Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru

Anonymous March 26, 2019
 Tidak berlebihan memang apabila kita menyebut ROM kepunyaan Xiaomi yaitu MIUI punya kelebiha Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru

Tidak berlebihan memang apabila kita menyebut ROM kepunyaan Xiaomi yaitu MIUI punya kelebihan tersendiri di bandingkan produk ROM smartphone pesaing, sebab pasalnya bukan hanya kaya fitur, MIUI juga di buat dengan sangat cantik dan sobat semua masih dapat mempercantik tampilan smartphone Xiaomi sobat semua dengan mendownload ratusan tema yang tersedia di market themes MIUI.

Selain itu pad ROM MIUI pun sobat semua masih dapat melakukan mod tertentu "apabila tersedia", mengapa kami tandai tulisan tersebut? alasannya merupakan sebab memang benar setiap smartphone Xiaomi saat ini memang mendapat update versi MIUI ke paling yang terbaru, tenamun untuk basis Android tak selalu dapat, dapat jadi di suatu device Xiaomi MIUI-nya sudah menggunakan basis Android Nougat, tenamun untuk smartphone Xiaomi jenis lain masih menggunakan Android versi Lollipop untuk versi MIUI-nya.

Kenapa kami sebut demikian? sebab ini berhubungan dengan tutorial yang akan kita bahas di bawah ini, tahukan dengan 3D Touch ala Apple iPhone? ya, meski tak sama sobat semua dapat menikmati fitur ini di versi MIUI minimal dengan basis Android 7.1 keatas, sebab pasalnya fitur ini memang sudah di ada pada versi stock Android dan cukup juga tetap di implementasikan ke versi MIUI yang sobat semua pakai saat ini.

Hanya saja fitur ini harus di aktifkan secara manual, selain itu ada persyaratan yang perlu di penuhi sebelum sobat semua dapat mengaktifkan 3D Touch ala MIUI tersebut dan itu merupakan :

1. Unlock Bootloader
2. ROOT
3. Aplikasi sejenis Root Explorer
4. Update MIUI ke versi yang terbaru
5. Tahu Codename smartphone Xiaomi sobat semua (misal Xiaomi Redmi Note 3 Pro : Kenzo, Mi Note 3 : Jason ....)

Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru


Jika semua syarat sudah sobat semua penuhi sekarang merupakan tahapan bagaimana cara mengaktifkan fitur 3D Touch ala MIUI Xiaomi tersebut, perhatikan dengan seksama apabila ada bagian yang kami terangkan di bawah ini ternyata tak ada di ROM MIUI sobat semua, maka sobat semua tak akan dapat mengaktifkan fitur tersebut, berikut merupakan caranya :

1. Silahkan sobat semua buka dahulu aplikasi sejenis Root Explorer
2. Lalu masuk ke menu direktory system/etc/device_features
3. Selanjutnya cari file dengan nama Codename smartphone Xiaomi sobat semua, contoh kasus kali ini menggunakan smartphone Xiaomi Mi Note 3 dengan Codename Jason maka file bersangkutan yang harus di buka merupakan Jason.xml
4. Buka file tersebut dan cari string ini :

<bool name="support_force_touch">false</bool>

Jika menemukan string seperti ini, maka device Xiaomi sobat semua dapat untuk mengaktifkan fitur Force Touch tersebut, untuk mengaktifkan fitur 3D Touch-nya silahkan mengganti statusnya menjadi True, seperti ini:

<bool name="support_force_touch">true</bool>


5. Save lalu lakukan Reboot.
6. Done!

Jika fitur 3D Touch sudah aktif, cara menggunakannya sangat mudah sekali, sobat semua hanya perlu menekan icon aplikasi yang sobat semua pilih selama 1 detik, maka harusnya akan muncul sedikit shortcut utama dari aplikasi bersangkutan.

Catatan perlu sobat semua ketahui fitur ini tak selalu support dengan semua aplikasi yang ada saat ini, hanya sedikit aplikasi Stock (bawaan) MIUI dan Google saja yang sudah support fitur ini sepenuhnya, untuk aplikasi pihak ke-3 yang telah support seperti WhatsApp dan FB hanya itu yang kami tahu.

Berikut merupakan penampakan dari aktifnya fitur 3D Touch tersebut di smartphone Xiaomi :


Dengan demikian kami ingatkan sekali lagi, bahwa dapat jadi fitur ini tak tersedia untuk smartphone Xiaomi yang sobat semua gunakan saat ini dan yang lebih penting perhatikan letak string tersebut, apabila ada maka harusnya sobat semua dapat mengaktifkan fitur 3D Touch MIUI tersebut, apabila tak ada maka sobat semua harus pasrah, meski sobat semua menambah line stringnya secara manual fitur ini tetap tak dapat aktif di smartphone Xiaomi sobat semua.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments