Kapal Hampir Tenggelam : Cerita Ketika Mudik

March 03, 2019
Pada postingan kali ini admin akan menulis tentang sebuah cerita kejadian yang pernah admin alami di tahun 2019. Waktu itu admin berada di Manado dan lagi dalam perjalanan mudik menuju ke kampung halaman melalui jalur laut dan menumpangi sebuah kapal tujuan admin tepatnya Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Sore itu waktu telah menunjukkan pukul 5 sore, kapal yang admin naiki di pelabuhan Manado saat itu mulai membunyikan suara panjang sebagai tanda akan berangkat dan meninggalkan pelabuhan. Anak Buah Kapal (ABK) mulai menjalankan tugas mereka masing-masing. Melepas tali ikatan yang melekat di pelabuhan dan ada yang memandu Kapten dengan Handy Talky (HT). Ada juga sebagian ABK yang bertugas merapikan tali-tali yang dilepas.

Suara mesin kapal semakin terdengar membesar yang menandakan kecepatan kapal makin meningkat, hanya dalam hitungan menit, kapal telah meninggalkan pelabuhan. Gelombang laut sore itu cukup bersobat. Duduk di lorong-lorong dek kapal sambil melihat kota Manado yang indah, pohon-pohon kelapa berjejer yang terlihat jauh di bukit dan gunung-gunung, itulah mengapa kota ini dijuluki kota nyiur melambai.

Beberapa jam perjalanan, hari makin gelap. Jarum jam menunjukkan pukul 18.35 WITA. Perut mulai terasa lapar, menandakan telah waktunya makan malam, selain lapar, rasa ngantuk ini juga mulai menggoyang kepalaku.

" Ah, makan dahulu supaya kenyang kemudian tidur". Ucap admin dalam hati.

Saya bergerak mengambil bungkusan nasi yang dibeli pada ibu-ibu yang berjualan di kapal ketika masih di pelabuhan. Saya pun mulai menikmati nasi campur yang dengan sayur daun ubi yang nikmat. Sebagian orang mengatakan sayur ini juga termasuk obat malaria dan bagi admin ini hanyalah obat penghilang lapar hahaha.

Tegukan air mineral mengakhiri akhir dari aktivitas makan admin. Terasa ada yang kurang ketika sehabis makan dan tak merokok. sebatang rokok menjadi mengantar sebelum mulai berbaring untuk menyenangkan tubuh dan rasa sakit kepala yang bertahan.

Catatan :

Ketika itu admin masih merokok, jadi begitulah yang admin lakukan sehabis makan. Tapi saat ini admin sudah tak lagi menjadi seorang perokok apalagi pemadat rokok.

Baca : 6 Cara Simple Berhenti Merokok Berdasarkan Pengalaman (Efektif)

Saya mulai membaringkan badan dan tertidur lelap di ranjang ukuran satu badan dek 2 kapal. Dalam nyenyaknya tidur terasa seakan lagi mimpi mendengar suara tangisan ibu-ibu yang pecah. Sontak admin terbangun sambil ketakutan serta penuh rasa penasaran apakah mimpi ini. Ternyata itu bukanlah sebuah mimpi, memang benar seisi kapal ribut dengan suara tangisan hampir semua perempuan.

Menangkan pikiran yang baru tersadar dan mulai memperhatikan, ya Allah ternyata kapal kita malam itu hampir tenggelam. Ombak yang begitu besar terlihat sampai kemudian sebagian pecah menghantam kapal, sebagian ombak pecah itu masuk ke bagian lantai dan lambung kapal.

Semua penumpang memakai pelampung penyelamatan berwarna orange, admin juga meminta pelampung kepada seorang ibu yang terdapat 2 baju orange itu. Mungkin sebab saking ketakutan sesampai kemudian dia mengambil dua 2 pelampung sekaligus. Ibu itu mengulurkan tangannya dan memberikan 1 baju pelampung kepada admin.

Semua penumpang ketakutan dan berdoa. Beberapa orang lelaki ketakutan sambil memeluk ban dalam besar yang penuh angin. Selain itu, para ABK yang juga sibuk menjaga kapal mereka dari benturan ombak di tengah laut saat itu. Bahkan sebagian ABK mulai berdebat dengan kapten agar segera kembali ke Manado, jangan lagi melanjutkan perjalanan. Namun, saat itu kapten masih bersikukuh dan tetap melanjutkan perjalanan menerjang ombak yang sangar malam itu.

Sebatang rokok admin nyalakan untuk menemani berpikir, akhirnya dengan tangan kanan yang masih memegang pelampung, admin naik ke dek kapal paling atas dan duduk bagian belakang berdampingan dengan cerobong asap. Harapan admin memilih tempat itu agar apabila kapal kita malam itu tenggelam maka admin terdapat peluang bebas untuk melompat kelaut tanpa benturan apapun.

Sambil menarik dan menghembuskan asapa rokok admin pikiran admin mulai menjadi jangan khawatir. Sebab kadang di situasi seperti itu kita harus mampu menenangkan pikiran untuk berpikir lebih jernih. Bahkan, bagi admin sendiri terkadang admin senang memikirkan sesuatu yang konyol dan lucu demi memberi sugesti pada diri admin agar jangan khawatir.

" Sangat merugi admin apabila mati malam ini sebab admin akan mati dalam keadaan bujang ".Itulah pikiran konyol admin malam itu hahaha.

Suasa kapal malam itu masih tetap ramai dan ribut, suara tangisan dan perdebatan para kru kapal bersama kapten mereka. Perdebatan ABK dan kapten dengan topik balik atau melanjutkan perjalanan.

Sementara itu air laut masih tetap masuk ke dalam kapal dan ombak yang mengantam kapal malam itu semakin liar. kapal kami sepeti perahu kertas di atas air deras, terguncang dan terombang-ambing dengan dasyat.

Akhirnya setelah kurang lebih 1 jam bimbang antara hidup dan mati, kapten kapal akhirnya memutar balik arah kapal dan kembali ke pelabuhan Manado. Semua penumpang jangan khawatir dan mulai senang. Laut mulai jangan khawatir dalam perjalanan kembali. Saya kembali ke ranjang semula dan tidur. Kapal tiba di pelabuhan Manando pada pagi hari.

Disampaikan kepada semua penumpang bahwa kapal akan kembali berangkat pada siang hari, cukup dengan waktu tersebut akan terhindar dari ganansnya ombak semalam. Saya lebih memilih untuk membatalkan keberangkatan dan mengemablikan tikep kapal yang telah admin beli. Rasa untuk mudik ke kampung halaman jadi hilang total. Tiket admin mengalami pemotongan harga dan hanya dikembalikan sekian persen uang admin.

"Tak apalah, admin bersyukur masih hidup" kata admin kepada petugas pengembalian tiket.

Saya belum kembali ke rumah, kebetulan masih sangat pagi. Jadi admin lebih memilih ngopi dahulu di tempat kopi dekat pelabuhan. Sebuah tempat ngopi yang sangat terkenal di Sulawesi Utara yaitu JAROD (Jalan Roda). Sehabis ngopi admin berjalanan ke jalan samping jalan dan mulai memesan ojek online untuk pulang ke rumah.

Lihat juga : Dapat Ilmu Bisnis Berharga Dari Orang Sukses

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments