. Masih kaya tips lain yang dapat digunakan, seperti menggunakan colling pad untuk mencegah panas berlebih. Namun, 4 hal diatas sudah lebih dari cukup apabila dilakukan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments