6 Fakta Soal Edmodo, Aplikasi Kelas Sekolah Online Yang Terkenal Di As

July 01, 2019
6 Fakta Soal Edmodo, Aplikasi Kelas Sekolah Online yang Populer di AS Foto: istimewa6 Fakta Soal Edmodo, Aplikasi Kelas Sekolah Online yang Populer di AS Foto: istimewa

Jakarta - Mungkin belum banyak yang mengenal Edmodo, layanan kelas online asal California, AS. Walaupun belum banyak dipakai di Indonesia, Edmodo merupakan layanan yang cukup terkenal di Amerika Serikat.

Aplikasi online ini sangat terkenal di kalangan guru sebab sanggup memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari. Layanan menyerupai Edmodo sendiri dikenal dengan nama Learning Management System (LMS).




Tapi, apa tolong-menolong Edmodo? Mengapa aplikasi ini sungguh populer? Berikut ialah 6 fakta menarik ihwal Edmodo menyerupai dilansir detikINET dari aneka macam sumber.

1. Apa Itu Edmodo?

Edmodo ialah layanan online yang memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Dengan memakai aplikasi atau situs Edmodo, guru sanggup membagikan konten, teks, video, pekerjaan rumah dan kiprah kepada muridnya secara online.

Aplikasi ini biasa dipakai baik dikala guru berada di dalam maupun luar kelas. Aplikasi ini dirancang dengan fokus kepada guru, sebab siswa dan orang bau tanah hanya sanggup login dengan Edmodo bila menerima usul dari guru.

2. Tersedia di Seluruh Dunia

Edmodo didirikan oleh Nic Borg, Jeff O'Hara dan Crystal Hutter pada tahun 2008. Perusahaan ini bermarkas di San Mateo, California, AS.

Saat ini Edmodo telah mempunyai 100 juta pengguna. Seluruh pengguna ini tersebar di 400.000 sekolah di 190 negara. Sekitar setengah dari total pengguna ini berada di Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya dengan jumlah pengguna yang cukup signifikan antara lain Singapura, Indonesia, Uruguay dan Italia.

3. Cara Bergabung dengan Edmodo

Sebelum sanggup menciptakan kelas online di Edmodo, guru sebelumnya harus menciptakan akun terlebih dahulu yang terhubung dengan akun online mereka menyerupai Outlook, Google atau Facebook. Layanan Edmodo sendiri sanggup diakses oleh guru dan siswa dengan log in di desktop lewat situs mereka, atau lewat app yang tersedia untuk iOS dan Android.


Setelah bergabung, guru sanggup menciptakan grup dan mengundang siswa dan orang bau tanah untuk bergabung. Dalam grup ini, guru sanggup membagikan bahan pelajaran, foto dan artikel yang sanggup dilihat oleh seluruh siswa dalam format menyerupai news feed.

Untuk orang bau tanah dan siswa yang ingin mendaftar, Edmodo mempunyai sebuah laba tersendiri sebab mereka tidak perlu memasukkan informasi eksklusif mereka untuk menciptakan akun. Mereka hanya perlu memasukkan nama, nama keluarga, password dan arahan kelas yang diberikan oleh guru.



4. Keuntungan Menggunakan Edmodo

Menggunakan LMS menyerupai Edmodo sanggup membawa sejumlah laba untuk proses berguru mengajar di kelas maupun di luar kelas. Seperti menciptakan siswa merasa lebih termotivasi, mendukung kerja sama antar siswa, dan memungkinkan guru memperlihatkan feedback individual.

Yang lebih penting, mengubah sistem berguru menjadi online tentu menciptakan lingkungan kelas menjadi lebih ramah lingkungan sebab memakai lebih sedikit kertas.

5. Pernah Memenangkan Penghargaan

Pada tahun 2013, Edmodo masuk dalam daftar "Top Apps for Teachers" yang dirilis oleh PC Magazine. Selain itu, pada tahun 2014 Edtech Digest memberi penghargaan "Cool Tool Award for Best Assesment Solution" kepada tools Snapshot yang dikembangkan oleh Edmodo.

6. Pernah Menjadi Korban Hack

Pada bulan Mei 2017, Edmodo mengirimkan email untuk memberitahu penggunanya bahwa mereka gres saja menjadi korban peretasan. Data milik 77 juta pengguna bocor, termasuk username, password dan alamat email.

Karena semua password di-hash dan dienkripsi memakai algoritma bcrypt, upaya untuk mendekripsi semua password akan membutuhkan kerja yang sangat besar. Berdasarkan audit eksternal yang dilakukan oleh Edmodo, tidak ada laporan ihwal data sekolah atau identitas yang terkena dampak.




Simak Video "Isu Pemblokiran Iklan Rokok Berdampak ke Petani Tembakau "
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments