Game Bergenre Horor Ini Benar-Benar Seram, Ada Malwarenya!

July 01, 2019
Foto: dok. detikINETFoto: dok. detikINET

Jakarta - Game bergenre horor terbilang populer karena menjual ketakutan pada penggemarnya. Tetapi keseraman game ini tak cuma ada di dalam gamenya, alasannya ialah mengandung malware.

Malware ini pertama ditemukan oleh peneliti keamanan di Wandera, yang tersimpan dalam sebuah game berjudul Scary Granny yang dapat diunduh lewat Google Play Store, demikian dikutip detikINET dari Forbes, Senin (1/7/2019). Parahnya lagi, nama game itu pun mirip-mirip dengan game terkenal lain, yakni Granny.

Nah, biasanya malware di Android menyusup lewat aplikasi yang diunduh dari luar Play Store. Tetapi malware ini sukses mengakali sistem keamanan Google dan sukses menyusup lewat Play Store.




Modusnya menyerupai kebanyakan malware lain, yaitu tak eksklusif beraksi sesudah gamenya diunduh dari Play Store. Scary Granny menunggu beberapa hari sebelum beraksi, yang menciptakan aplikasi tersebut dapat menggaet banyak pengunduh.

Pasalnya, Scary Granny terlihat menyerupai game horor pada umumnya, yaitu sebuah game zombie survival. Biasanya, game yang disusupi malware akan terlihat dibentuk secara asal-asalan, atau bahkan tak dapat dimainkan sama sekali.

Saat sudah beraksi, Scary Granny akan menampilkan iklan pop up yang juga menyaru menyerupai sejumlah aplikasi terkenal semacam Facebook dan Instagram. Lalu ada juga opsi yang menipu pengguna untuk membayar lebih dari USD 20 biar dapat mendapat game versi penuhnya.

Namun agresi yang terparah ketika game ini sudah melancarkan serangan phishing. Caranya ialah dengan menampilkan jendela pop up untuk menipu pengguna biar memasukkan data-data penting untuk menjebol akun Google.

Jika serangan ini sukses, malware akan menyedot banyak sekali data sensitif, menyerupai alamat email recovery, nomor telepon, tanggal lahir, instruksi otentifikasi, dan token keamanan.

Wandera memperkirakan ada lebih dari 50 ribu pengguna Android yang sudah menginstal Scary Granny sebelum Google menghapusnya dari Play Store. Tetapi belum terungkap berapa banyak korbannya yang tertipu dan menyerahkan bermacam info penting akun Googlenya.




Simak Video "Fans yang Belum Move On, ''Game of Thrones'' Bisa Dimainkan di VR"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments